Nasional

Bermaaf-maafan saat Hari Raya Idul Fitri tak wajib Secara Fisik Warga Diminta Tidak Terima Tamu

Menteri Agama Fachrul Razi meminta masyarakat merayakan Hari Raya Idul Fitri dengan keluarga inti saja. Dia meminta masyarakat tidak melakukan perjalanan atau menerima tamu saat lebaran. "Berlebaran di rumah saja dengan keluarga inti. Tidak usah kemana mana, tidak usah menerima tamu," ujar Fachrul Razi melalui webinar, Kamis (21/5/2020). Menurut Fachrul, menerima tamu di tengah pandemi corona dapat membahayakan karena banyak orang yang mengidap Covid 19 tapi tidak menunjukkan gejala klinis.

"Karena kembali, kita tidak tahu jelas tamu yang datang mungkin membawa virus, karena memang sekarang banyak orang tanpa gejala," ucap Fachrul. Fachrul mengatakan, saat ini banyak platform digital yang dapat membantu masyarakat dalam berkomunikasi. Platform tersebut dapat dimanfaatkan masyarakat untuk menyambung tali silaturahmi di tengah pandemi corona.

Menurutnya, silaturahmi dan bermaaf maafan saat Hari Raya Idul Fitri tidak harus dilakukan secara fisik. "Memang bermaaf maafan atau silaturahmi kan tidak harus lewat fisik. Silaturahmi terjadi bukan karena kedekatan fisik tapi karena kedekatan batin, kedekatan hati," kata Fachrul. Seperti diketahui, pemerintah mengeluarkan larangan mudik pada Hari Raya Idul Fitri. Larangan ini dilakukan untuk memutus mata rantai penyebaran virus corona.

Fachrul juga mengajak masyarakat menyambut Hari Raya Idul Fitri tetap dengan penuh kebahagiaan meski masih berada di tengah pandemi corona. "Covid 19 tidak boleh mengurangi kegembiraan kita dalam menyambut hari kemenangan. Setiap menyongsong Idul Fitri pasti kita penuh kegembiraan, karena kita menyongsong hari kemenangan," ujarnya. Fachrul mengatakan, biasanya pada Hari Raya Idul Fitri banyak kegiatan yang dilakukan untuk dirayakan.

Menurut Fachrul, kegiatan tersebut memberikan kebahagiaan mendalam bagi umat Islam. Kegiatan seperti mudik, takbir keliling, salat Id hingga bersilaturahmi antar sanak famili biasanya mengisi perayaan Idul Fitri di tanah air. "Itu sebuah kegembiraan yang sangat luar biasa," tutur Fachrul.

Pada masa pandemi corona ini, Fachrul meminta masyarakat beradaptasi dengan melakukan kegiatan kegiatan tersebut dari rumah saja. Langkah ini menurutnya wajib diikuti masyarakat untuk menghindari penyebaran virus corona. "Sehingga ibadah tetap kita lakukan sebagaimana mestinya, namun pada sisi lain penyebaran wabah Covid 19 dapat kita tekan," ujarnya

Berita Terkait

KPK Duga Uang Korupsi Proyek Subkontraktor Fiktif Waskita Karya Mengalir menuju Banyak Pihak

Artira Dian

Pemerintah Diminta Hentikan Narasi-narasi yang Bisa Ciptakan Kecemasan Baru soal Covid-19

Artira Dian

‘Kami Ada Karena Kebutuhan’ Demo Ojol Di Depan Gedung DPR RI

Artira Dian

Respons Kakorlantas Sikapi Wacana Penerapan Ganjil Genap Di Pelabuhan Merak

Artira Dian

Kami Punya Hubungan Keluarga Dekat Saya Orangtua Dia Nus Kei Buka Suara Soal Kasus dengan John Kei

Artira Dian

KPK Periksa Istri Wali Kota Medan Tengku Dzulmi Eldin

Artira Dian

Budaya Jawa Tengah SOAL & JAWABAN TVRI Rabu 15 Juli 2020 Belajar dari Rumah SD Kelas 4-6

Artira Dian

Cak Imin Tidak Pernah Minta Maaf Kepada Keluarga Gus Dur

Artira Dian

Jaga Jarak Fisik Pemerintah Minta Masyarakat Tiru Vietnam Dalam Memutus Sebaran Virus Corona

Artira Dian

Peringatan Dini BMKG: Wilayah Berpotensi Alami Cuaca Ekstrem Hari Ini Hingga Lusa 8 10 Maret 2019

Artira Dian

Yang Dilakukannya Jahat! Ade Armando Akui Secara Sadar Sebarkan Meme Wajah Joker Anies Baswedan

Artira Dian

PDI Perjuangan Siap Fasilitasi dan Dorong Kader Yang Belum Lapor LHKPN ke KPK

Artira Dian

Leave a Comment