Kesehatan

Ini 5 Hoaks soal Virus Corona yang Beredar di Masyarakat Akhir-akhir Ini

Mengiringi ramainya pemberitaan tentang wabah virus corona Wuhan (2019 nCoV), masyarakat juga disuguhkan dengan beragam isu keliru atau hoaks yang ada. Ada beberapa isu yang menjadi sorotan dan ditanggapi oleh para tenaga medis sebagai berikut. Pokja Infeksi Perhimpunan Dokter Paru Indonesia (PDPI), Dr dr Erlina Burhan SpP(K) MSc PhD, mengatakan tidak ada kaitannya bawang putih dengan penyembuhan penyakit akibat virus corona.

"Ini saya yakin yang buat isu, pedagang bawang putih teman saya di Rawamangun itu," kata dia sambil terkekeh, dalam acara bertajuk Info Sehat FKUI untuk Anda: Wabah Coronavirus: Status Terakhir di Indonesia, Jakarta, Kamis (30/1/2020). Jadi, entah Anda akan mengonsumsi bawang putih tiga butir atau delapan butir dengan takaran pada isu yang beredar, hal itu tidak ada kaitannya dengan penyembuhan penyakit akibat virus corona. Peneliti di Departemen Mikrobiologi Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, dr R Fera Ibrahim MSc SpMK(K) PhD, mengatakan antivirus itu dibuat untuk memutuskan rantai virus tertentu.

"Replikasi HIV dan novel coronavirus belum ada kaitannya bagaimana ini bisa," kata dia. Diakui Fera, meskipun memang ada laporan satu intitusi yang memberikan antivirus HIV atau bahkan antivirus flu burung, tapi yang jelas kalau pasien sembuh itu karena sifat penyakit disebabkan virus memang adalah self limiting disease atau bisa baik dengan sendirinya. Tindakan ini tidak direkomendasikan karena ini tidak ada bukti terkaitnya, justru dikhawatirkan bukan mematikan, tetapi malah membuat virus semakin kuat.

Erlina menegaskan penularan virus sangat mustahil jika terjadi hanya melalui tatapan mata. Melainkan, jika pasien positif virus corona mengeluarkan doplet yang akhirnya mengenai tangannya, kemudian bersalaman dengan Anda, serta tanpa mencuci tangan Anda menyentuh hidung, mulut ataupun mata, maka penularan mungkin saja terjadi. Untuk diketahui doplet adalah cairan yang terpercik saat seseorang batuk ataupun bersin.

Perilaku batuk dan bersin dengan menutup menggunakan tangan sangat tidak dianjurkan. Serta, rutinlah mencuci tangan Anda dengan sabun. Fera mengatakan, meskipun alkohol 70 persen sebagai disinfektan dapat berfungsi dengan baik dalam membasmi virus.

Tetapi, bukan berarti virus corona tersebut akan mati ketika Anda mengonsumsi alkohol. "Betadine, klorin itu juga baik untuk disinfektan, tapi, kan, enggak mungkin kita minum itu. Minum alkohol juga hoaks, tidak benar," kata Fera. Sempat beredar di media sosial, mengenai virus corona yang dikatakan adalah senjata biologis dari laboratorium di yang bocor.

Diakui Fera, memang dalam melakukan riset tentang virus, peneliti pasti memiliki tujuan, ada riset yang tujuannya membuat vaksin dan ada juga dengan tujuan yang tidak benar. "Tapi kalo ini kita enggak tahu karena harus melalui investigasi," tuturnya. Selama belum bisa dibuktikan, tidak bisa dikatakan wabah virus corona ini akibat kebocoran laboratorium biologis .

Secara komprehensif ini adalah persoalan yang luas jika ingin dikaitkan. Adapun, menurut dia, virus corona memang sudah ada sejak lama, wabah SARS dan MERS beberapa waktu lalu. Sumber utamanya adalah virus corona dari kelelawar, yang menular melalui hewan perantara masing masing.

Oleh sebab itu, para ahli mengimbau agar masyarakat tidak asal menelan informasi dari media sosial tanpa ada bukti dan fakta dari para ahli di bidangnya terkait wabah virus corona asal ini. (Kompas.com/Ellyvon Pranita)

Berita Terkait

Dapat Obati Asma hingga Diabetes 4 Manfaat Daun Mangga

Artira Dian

Disambut Bahagia Keluar dari Ruang Isolasi Nenek Ini Sembuh dari Virus Corona umur 87 Tahun

Artira Dian

Strategi Turunkan Prevalensi Perokok, Produk Tembakau Alternatif Perlu Regulasi Khusus

Artira Dian

Raditya Dika Pernah Alami Mata Kering, Penyebabnya karena Kedip Tidak Sempurna

Artira Dian

Keamanan Istana Buckingham Diperketat, Ratu Elizabeth Ketakutan Makhluk Penyebar Kuman Ini Masuk

Artira Dian

Malas Diet dan Olahraga Tapi Pengin Turunkan Berat Badan, Adakah Solusinya?

Artira Dian

Akhir Hidup Penyanyi Keroncong Mus Mulyadi, Derita Diabetes Sampai Pengaruhi Penglihatan

Artira Dian

Demam Berdarah Itu Jauh Lebih Jahat! Imbau Masyrakat Tak Takut Virus Corona dr Handrawan Nadesul

Artira Dian

Ketahui Dampak Kesehatan Serius dari Aktivitas Seks Anal

Artira Dian

Dianggap Lebih Sehat dari Rokok Tembakau, Vape Tetap Berbahaya untuk Remaja, Orang Tua Wajib Waspada

Artira Dian

Turunkan Berat Badan Selama Tidur Bagaimana Memaksimalkannya

Artira Dian

Cara Menurunkan Berat Badan Secara Alami & Aman Tanpa Timbulkan Penyakit

Artira Dian

Leave a Comment