Seleb

8 Fakta Film Midsommar Besutan Ari Aster, Gagal Tayang di Indonesia hingga Penuh Simbol Tersembunyi

Film horor Midsommar menjadi salah satu film yang cukup kontroversial di tahun 2019. Setelah tahun lalu sutradara Ari Aster sukses dengan filmnya berjudul Hereditary, film Midsommar menjadi salah satu film yang dinantikan para pecinta film foror. Film ini sudah tayang di beberapa negara sejak 3 Juli 2019 lalu.

Sedangkan di Indonesia awalnya, Midsommar dijadwalkan tayang pada Rabu (21/8/2019). Dani (Florence Pugh) dan Christian (Jack Reynor) adalah pasangan muda Amerika yang memiliki hubungan di ambang kehancuran. Tetapi setelah sebuah tragedi keluarga menyatukan mereka, Dani yang sedang berduka bergabung dengan Christian dan teman temannya.

Mereka merencanakan perjalanan ke sebuah festival pertengahan musim panas sekali seumur hidup di sebuah desa terpencil di Swedia. Rencana mereka untuk liburan musim panas tanpa beban malah menjadi menyeramkan ketika penduduk desa yang terisolasi ikut mengambil bagian dalam perayaan. Akankah Dani dan kawan kawan berhasil kabur dari masyarakat pagan dari tempat itu?

Para pecinta film horor di Indonesia terpaksa harus gigit jari. Film besutan Ari Aster ini gagal tayang di bioskop Tanah Air. "Mohon maaf, karena satu dan lain hal, penayangan Midsommar tgl 21 Agustus terpaksa kami batalkan & diundur ke waktu yang belum bisa kami tentukan."

"Kami masih tetap berupaya agar film ini bisa tayang di Indonesia dan akan meng update kalian di sini jika ada perkembangan lebih lanjut. Terima kasih," tulis akun Feat pictures. Banyak yang berspekulasi gagalnya film ini tayang lantaran Midsommar dinilai terlalu kejam dan vulgar. Hingga berita ini diturunkan, pihak Lembaga Sensor Film (LSF) masih belum memberikan tanggapannya.

Awalnya Midsommar dijadwalkan akan tayang pada 21 Agustus 2019. Bagi Aster, Midsommar seperti 'teman' dari Hereditary. Namun dirinya membantah film ini bukanlah sekuel dari Hereditary.

"Tetapi dalam membuatnya, saya menyadari ini… hampir seperti 'teman' tak disengaja," "karena kedua film berurusan dengan kesedihan, semacam kesedihan yang ekstrem," kata Aster. Aster mengungkap jika kedua film ini sangat mirip secara tematis.

Hal ini dikarenakan keduanya mengangkat tentang keluarga dan menampilkan kelompok kelompok seperti kultus, meskipun plotnya sama sekali berbeda. Aster membeberkan bahwa Midsommar sebagian terinspirasi oleh pengalaman sutradara dengan putus cinta. "Aku memang ingin membuat film putus putus opera yang besar,"

"(Satu) yang terasa sebesar dan sama pentingnya dengan perpisahan terasa," papar Aster. Sang sutradara mengungkapkan bahwa film ini juga merupakan hasil dari keinginannya untuk bekerja dengan gaya horor yang berbeda. "Ini semacam sumbangan untuk genre folk horor,"

"Ini adalah persilangan antara saya menavigasi hal hal pribadi, dan juga saya terinspirasi oleh kerangka yang sudah ada sebelumnya yang termasuk dalam genre," lanjut Aster. Midsommar penuh dengan cermin, benda yang kaya akan simbolisme. Dari adegan pembukaan, ketika orang tua Dani yang akan segera mati pertama kali dilirik di cermin kamar tidur mereka.

Lalu ketika percakapan penting antara Dani dan Christian yang terakhir dibingkai dalam cermin di dinding Dani di sebelah pintu. Kemudian saat ke tabel reflektif selama pesta setelah Dani dinobatkan menjadi Ratu Mei. Intinya, Midsommar penuh dengan refleksi.

Namun banyaknya cermin dalam Midsommar bukan satu satunya sumber simbolisme refleksi. Ada banyak adegan di mana unsur unsur tertentu, seperti ketika seluruh gambar terbalik ketika karakter bergerak menuju desa. Lalu ketika rune dan mesin terbang simetris yang tak terhitung jumlahnya di sekitar desa, serta cara ritual dan pesta desa diatur.

Berbeda dengan film horor pada umumnya, sebagian besar momen mengerikan terjadi di siang hari bolong. Jack Reynor, yang berperan sebagai Christian, mengatakan bahwa para pemeran harus mengambil tindakan pencegahan khusus. Terlebih untuk memastikan kesehatan mental mereka tidak menderita akibat setting lokasi film tersebut.

"Film ini sangat berat dan temanya sulit," kata Reynor "Jika kamu tidak menjaga dirimu sendiri, hal yang menyebalkan akan terjadi," lanjut aktor itu. "Sebagai pemain, kami semua sadar akan hal itu dan mencoba yang terbaik untuk berlatih kesehatan mental yang sangat baik. " Menurut Reynor, beberapa contoh tindakannya termasuk menghindari minum, sering berlatih di gym, membaca buku, dan banyak tidur.

Midsommar memanfaatkan suara diegetik dengan sangat baik. Suara diegetik adalah teknik film yang melibatkan musik dan atau suara yang berasal dari sumber yang ada di dalam film itu sendiri. Misalnya seperti trek suara atau skor yang diputar di atas film tetapi tidak ada di dalamnya.

Tehnik ini sangat terasa terutama selama ritual penduduk desa, ketika intensitas musik mencerminkan pengalaman karakter. Film ini sangat berhati hati mengenai kapan harus menggunakan subtitle, dan kapan harus menghilangkannya. Misanya untuk menerjemahkan kata kata penduduk desa, subtitle ditiadakan.

Hal ini jadi sangat menarik untuk mengetahui apa yang mereka katakan di saat saat film tersebut tidak diterjemahkan untuk kita.

Berita Terkait

Grup Vokal GAC Enggak Sangka Bisa Dapat Penghargaan AMI 2019

Artira Dian

Mudah-mudahan Keputusan Ini adalah yang Terbaik Laudya Cynthia Bella Umukan Perceraian Raffi Ahmad

Artira Dian

Tak hendak Izin Keluar Penjara Seperti Rey Utami & Pablo Galih Ginanjar Gak Rindu Barbie Kumalasari

Artira Dian

Rafathar Melongo Lihat Warga Demo Sambil Berteriak Jalan-jalan di Swiss Bareng Nagita Slavina

Artira Dian

Franky Sihombing Setia Temani Kemoterapi hingga Ikut Botaki Rambut Feby Febiola Idap Kanker Ovarium

Artira Dian

Reino Barack Curhat soal Putus dengan Luna Maya Hotman Paris Artis Itu Bilang Hadiah Terakhir

Artira Dian

Pedangdut Via Vallen Ungkap Kesannya Terlibat Proyek Duet Bareng Rhoma Irama

Artira Dian

Nickelodeon Umumkan SpongeBob sebagai Bagian Komunitas LGBTQ+ bersama Korra & Schwoz Schwartz

Artira Dian

Namaku Bento Chord Lagu Bento – Iwan Fals Rumah Real Estate Kunci Gitar Mudah Dimainkan dari E

Artira Dian

Thalia Nangis & Ngambek pada Sinyo Kaget Lihat Betrand Peto Lakukan Hal Ini menuju Sarwendah

Artira Dian

Postingan Lawas di IG dengan Keluarga Disoroti Setelah Video Lelang Keperawanan Sarah Keihl Viral

Artira Dian

Dory Harsa Sampai Buat Nella Kharisma Salah Tingkah Saat Lakukan Ini Tunjukkan Keseriusannya

Artira Dian

Leave a Comment