Kesehatan

Imun Lemah Gampang Kena Begini Cara Meningitis Serang Tubuh Sebabkan Glenn Fredly Meninggal

Komplikasi meningitis disebut sebagai penyebab musisi Glenn Fredly pergi untuk selama lamanya. Diketahui Glenn Fredly meneninggal setelah sempat di rawat di Rumah Sakit Setia Mitra, Jalan Fatmawati, Cilandak, Jakarta Selatan. Namun, akhirnya Glenn Fredly menghembuskan napas terakhirnya, pada Rabu (8/4/2020) di rumah sakit.

Melihat kejadian ini tentu, tahukah komplikasi meningitis ini ternyata memang sangat mematikan. Dilansir dari NHS, meningitis adalah infeksi yang menyerang meninges, yaitu selaput pelindung yang menyelimuti otak dan saraf tulang belakang. Infeksi ini paling sering disebabkan oleh virus. Akan tetapi, dalam beberapa kasus, bisa juga disebebkan oleh bakteri dan jamur.

Dimana meningitis yang disebabkan oleh virus, umumnya bisa sembuh tanpa pengobatan. Sementara, yang disebabkan oleh bakteri biasanya lebih serius dan membutuhkan pengobatan antibiotik untuk mempercepat pemulihan pasien. Sebagai informasi, ternyata penyakit radang selaput otak ini paling sering menyerang orang orang yang memiliki sistem kekebalan tubuh lemah.

Gejala meningitis dapat menyerupai gejala flu (influenza). Gejala ini cenderung semakin parah dalam waktu beberapa jam, hingga hari. Infeksi yang menyebabkan meningitis dapat menyebar melalui bersin, batuk, ciuman, dan saling berbagi peralatan makan ataupun mandi. Meningitis dapat menjadi sangat serius jika tidak ditangani dengan cepat, karena dapat menyebabkan keracunan darah yang mengancam nyawa dan mengakibatkan kerusakan permanen pada otak atau saraf.

Meningitis juga akan menjadi rentan saat menyerang tubuh seseorang yang memiliki beberapa faktor, seperti : tidak atau melewatkan vaksinasi, biasa terjadi pada anak berusia balita, pengaruh lingkungan yang dapat menyebarkan virus meningitis, kehamilan, sistem kekebalan tubuh yang lemah pada penderita diabetes, HIV/AIDS, dan lainnya. Meningitis yang tak ditangani secara cepat, dapat berangsur parah dan semakin memperbesar risiko kejang dan kerusakan neurologis permanen, seperti : gangguan pendengaran dan penglihatan, epilepsi atau kejang yang terus berulang, hingga amputasi anggota tubuh yang terinfeksi virus meningitis. Bahkan meningitis dapat menyebabkan kematian karena radang yang terjadi di otak dan sumsum tulang belakang; sehingga kondisi ini diklasifikasikan sebagai kedaruratan medis.(GridHEALTH.id )

Berita Terkait

Halodoc Luncurkan Kampanye Tanya Dokter Asli buat Perangi Hoax Seputar Kesehatan

Artira Dian

PDEI & MHKI Serukan Pemerintah buat Mengumumkan Daerah yang Terjangkit Covid-19

Artira Dian

Ini Daftarnya Cara Tingkatkan Kekebalan Tubuh dengan Konsumsi Berbagai Asupan Vitamin

Artira Dian

Kenali Gejala & Juga Penyebab Sebelum Mengatasinya Lakukan 7 Hal Ini Jika Anak Demam

Artira Dian

tapi Inilah yang Membedakan Tampak Mirip Perbedaan Gejala Virus Corona dengan Flu Biasa

Artira Dian

Minum Air Putih hingga Jaga Asupan Makan 6 Tips Jaga Kesehatan Agar Tetap Bugar Saat Umrah

Artira Dian

Insan Medika Sediakan Layanan Perawat Lansia dan Home Care Kekinian

Artira Dian

dari Jeruk hingga Cabai 9 Makanan yang Kaya dengan Vitamin C

Artira Dian

Indonesia Butuh 400 Rumah Sakit buat Tangani Penderita Stroke

Artira Dian

Hadir September Mendatang, Heartpreneur Festival Padukan Tiga Elemen

Artira Dian

Musim Banjir, Awas Bahaya Penyakit Akibat Kencing Tikus, Bisa Picu Kematian, Kenali Gejalanya

Artira Dian

Modernland Realty Tbk & Lotte E&C Kerjasama Bangun Mixed Use Project di Jakarta Garden City

Artira Dian

Leave a Comment