Travel

4 Stasiun Kereta Api Ini Ganti Nama Jangan Salah Pesan Tiket

Liburan natal dan tahun baru akan segera tiba, momen ini tentu digunakan para traveler untuk berlibur maupun pulang ke kampung halaman. Hal itu tentu berimbas ke volume penumpang transportasi umum, tak terkecuali dengan Kereta Api. Tahun ini, KAI menetapkan masa Angkutan Nataru 2019/2020 selama 18 hari mulai 19 Desember 2019 sampai dengan 5 Januari 2020.

Direktur Utama PT KAI, Edi Sukmoro mengingatkan kepada seluruh calon penumpang KA pada masa Nataru 2019/2020 untuk memastikan kembali jadwal perjalanan KA yang akan dipesan. Sebab per 1 Desember 2019, KAI memberlakukan Grafik Perjalanan KA (Gapeka) 2019. Kebijakan tersebut ditetapkan melalui Keputusan Menteri Perhubungan nomor KP 1781 Tahun 2019 tentang Penetapan Grafik Perjalanan KA Tahun 2019 PT KAI.

“Penetapan Gapeka 2019 ini untuk menggantikan Gapeka 2017 yang sebelumnya digunakan oleh KAI," ujar Edi. Gapeka adalah pedoman pengaturan pelaksanaan perjalanan kereta api yang digambarkan secara grafis untuk pengendalian perjalanan kereta api. Edi menegaskan, Gapeka 2019 dibuat untuk memenuhi aspirasi dan kebutuhan pelanggan akan layanan kereta api yang dapat diandalkan.

Penggunaan Gapeka 2019 ini juga akan berdampak pada perubahan nama beberapa stasiun, berikut ini daftarnya: Stasiun Banyuwangi Baru berubah nama menjadi Stasiun Ketapang (KTG) Stasiun Karangasem berubah nama menjadi Stasiun Banyuwangi Kota (BWI)

Stasiun Barat berubah nama menjadi Stasiun Magetan (MAG) Stasiun Paron berubah nama menjadi Stasiun Ngawi (NGW) Selain itu, ada beberapa perubahan lainnya seperti jadwal keberangkatan dan kedatangan, perubahan waktu tempuh, dan perubahan relasi KA, berikut ini rinciannya:

KA Argo Bromo Anggrek dari Gambir ke Surabaya Pasarturi, yang semula berangkat pada pukul 09.30 WIB, mulai 1 Desember 2019 akan berangkat pada 08.15 WIB atau lebih awal 75 menit, dan lainnya. Seperti KA Pasundan relasi Bandung Kiaracondong ke Surabaya Gubeng mulai 1 Desember 2019 akan mengalami pengurangan waktu tempuh sebesar 82 menit dari sebelumnya 16 jam 7 menit menjadi 14 jam 45 menit, dan lainnya Seperti KA Argo Wilis dan Turangga sebelumnya Surabaya Gubeng Bandung PP kini menjadi Surabaya Gubeng Bandung Gambir PP, dan lainnya.

Bagi traveler yang ingin bepergian menggunakan kereta api, diharapkan dapat memperhatikan perubahan tersebut dan memastikan bahwa tiket yang dipesan sudah tepat.

Berita Terkait

Liburan Akhir Pekan di Jakarta, Cicipi 5 Kuliner Pedas Ini

Artira Dian

Mulai dari Madura hingga Kolaka Tradisi Lebaran Ketupat di 11 Daerah di Indonesia

Artira Dian

13 Gedung Pencakar Langit Paling Viral, Termasuk One World Trade Center Pengganti WTC Korban Teroris

Artira Dian

Bandara Internasional Hong Kong Bakal Hadirkan Robot Pembersih & Bilik Desinfeksi

Artira Dian

Tak Cuma Pempek, 6 Kuliner Khas Palembang Ini Harus Kamu Cicipi Saat Mudik Lebaran

Artira Dian

Pria Pukul Seorang Wanita Karena Silangkan Kaki di Kereta Viral di Medsos

Artira Dian

Potret Serunya Menteri Susi Olahraga Paddle, di Kepulauan Seribu Hingga Natuna

Artira Dian

7 Negara Bersalju Bebas Visa untuk Pemegang Paspor Indonesia

Artira Dian

Al Quran Raksasa Al Akbar, Tempat Ngabuburit Unik di Palembang

Artira Dian

Wisatawan wajib Patuhi Protokol Kesehatan Taman Safari Prigen Buka Kembali

Artira Dian

Penutupan Taman Impian Jaya Ancol Dipastikan Diperpanjang

Artira Dian

Seberapa Luas Indonesia? Simak 10 Fakta Luas Wilayah Indonesia yang Wajib Kamu Ketahui

Artira Dian

Leave a Comment