Internasional

6 December 1917 – Finlandia Menyatakan Merdeka dari Rusia Hari Ini dalam Sejarah

<div ><div id='Informasi'><ul ><li style='border bottom : 1px solid #a2a9b1;'><h2> </h2></li></ul> </div></div> – Finlandia menyatakan merdeka dari Rusia pada 6 Desember 1917. Sebelum menyatakan merdeka, Finlandia adalah sebuah wilayah otonom dari Kekaisaran Rusia, bernama Kepangeranan Besar Finlandia (1809 1917).

Pernyataan kemerdekaan Finlandia dipicu oleh Revolusi Rusia yang berlangsung mulai Februari 1917. Pemerintah Soviet Rusia akhirnya mengakui kemerdekaan Finlandia pada 18 Desember 1917, mengakhiri status daerah otonom yang sudah belangsung lebih dari seabad.[ ] <div ><div id='SejarahFinlandiasampaiabadawalabadke 19'><ul ><li style='border bottom : 1px solid #a2a9b1;'><h2> </h2></li></ul> </div></div>

Finlandia sudah dihuni manusia sejak Zaman Es, sekitar 8800 SM. Pada awalnya mereka bermukim di sepanjang jalur air, dan wilayah tersebut kemudian menjadi jalur perdagangan. Sampai pertengahan abad ke 12, wilayah Finlandia vakum secara politik.

Finlandia kemudian diperebutkan oleh Swedia dan Rusia. Gereja Katolik menyebar ke Finlandia melalui Swedia, sementara Gereja Ortodoks juga menyebar ke Finlandia timur melalui Novgorod (sekarang Rusia). Pertarungan merebut Finlandia antara Swedia dan Rusia berakhirnya setelah Traktat Noteborg keluar pada 1323.

Dengan traktat ini, Katolik berkuasa di Finlandia barat, sementara Ortodoks ada di Finlandia timur. Mayoritas Finlandia menjadi bagian Swedia selama hampir lima abad dan menjadi daerah penyangga untuk melawan Rusia. Perbatasan antara Finlandia yang dikuasai Swedia dan Rusia sering bergeser dalam berbagai perang.

Orang orang Finlandia juga menganggap diri mereka sebagai orang Eropa Barat karena pada waktu itu Swedia sangat terhubung erat dengan kebudayaan Eropa Barat. Mereka juga ikut dalam Perang Tiga Puluh Tahun dengan pasukan Swedia di Eropa Tengah.[ ] <div ><div id='KepangerananBesarFinlandia'><ul ><li style='border bottom : 1px solid #a2a9b1;'><h2> </h2></li></ul> </div></div>

Ketika Swedia kehilangan mulai kekuatannya pada awal abad ke 18. Tekanan Rusia pada Finlandia meningkat, dan akhirnya Rusia menaklukkan Finlandia pada 1809 setelah berperang dengan Swedia. Selama periode Swedia, Finlandia adalah sekelompok provinsi provinsi, bukan entitas negara.

Namun, ketika dikuasai Rusia, Finlandia menjadi daerah otonom yang bernama Kepangeranan Besar atau Grand Duchy. Adipati Besar nya adalah Kaisar Rusia, sementara wakilnya di Finlandia adalah Gubernur Jenderal. Badan kepemerintahan tertinggi di Finlandia adalah Senat, anggotanya adalah orang orang Finlandia.

Helsinki kemudian dijadikan ibu kota Finlandia dan pada 1863, kaisar Alexander II menetapkan bahasa Finlandia menjadi bahasa resmi. Parlemen Finlandia juga mulai bersidang rutin pada 1863. Undang undang wajib militer pada 1878 mengizinkan Finlandia mempunyai tentara sendiri.[ ]

Russia mulai menekan dan mengurangi kebebasan Finlandia pada akhir abad ke 19. Melalui manifesto yang dikeluarkan Kaisar Nicholas II, Rusia bisa memaksakan sebuah undang undang agar berlaku di Finlandia, tanpa harus disetujui parlemen Finlandia. Pada 1901, Rusia ditetapkan sebagai bahasa resmi ketiga di Finlandia dan setahun setelahnya orang orang Finlandia harus wajib militer di Rusia.[ ]

Tentara otonom Finlandia juga turut dihapuskan. Revolusi Rusia pada 1905 memberi Finlandia lebih banyak kebebasan dan setahun kemudian dewan legislatif baru dibentuk. Pada waktu itu, pembentukan dewan legislatif ini merupakan reformasi parlemen paling radikal di Eropa karena parlemen Finlandia berganti dari empat kamar menjadi unikameral.

Sementara itu, Finlandia juga sudah mengadopsi hak pilih universal. Para perempuan Finlandia memiliki hak pilih dalam pemilihan anggota parlemen, pertama di Eropa.[ ] <div ><div id='Menyatakankemerdekaan'><ul ><li style='border bottom : 1px solid #a2a9b1;'><h2> </h2></li></ul> </div></div>

Setelah Revolusi Februari 1917, posisi Finlandia sebagai bagian dari Rusia dipertanyakan. Pada awalnya penguasa Finlandia adalah kaisar Rusia, namun setelah kekaisaran Rusia jatuh dan menjadi Pemerintah Provisional Rusia, kekuasaan Finlandia vakum. Parlemen kemudian mengeluarkan Undang Undang Kekuasaan yang memberi otoritas tertinggi pada parlemen sendiri.

Namun, Pemerintah Provisional Rusia menolaknya dan justru membubarkan parlemen. Pemilihan kemudian dilakukan dan partai sayap kanan memenangkannya. Sementara sayap kiri (sosial demokrat) menolak hasilnya dan menyatakan bahwa pembubaran parlemen adalah ilegal.

Revolusi Oktober di Rusia mengubah situasi geopolitik. Sayap kanan mulai mempertanyakan kembali pilihan mereka sebelumnya, yakni penolakan penyerahan kekuasaan eksekutif. Mereka melakukannya karena Bolsheviks memegang kuasa di Rusia.

Pemerintahan sayap kanan akhirnya memutuskan mendeklarasikan kemerdekaan pada 6 Desember pada 1917. Soviet Rusia kemudian mengakui kemerdekaan Finlandia pada 18 Desember 1917. Pada akhirnya Finlandia memilih bentuk pemerintahan Republik dan Kaarlo Juho Ståhlberg terpilih menjadi presiden pertama Finlandia pada 1919.[ ]

Berita Terkait

POPULER INTERNASIONAL Kandidat Vaksin Corona Ampuh China | Kakak Selamatkan Adik dari Gigitan Anjing

Artira Dian

Ngaku Lembur Ternyata Nonton dengan Wanita Lain Suami Ketahuan Selingkuh Viral Istri Idap Kanker

Artira Dian

dan Tiga Berita Genting Pekan Ini Militer Armenia Siaga Tinggi Mesir Terima Jet Su-35 dari Rusia

Artira Dian

Pacari 200 Pria & Punya Anak Padahal Sudah Menikah Curhatan 3 Wanita ‘Belum Pernah Jatuh Cinta’

Artira Dian

Toko Ini Diboikot Pelanggannya Gara-gara Tak Perbolehkan Masuk Si Kucing Penunggu menuju Dalam Ruangan

Artira Dian

Ini Fakta Mengapa 2 Mie Instan Indonesia Tembus 10 Terlezat Kuliner Amerika Samyang Aja Kalah

Artira Dian

Presiden Amerika Serikat Sembunyi di Bunker Gedung Putih Washington Mencekam

Artira Dian

Begini Tanggapan WHO Soal Vaksin Virus Corona Milik Rusia

Artira Dian

85 Miliar Yen Penjualan di Pasar Ikan Iwate Jepang Mencapai 4 Selama 9 Bulan

Artira Dian

Wanita Ini Kaget Pengantin Prianya Ternyata Suami Sendiri Hadiri Pesta Pernikahan

Artira Dian

Pria Ini Mendadak Kaya Setelah Menemukan Batu Langka Bernilai Rp 42 Miliar

Artira Dian

Pemimpin ISIS Al Baghdadi Disebut Tewas Bersama Pengawal Pribadinya Saat Hendak Bertemu Keluarga

Artira Dian

Leave a Comment