Nasional

Ini Kata Pengamat Politik Langkah Bamsoet Mundur dari Pencalonan Ketua Umum Golkar Dinilai Tepat

Langkah Bambang Soesatyo (Bamsoet) mundur dari pencalonan ketua umum Partai Golkar dinilai tepat. Pengamat politik dari Universitas Paramadina, Hendri Satrio menilai mundurnya Bamsoet menunjukkan Golkar tetap solid. Dengan keputusan Bamsoet mundur dari pencalonan ketua umum, Golkar kembali solid dan tidak terjadi konstelasi seperti yang pernah terjadi antara kubu Agung Laksono dan Aburizal Bakrie.

"Itu berarti Partai Golkar kembali solid. Tidak terjadi konstelasi seperti beberapa tahun yang lalu," jelasnya. Sebagaimana diketahui, mundurnya Bambang Soesatyo dilakukan menjelang Musyarawah Nasional atau Munas Partai Golkar yang berlangsung pada Selasa (3/12/2019) malam ini. Bamsoet mundur usai menggelar pertemuan dengan Airlangga Hartarto, Aburizal Bakrie, dan Luhut Binsar Pandjaitan di Kemenko Maritim, Jakarta, Selasa (3/12/2019).

Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartanto mengaku bersyukur atas keputusan Bambang Soesatyo (Bamsoet) memutuskan mundur dari pencalonan ketua umum jelang Munas Golkar. Menurut Airlangga, keputusan Bamsoet menunjukan bukti Partai Golkar Solid dan menginginkan Munas Golkar berlangsung damai. Hal itu disampaikan Airlangga saat menggelar pertemuan dengan Bamsoer dan Luhut di Kantor Kemenko Maritim, Jakarta, Selasa (3/12/2019).

"Tentu, pertama marilah kita bersyukur kehadiran Allah SWT, sore hari ini proses sudah panjang dan Alhamdulillah menjelang Munas apa yang menjadi harapan para senior, pak Agung Laksono, pak Akbar Tanjung, pak Luhut dan bahkan sampai seluruh tokoh yang tadi malam kami bertemu dengan seluruh DPD 1 dan PDP II, harapannya ini adalah musyawarah ini adalah Munas yang solid dan Munas yang kokoh. Temanya adalah Golkar satu," ucap Airlangga. Airlangga pun mengatakan, mundurnya Bamsoet maka tidak ada perpecahan di internal Golkar karena dua kekuatan di Munas sudah bersatu. Selain itu, Menko Perekonomian ini menyebut, sikap Bamsoet sangat penting bagi Golkar yang solid mendukung pemerintahan Presiden Jokowi.

"Alhamdulilah, dengan stetment tadi dari bapak Bambang Soesatyo, Munas ini mempersatukan kita. Ini adalah Munas itu sesuai pembicaraan saya dgn Pak Bambang itu Munas yang adem dan Munas yg betul betul membuat Golkar itu partai yang bisa menjadi partai mendukung pemerintah," tambahnya. Sebelumnya, Menjelang pembukaan Musyawarah Nasional (Munas) Golkar, Politikus Golkar Bambang Soesatyo (Bamsoet) mendadak mengundurkan diri dari pencalonan ketua umum Golkar. Bamsoet mundur usai menggelar pertemuan dengan Airlangga Hartarto, Aburizal Bakrie, dan Luhut Binsar Pandjaitan di Kemenko Maritim, Jakarta, Selasa, (3/12/2019).

"Dengan semangat rekonsiliasi yang kita sepakati bersama demi menjaga soliditas dan keutuhan partai Golkar maka saya pada sore ini menyatakan tidak meneruskan pencalonan sebagai kandidat Ketum partai Golkar periode 2019 2024," ujar Bamsoet usai pertemuan. Ketua MPR tersebut menjelaskan sejumlah alasan mundur dari pencalonan Golkar. Pertama yakni konstelasi politik Munas yang semakin panas. "Kedua situasi nasional yang membutuhkan situasi politik yang kondusif guna menjaga harapan kita dalam menjaga kondisi ekonomi dalam ancaman ekonomi global," katanya

Ketiga, Bamsoet mengaku mundur dari pencalonan setelah mendengar nasihat, pandangan, dan pendapat sejumlah tokoh senior Golkar.

Berita Terkait

Negara wajib Hadir Berikan Perlindungan Teror Diskusi UGM Demokrat

Artira Dian

Wishnpenting Mengaku Bersedia hingga Posisinya di Kabinet Jokowi Jilid II Diminta Jadi Menteri

Artira Dian

Singgung ‘Kibas Rabut’ demi Jabatan Tim Kuasa Hukum Ungkap Kisah Siwi Sidi Jadi Pramugari Garuda

Artira Dian

Tantang Erick Thohir buat Lakukan Ini Rocky Gerung Sebut BUMN Sudah Bangkrut

Artira Dian

Penulis Buku asal Amerika Prediksi Munculnya Virus Corona di Buku yang Ditulis 12 Tahun Lalu

Artira Dian

Kita Tunggu Kabareskrim Baru buat Ungkap Kasus Novel Baswedan Bertemu Pimpinan KPK Kapolri

Artira Dian

Tes Masuk di Politeknik Negeri Tahun Ini Ditiadakan Karena Pandemi Corona

Artira Dian

Beserta Link Pendaftarannya & SBMPTN UTBK 4 Cara Registrasi Akun LTMPT buat Daftar SNMPTN

Artira Dian

Jokowi Ingin Persoalan Jiwasraya & Asabri Diselesaikan Bertemu Pimpinan Parpol

Artira Dian

Indonesia Maju & Bangga Buatan Indonesia Beserta Link Download Arti Logo HUT Ke-75 RI

Artira Dian

Gedung Satpas SIM Terapkan Adaptasi Kebiasaan Baru

Artira Dian

Leave a Comment