Techno

Daftar Ponsel Xiaomi yang Menjajal Android Q untuk Pertama Kali

Setelah Google mengumumkan akan merilis sistem operasi terbarunya Android Q beberapa waktu lalu, mereka juga merilis daftar ponsel yang akan kebagian untuk menjajal Android Q untuk pertama kali. Meskipun Android Q baru akan rilis akhir tahun ini, beberapa ponsel pintar sudah mencoba menggunakan Android Q versi beta. Smartphone yang sudah mencoba Android Q versi beta tersebut seperti Huawei dan OnePlus.

Tak ketinggalan, Xiaomi juga baru saja mengumumkan daftar smartphone yang akan mencoba Android Q. Dikutip dari KompasTekno, Android Q akan dijalankan di ponsel Xiaomi pada kuartal empat tahun ini hingga kuartal pertama tahun 2020. Xiaomi mengeluarkan daftar 11 ponsel pintarnya yang terlebih dulu akan merasakan sistem operasi terbaru dari Google tersebut.

Smartphone yang akan mencoba Android Q tersebut merupakan kasta tertinggi dari Xiaomi untuk seri Mi dan Redmi. Semua daftar ponsel tersebut akan rilis pada kuartal empat tahun ini kecuali Redmi Note 7 dan Redmi 7 Pro yang akan mencoba Android Q pada kuartal pertama tahun 2020. Dalam ajang Google I/O 2019 di Mountain View, Amerika Serikat, Google secara resmi telah memperkenalkan sistem operasi mobile terbarunya, Android Q pada Selasa (7/5/2019) waktu setempat.

Google telah memastikan berbagai rangkaian fitur yang akan hadir di Android Q, meskipun sistem operasi ini masih beta atau masih dalam tahap uji coba. Dikutip dari KompasTekno, menurut Stephani Cuthberston, perwakilan Google yang memperkenalkan Android Q di acara I/O, Android Q akan mendukung sejumlah fitur baru yang akan diterapkan oleh smartphone keluaran 2019. Sistem operasi Android Q akan mendukung kemampuan jaringan 5G.

Menurut Stephanie, saat ini jaringan 5G mulai berkembang dengan masif dan akan menjadi tren baru di masa mendatang. Banyak pengguna Android yang menanti fitur mode gelap atau dark theme. Fitur tersebut kini hadir di Android Q, fitur tersebut dipastikan akan hadir di sistem operasi Android versi terbaru ini.

Pengguna tinggal klik ikon penghemat baterai untuk mengaktifkan mode tersebut. Mode gelap tersebut diklaim dapat menjadikan konsumsi baterai menjadi lebih irit. Mata pengguna juga diklaim tidak akan terasa sakit saat menggunakan ponsel terlalu lama.

Smart Replay merupakan fitur yang akan memunculkan prediksi kata yang akan diketik, sehingga pengguna hanya tinggal menyentuk prediksi tersebut tanpa perlu mengetik. Fitur ini diklaim dapat memudahkan pengguna untuk membalas pesan yang diterima. Live Caption merupakan satu fitur baru yang dimiliki Android Q.

Fitur Live Caption mampu mendeteksi suara dalam video kemudian mengubahnya menjadi format teks yang ditampilkan di layar secara langsung. Fitur Live Caption mirip seperti subtitle dalam film, tapi caption tersebut dibuat secara real time berdasarkan apa yang diucapkan orang yang ada di dalam video. Menurut Stephanie, ponsel layar lipat atau foldable phone membutuhkan sistem operasi khusus yang dapat mendung pengoperasian ponsel tersebut.

Hal itu dilakukan karena menurutnya, ponsel layar lipat merupakan produk yang sangat berbeda dari smartphone lainnya. Hal tersebut yang menyebabkan Android Q dirancang agar dapat digunakan degnan optimal pada foldable phone. Setelah diperkenalkan secara resmi di acara Google I/O 2019 di Moutain View, AS, pada Selasa (7/5/2019), Google Q akan ada di 21 smartphone hingga akhir tahun ini.

Dikutip dari KompasTekno, Stephanie mengungkapkan setidaknya ada 21 smartphone yang akan memiliki sistem operasi Android Q hingga akhir tahun dari 13 merek yang berbeda. Android Q memiliki seraingkaian fitur baru yang menarik, tapi Dark Mode merupakan fitur yang paling banyak diperbincangkan. Pasalnya, Dark Mode atau mode gelap diklaim dapat mengheman konsumsi baterai dan nyaman di mata ketika digunakan dalam waktu yang lama.

1. ASUS ZenFone 5z 2. OnePlus 6T 3. Xiaomi Mi 9

4. Xiaomi Mi Mix 3 5G 5. Nokia 8.1 6. LG G8

7. Essential Phone 8. Huawei Mate 20 Pro 9. Sony Xperia XZ3

10. OPPO Reno 11. Tecno Spark 3 Pro 12. Realme 3 Pro

13. Vivo X27 14. Vivo NEX S 15. Vivo NEX A

16. Google Pixel 17. Pixel XL 18. Pixel 2

19. Pixel 2 XL 20. Pixel 3 21. Pixel 3 XL

Berita Terkait

Daftar Harga Terlengkap HP Samsung Bulan September 2019, Ada Galaxy A20 hingga Galaxy S10

Artira Dian

Cara Membuat Huruf Tebal, Miring, di WhatsApp (WA) Tanpa Aplikasi

Artira Dian

Ibu di Kediri Syok Tagihan Kartu Pascabayar Jebol hingga Rp 11 Juta, Ternyata karena Game Online

Artira Dian

Menristekdikti Minta BAPETEN Sosialisasikan Produk yang Pancarkan Radiasi

Artira Dian

Photo Contest vivo V15 ‘Go Wider Go Up’: Bukti Kehebatan Kamera Smartphone

Artira Dian

Voucher Senilai Rp 6 Miliar Didistribusikan menuju Pengguna UC & Redmi Note 7 Jadi Item Terpopuler

Artira Dian

Berikut Cara Beli Kartu Cara Mengatasi Sinyal by.U yang Tidak Muncul Padahal Sudah Aktivasi Kartu

Artira Dian

HP terbaru Vivo 2020 di Indonesia yang Akan Diluncurkan 10 Maret Spesifikasi & Harga Vivo V19

Artira Dian

Oppo A31 & Oppo Find X2 Pro Oppo Find X2 Daftar Harga HP Oppo Terbaru Bulan April 2020

Artira Dian

Galaxy A20s hingga Galaxy Note20 Daftar Harga Samsung Bulan Agustus 2020

Artira Dian

Vivo & Xiaomi Keroyokan Garap Pesaing AirDrop Besutan Apple Oppo

Artira Dian

Ketahui Sembilan Foto Terbaikmu Cara Mudah Membuat Best Nine Instagram 2019

Artira Dian

Leave a Comment