Metropolitan

DPRD DKI Targetkan Pembahasan APBD 2020 Tuntas di 15 Desember

DPRD Provinsi DKI Jakarta menyebut APBD DKI tahun 2020 baru bisa mereka selesaikan pada 15 Desember 2019. Hal ini diakui oleh Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta raksi Partai Gerindea Mohammad Taufik. "Minggu depan ini KUA PPAS selesai, habis itu langsung pembahasan APBD. Pokoknya target kita 15 Desember selesai APBD," ujar Taufik saat dihubungi, Jumat (22/11/2019). Berdasarkan hitung hitungannya, pihak dewan ia sebut masih sempat menyerahkan dokumen RAPBD ke Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

Sebab, masa pembahasan evaluasi yang dilakukan Kemendagri berlangsung cukup lama. Paling tidak, lanjut Taufik, pengesahan APBD 2020 bisa dirampungkan tahun ini. "Iya boleh, kan evaluasi Kemendagri itu dari tanggal 1 Desember sampai akhir. Bukan soal masih bisa. Ketentuannya 30 November, tapi kan karena situasional dan berbagai hal. Menurut saya yang penting tidak sampai melebihi akhir tahun," ujarnya.

Dia mengaku tak merasa keberatan jika anggota DPRD DKI dan gubernur DKI tidak menerima gajinya selama enam bulan ke depan. "Sanksi sebagai suatu ketentuan ya nggak apa apa, santai aja. Nggak masalah kalau mau diterapkan, terapkan saja," tegas dia. Diketahui, DPRD DKI Jakarta sempat berkirim surat untuk meminta perpanjang masa pembahasan ABPD tahun 2020 ke Kemendagri. Tenggat pembahasannya sendiri menurut ketentuan jatuh tempo tanggal 30 November 2019.

Tapi Kemendagri menegaskan Undang Undang tidak pernah sebut adanya perpanjangan waktu. "Jadi yang saya ingin katakan, dalam peraturan perundang undangan tidak pernah menyebutkan perpanjangan," ujar Direktur Jenderal Keuangan Daerah Kemendagri Syarifuddin saat dihubungi, Jumat (22/11/2019). Syarifuddin mengacu pada ketentuan yang ada dalam Undang Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah.

Ia menjelaskan, jika tenggat yang ditetapkan sudah habis maka proses berikutnya akan berlanjut ke tahapan lain. Sehingga tak lagi ada perpanjangan waktu untuk sebuah tahapan. "Begitu waktunya menempuh yang lain, maka prosesnnya sudah menempuh cara yang lain," ujar dia.

Berita Terkait

Kami Terus Lakukan 3T Putus Rantai Penyebaran Covid-19 Gelar Rapid Test di Cengkareng Sandiaga Uno

Artira Dian

Ini Uang Rakyat Soal Anggaran Revitalisasi Trotoar Rp 888 Miliar Jangan Ugal-ugalan DPRD DKI

Artira Dian

Balai Kota DKI Pamerkan Foto-Foto Pahlawan Ibu Kota dari Sudut Pandang Masa Kini

Artira Dian

Cabuli Anak di Bawah Umur Buronan FBI Russ Albert Medlin Ditangkap Polisi BREAKING NEWS

Artira Dian

Awalnya Minta Izin Mandi Tukang Parkir Ditemukan Tewas di Kamar Mandi Minimarket Matraman

Artira Dian

Setelah Dicek Ternyata Bersumber dari Mayat Daniel Hamonangan Cium Bau Bangkai di Kamar Kos

Artira Dian

Polisi Dalami Adakah Pengaruh Alkohol Pengemudi Toyota Land Cruiser Tabrak Pedagang

Artira Dian

Petugas Damkar di Jakarta Respons Tiga Pengaduan Lepas Cincin di Jari Dalam Satu Hari

Artira Dian

PIlot Wings Air Kerap Murung di Kamar Sepekan Sebelum Tewas Gantung Diri

Artira Dian

Lulusan IPDN Ramai Incar Posisi Ini Gaji PNS DKI Jakarta Bisa Mencapai Rp 28 Juta

Artira Dian

Perampok Satroni Gerai Alfamart di Tambora, Karyawan Toko Ditodong Senjata Tajam

Artira Dian

Ini Kisahnya Hanya Modal Nekat Kades di Blitar Panik Bantu Tolong Ibu Melahirkan di Pinggir Jalan

Artira Dian

Leave a Comment