Sport

Hasil Kualifikasi MotoGP Jerez Spanyol 2020 – Alex Rins Alami Patah Tulang Bahu Kanan

Nasib nahas menimpa pembalap Tim Suzuki Ecstar, Alex Rins yang mengalami kecelakaan parah. Alex Rins mengalami kecelakaan parah saat mengikuti sesi babak kualifikasi MotoGP 2020 yang sudah berlangsung di Sirkuit Jerez, Spanyol, pada Sabtu (18/7/2020). Dikutip dari laman , pembalap asal Spanyol tersebut mengalami terjatuh setelah melewati turn 11.

Ia terjatuh menjelang akhir sesi kualifikasi setelah lulus melewati babak kualifikasi yang pertama. Kecelakaan Alex Rins tersebut membuatnya menderita patah tulang bahu kanan. Hal tersebut juga telah dikonfirmasi oleh Dr Mir yang menjabat sebagai Spesialis Traumatologi MotoGP.

"Dia mengalami patah tulang dislokasi pada bahu kanannya yang menyebabkan dia sangat kesakitan." "Jadi setelah melakukan rontgen segera dia telah menjalani sedasi untuk meletakkan bahunya di tempat, yang sebenarnya jauh lebih menyakitkan daripada patah tulang." "Langkah selanjutnya adalah dia sekarang akan pergi ke rumah sakit Jerez dan menjalani MRI untuk menilai tingkat cedera pada tendon."

"Saya tidak tahu bagaimana cara mengkonfirmasi sesuatu, tetapi saya pikir balapan besok sangat terganggu, tetapi sampai kita mendapatkan hasil tes saya tidak dapat mengkonfirmasi itu," tulis pernyataan Dr Mir dikutip dari laman . Pada babak kualifikasi ini, pembalap Petronas Yamaha SRT, Fabio Quartararo berhasil menjadi yang tercepat dari para rivalnya. Quartararo menjadi yang tercepat dengan catatan waktu 1 menit 36.705 detik.

Kemudian pada posisi kedua disusul rider Monster Yamaha Energy dengan torehan 1 menit 36.844 detik. Marc Marquez sendiri berhasil membuntuti di posisi ketiga yang mencatatkan 1 menit 36.862 detik. Selanjutnya dua pembalap Pramac Racing, Francesco Bagnaia dan Jack Miller, melengkapi posisi lima besar dengan berada di tempat keempat dan kelima.

Adapun Valentino Rossi harus puas tercecer di posisi ke urutan 11 dengan waktu 1 menit 37.741 detik. Pembalap Suzuki Ecstar, Alex Rins langsung memanaskan persaingan pada sesi kualifikasi 1 (Q1) dengan menduduki posisi terdepan usai membukukan waktu lap tercepat 1 menit 37,793 detik. Pesaingan ketat terjadi antara rider KTM Tech3, Miguel Oliveira dan Johann Zarco dari Reale Avintin untuk merebutkan posisi kedua.

Saat sesi Q1 menyisakan delapan menit, dua pembalap Red Bull KTM, Pol Espargaro dan Brad Binder secara berurutan menduduki posisi pertama dan kedua. Lima menit terakhir, para pembalap kembali turun ke lintasan dan berusaha untuk mencatatkan waktu terbaik mereka agar bisa lolos ke sesi Q2. Alex Rins sukses mempertajam catatan waktunya menjadi 1 menit 37,063 detik untuk melewati Pol Espargaro sebagai pembalap tercepat.

Setelah berhasil mencatatkan waktu tercepat, Alex Rins harus mengalami crash di tikungan 2 Sirkuit Jerez tatkala sesi Q1 memasuki detik detik terakhir. Meski demikian, Alex Rins bersama Pol Espargaro berhak untuk melaju ke babak Q2 setelah mereka menempati posisi sebagai dua pembalap tercepat. Beberapa pembalap langsung meluncur untuk membukukan catatan waktu terbaik mereka sesaat setelah bendera hijau untuk sesi Q2 dikibarkan.

Sesi Q2 berjalan empat menit, Marc Marquez langsung mencatatkan diri sebagai rider tercepat meski momen itu tidak bertahan lama lantaran diambil alih oleh Francesco Bagnaia dari Pramac. Tak berselang lama persaingan sengit terjadi antara Marc Marquez dan Fabio Quartararo untuk merebutkan posisi terdepan. Di sisi lain, Valentino Rossi berusaha untuk mendapatkan urutan terbaik namun upayanya itu hanya berhasil membawa dia berada di posisi ke 10.

Beberapa pembalap langsung meluncur untuk membukukan catatan waktu terbaik mereka sesaat setelah bendera hijau untuk sesi Q2 dikibarkan. Sesi Q2 berjalan empat menit, Marc Marquez langsung mencatatkan diri sebagai rider tercepat meski momen itu tidak bertahan lama lantaran diambil alih oleh Francesco Bagnaia dari Pramac. Tak berselang lama persaingan sengit terjadi antara Marc Marquez dan Fabio Quartararo untuk merebutkan posisi terdepan.

Di sisi lain, Valentino Rossi berusaha untuk mendapatkan urutan terbaik namun upayanya itu hanya berhasil membawa dia berada di posisi ke 10. Persaingan dalam menduduki posisi terdepan kian sengit tatkala semua pembalap melakukan run kedua mereka tatkala Q2 menyisakan lima menit terakhir. Pada masa time attack, Marc Marquez langsung menunjukkan kelasnya sebagai juara bertahan dengan merebut posisi terdepan dari tangan Quartararo.

Momen itu tak bertahan lama setelah Maverick Vinales berhasil mempertajam caatatan waktunya untuk menggusur posisi Marc Marquez dengan catatan waktu lap tercepat 1 menit 36,844 detik. 1. Fabio Quartararo (Petronas Yamaha SRT) 1:36,705 2. Maverick Vinales (Monster Energy Yamaha) +0,139

3. Marc Marquez (Repsol Honda) +0,157 4. Francesco Bagnaia (Pramac Racing Ducati) +0,250 5. Jack Miller (Pramac Racing Ducati) +0,748

6. Cal Curthclow (LCR Honda) +0,749 7. Pol Espargaro (Red Bull KTM) +0,788 8. Andrea Dovizioso (Ducati) +0,830

9. Alex Rins (Suzuki Ecstar) +0,931 10. Franco Morbidelli (Petronas Yamaha SRT) +0,969 11. Valentino Rossi +1,036

12. Joan Mir (Suzuki Ecstar) +1,079 13. Brad Binder (Red Bull KTM) 14. Danilo Petrucci (Ducati)

15. Takaaki Nakagami (LCR Honda) 16. Aleix Espargaro (Aprilia Gresini) 17. Miguel Oliveira (Red Bull KTM Tech3)

18. Bradley Smith (Aprilia Gresini) 19. Tito Rabat (Reale Avintia Ducati) 20. Johann Zarco (Reale Avintia Ducati)

21. Alex Marquez (Repsol Honda) 22. Iker Lecuona (Red Bull KTM Tech3)

Berita Terkait

Singgung Soal Valentino Rossi, Marc Marquez Bilang Bakal Ada Pebalap yang Lebih Cepat dari Dirinya

Artira Dian

Greysia Polii/Apriyani Rahayu Melenggang ke Perempat Final Australia Open 2019

Artira Dian

Harapan CEO Dorna Tentang MotoGP 2020 Ditengah Virus Corona

Artira Dian

VIDEO: Latihan Bebas Pertama MotoGP Argentina 2019, Dua Pembalap Jatuh, Marquez Terdepan

Artira Dian

Petronas Yamaha Siap Bantu Kembalikan Kejayaan Valentino Rossi

Artira Dian

Eko Yuli Ingin Sempurnakan Gelar di Kejuaraan Asia 2019

Artira Dian

Roy Jones Jr Calon Lawan Mike Tyson Jawara Kelas Berat 2003

Artira Dian

Proliga 2020 bertabur Bintang Tim Nasional Dimulai Januari ini

Artira Dian

Ganda Campuran Indonesia Dihadang 2 ‘Tembok China’ Hasil Drawing Indonesia Masters 2020

Artira Dian

Uji Kelayakan Sirkuit MotoGP Mandalika Diprediksi Mundur Tak jadi Akhir Tahun

Artira Dian

Lee Chong Wei Pensiun Kabarnya Sampai ke Penjuru Dunia

Artira Dian

Jadwal Siaran Langsung Indonesia Open 2019, Live Streaming di Trans 7 Pekan Ini

Artira Dian

Leave a Comment