Nasional

Jika Terpilih Kembali Jadi Ketum PAN Zulhas Akan Buat Sejarah Pengamat

Pengamat komunikasi politik Universitas Paramadina Hendri Satrio menilai Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan berpotensi membuat sejarah. Sejarah itu akan terjadi apabila Zulhas, kembali terpilih sebagai Ketum PAN untuk kedua kalinya. Hendri mengatakan hingga saat ini belum ada kader yang mampu memegang tampuk kepemimpinan PAN dua periode.

"Tantangan bagi Zulhas ada dua, yakni kubu non zulhas dan sejarah. Sebab sejarahnya belum ada Ketum PAN (yang menjabat) dua periode. Kalau Zulhas menang (terpilih kembali, red), dia bikin sejarah," ujar Hendri, Kamis (12/12/2019). Founder lembaga survei KedaiKOPI tersebut mengatakan sejak awal bursa ketum PAN memang selalu berlangsung sengit. Seperti halnya persaingan terdahulu antara Zulhas dan Hatta Rajasa. Namun Hendri melihat sedikit perbedaan dalam pertarungan memperebutkan kursi nomor satu di PAN tersebut.

Keputusan akan bergabung menjadi oposisi atau justru koalisi pemerintah dinilai sebagai pembeda. "Tapi kali ini berbeda karena juga berkaitan dengan keputusan akan bergabung dengan koalisi Jokowi atau oposisi Jokowi. Nah pertarungannya akan menuju ke pertarungan ini," kata dia. Sebelumnya diberitakan, PAN menggelar Rapat Kerja Nasional (Rakernas) yang beragendakan penentuan jadwal serta tempat Kongres Partai, di Hotel Milenium Jakarta, Sabtu, (7/12/2019).

Hingga saat ini, belum ditentukan lokasi Kongres yang salah satu agendanya memilih Ketua Umum PAN tersebut. Wakil Ketua Umum Totok Daryanto mengatakan terdapat sembilan tempat yang menjadi kandidat lokasi Rakernas yang dijadwalkan berlangsung pada awal 2020 itu. Kesembilan tempat tersebut yakni Sumut, Sumbar, Lampung, DKI Jakarta, Yogya, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Selatan, Papua, dan Kalimantan Selatan.

"Ada sembilan tempat, sudah tahu semua kan? ada Sulawesi, DKI, ada lain lain ya, itu kita serahkan pada DPP untuk nanti disurvei," katanya di lokasi Rakernas. Belum disepakatinya lokasi Kongres menurut Totok karena semua lokasi memiliki semangat yang sama untuk menggelar Kongres. Para pengurus PAN masing masing wilayah tersebut ingin menjadi tuan rumah. "Suatu kebanggaan bagi kader kalau daerahnya menjadi ajang kegiatan partai tentu kebanggaan," katanya.

Menurutnya ada wacana tempat Kongres nanti bukan merupakan daerah pemilihan para kader PAN yang maju sebagai calon Ketua Umum. Meski belum resmi menurut Totok sejumlah nama digadang gadang akan bertarung untuk memimpin partai berlambang matahari tersebut. Mereka di antaranya Asman Abnur, Mulfachri Harahap, Hanafi Rais, Bima Arya, dan Zulkifli Hasan.

"Memang ada wacana bahwa tempat kongres itu harus netral dalam arti daerah yang punya kedekatan khusus dengan calon. Itu fatsun aja. Semua saya kira setuju," pungkasnya.

Berita Terkait

Jazilul: Kalau Jatah Kursi Menteri PKB Berkurang Itu Celaka

Artira Dian

Masih Ada yang Tidak Memakai Masker Warga Padati Pasar Kebayora Lama

Artira Dian

Ini Pesan Jokowi di Instagram Peringati Hari Sumpah Pemuda

Artira Dian

Nangis saat Lihat Kondisi Penerima Kisah Driver Ojol Asal Jogja Gratiskan Ongkir Bantuan Sembako

Artira Dian

Rumah Sakit Umum Tangerang Selatan Sediakan Serum Antibisa Ular Banyaknya Aduan Penemuan Ular Kobra

Artira Dian

5.000 Kader PKS Banten Ikut Kemah Bakti Nusantara

Artira Dian

Percuma Menhub Budi Karya Sumadi Minta Gugus Tugas Covid-19 Cabut Aturan Wajib SIKM Jakarta

Artira Dian

Partai Golkar Gelar Bakti Sosial Bantu Korban Banjir

Artira Dian

Polda Metro Jaya: 8 Orang Ditetapkan Tersangka Terkait Pengibaran Bendera Bintang Kejora

Artira Dian

Antusias Pemudik ‘Serbu’ Stasiun Pasar Senen

Artira Dian

Simak Cara Daftarnya Login prakerja.go.id 8 Agustus 2020 Kartu Pra Kerja Gelombang 4 Dibuka Sabtu

Artira Dian

Jangan Jadikan Anak-anak Kelinci Percobaan Wacana Pembukaan Sekolah Saat Pandemi Politikus PKS

Artira Dian

Leave a Comment