Nasional

Charta Politika Buka Bukaan Hasil Quick Count Pilpres Dan Pileg 2019

Lembaga survei Charta Politika menyampaikan laporan perihal hasil quick count Pemilihan Presiden (Pilpres) dan Pemilihan Legislatif (Pileg) 2019. Diperkirakan Jokowi Maruf bakal memenangkan Pilpres 2019. Sementara untuk Pileg 2019, PDI P diperkirakan menjadi pemenang Pileg dengan perolehan 19,94 persen.

Diikuti Gerindra diurutan kedua dengan perolehan 12,39 persen dan Golkar di urutan ketiga dengan perolehan 11,4 persen. Dalam laporannya, Charta Politika juga membeberkan terkait proses quick count mulai dari metodologi hingga perolehan suara per provinsi. Berikut rangkumannya:

Charta Politika menjelaskan metodologi quick count mulai dari populasi hingga metode pengumpulan data. A. Populasi : Seluruh pemilih di seluruh TPS B. Sampel : Sebanyak 2.000 TPS dipilih secara acak dari total populasi TPS (809.497) di seluruh Indonesia secara proporsional.

C. Tingkat kepercayaan : Dengan sampel seebsar 2.00 TPS, tingkat kepercayaan quick count sebesar 99 persen dengan toleransi kesalahan (margin of error) sebesar +/ 1%. Artinya perolehan suara kandidat dari hasil quick count ini bisa bergeser ke atas atau ke bawah hingga sebesar 1%. D. Metode Penarikan Sampel : Sampel dipilih dengan metode stratifiel cluster random sampling dari populasi

E. Metode Pengumpulan Data : 2000 relawan disebar di 2000 TPS terpilih, setiap relawan memonitor pengumpulan suara sejak dibukanya TPS sampai penghitungan suara. Hasil penghitungan suara (C1) dikirim ke pusat data, kemudian data ditabulasi dan ditampilkan secara real time. Berdasarkan data yang telah masuk 100 persen, Jokowi Maruf mendapatkan suara 54,71 persen, sedangkan Prabowo Subianto sandiaga Uno mendapatkan 45,29 persen.

Hasil quick count Charta juga menampilkan perolehan suara per provinsi. Jokowi Maruf tercatat menang di 18 provinsi. Data quick count Pileg yang masuk sebesar 98,35 persen.

Berdasarkan hasil quick count Pileg 2019, urutan partai adalah sebagai berikut: PDIP, Gerindra, Golkar, PKB, PKS, NasDem, Demokrat, PAN dan PPP. Berdasarkan 98,35 persen data yang masuk, sembilan parpol berada di atas 4 persen dan diprediksi lolos ke parlemen yaituPDIP, Gerindra, Golkar, PKB, PKS, NasDem, Demokrat, PAN dan PPP. Sementara empat partai diperkirakan tidak lolos parliamentary threshold yakni Partai garuda, Berkarya, Perindo, PSI, hanura, PBB dan PKPPI.

Selengkapnya laporan Charta Politika dapat anda akses di tautan ini:

Berita Terkait

Respons Kuasa Hukum Novel Baswedan Sikapi Hasil Investigasi Tim Pencari Fakta

Artira Dian

Perawat Hamil Meninggal Dunia Terpapar Corona Tenaga Medis Kelelahan

Artira Dian

Maret Kriminalitas di Papua Menurun Drastis Wabah Corona Merebak

Artira Dian

‎Kakorlantas Polri Jamin Pemudik Tidak Akan Lolos Meskipun Gunakan Jalur Tikus

Artira Dian

Jika Terpilih Kembali Jadi Ketum PAN Zulhas Akan Buat Sejarah Pengamat

Artira Dian

Materi Masyarakat Bugis Makassar Soal & Jawaban Lengkap SD Kelas 4-6 Belajar dari Rumah TVRI

Artira Dian

Pemerintah Disarankan Investasi di Dunia Pendidikan Hadapi Bonus Demografi

Artira Dian

Budaya Jawa Tengah SOAL & JAWABAN TVRI Rabu 15 Juli 2020 Belajar dari Rumah SD Kelas 4-6

Artira Dian

DPR Minta WNI di Lebanon Tidak Panik & Berkoordinasi dengan KBRI

Artira Dian

Wirausaha hingga Konsultan Pertanian Ahli Bioteknologi Prospek Kerja Jurusan Agroteknologi

Artira Dian

Hari Terakhir! Cara Lapor SPT Tahunan buat Gaji di Bawah Rp 60 Juta via e-Filing

Artira Dian

Berpotensi Pecah Kongsi Sebut Jokowi Ingin Lepas dari Bayang-bayang Megawati Rocky Gerung

Artira Dian

Leave a Comment