Kesehatan

Kenali 7 Efek Samping Penyakit Diabetes Termasuk Gagal Ginjal & Penyakit Gusi Hari Diabetes Sedunia

Diabetes adalah kondisi kesehatan yang sangat umum akhir akhir ini. Diperkirakan bahwa India memiliki jumlah pasien diabetes tertinggi di dunia akan terjadi pada tahun 2040. Salah satu fakta penyebab diabetes diakibatkan oleh riwayat keturunan hingga pola hidup tidak sehat.

Ada efek samping yang terjadi akibat diabetes terlepas dari efek samping yang biasa seperti peningkatan kadar gula darah, kelelahan, penurunan berat badan, dll. Apa saja efek samping diabetes yang sering terjadi tanpa kamu sadari? Jika kamu melihat bahwa adanya bercak kulit yang tidak merata, tanpa sebab berupa bercak hitam, itu bisa menjadi efek samping dari diabetes.

Hal ini sering terjadi terutama pada diabetes tipe 2. Diabetes mengakibatkan tubuh seseorang menjadi resisten terhadap hormon insulin sedang diproduksi. Bercak kulit terbentuk ketika kelebihan insulin yang beredar melalui tubuh merangsang sel sel kulit untuk memperbaharui dengan cepat.

Selain itu juga merangsang produksi lebih banyak melanin di kulit, yang menghasilkan bercak hitam tebal dan tebal. Kolesterol tinggi bisa menjadi efek samping lain dari diabetes. Ketika kadar gula darah tinggi, itu dapat menyebabkan penurunan kadar kolesterol baik (HDL) dalam tubuh.

Selain itu juga dapat meningkatkan sel lemak dan kadar kolesterol yang tidak sehat, karena insulin dalam tubuh tidak akan digunakan secara efektif. Sebuah studi penelitian yang diterbitkan dalam jurnal yang disebut 'Neurology', menyatakan bahwa banyak penderita diabetes mengalami penurunan bertahap pada fungsi kognitif dan otak mereka. Hal ini menjadi pemicu yang dapat mengakibatkan penyakit otak seperti Alzheimer dan demensia.

Studi mengatakan bahwa, ini bisa terjadi karena aliran darah ke otak pada beberapa pasien diabetes cenderung tidak normal. Sebuah studi kesehatan di Universitas Colombia menyatakan bahwa orang yang menderita diabetes lebih rentan terhadap penyakit gusi. Penelitian lebih lanjut menyatakan bahwa penyakit gusi dapat terjadi pada pasien diabetes karena kadar gula yang tinggi dalam darah dapat memodifikasi jaringan kolagen di gusi.

Hal ini membuat mereka lebih rentan terhadap peradangan dan infeksi. Juga, karena diabetes menyebabkan kapasitas penyembuhan luka yang lambat, infeksi gusi dapat memakan waktu lama untuk sembuh. Telah dicatat oleh sejumlah studi penelitian dan survei bahwa orang dengan diabetes lebih rentan terhadap gangguan pendengaran.

Diabetes diketahui merusak pembuluh darah telinga bagian dalam. Setelah beberapa tahun, akan menyebabkan gangguan pendengaran atau gangguan pendengaran pada pasien, yang mungkin permanen. Ini adalah salah satu efek samping diabetes yang lebih serius dan juga tidak terduga.

Ketika seseorang telah menderita diabetes untuk waktu yang lama, akhirnya jumlah gula yang tinggi dalam darah mempengaruhi sel sel ginjal, sementara itu menyaring darah. Ini dapat menyebabkan penyakit ginjal, infeksi dan gagal ginjal, yang merupakan keadaan darurat medis yang bisa berakibat fatal ketika tidak dirawat. Sejumlah orang dengan diabetes dilaporkan mengalami disfungsi seksual seperti disfungsi ereksi, ejakulasi dini, kekeringan pada vagina karena tidak terangsang, dll.

Studi telah menyatakan bahwa disfungsi seksual terjadi pada diabetisi. Hal ini terjadi karena mereka memiliki ketidakseimbangan hormon yang disebabkan oleh gula darah tinggi dan kadar hormon testosteron yang rendah. Kebanyakan terjadi pada pria.

Berita Terkait

Bisa Jadi Sudah Tertular Jika Keruh Seperti Air Teh Cek Urine Waspadai Hepatitis A

Artira Dian

Manfaat Mandi Air Dingin untuk Kesehatan

Artira Dian

Cegah Penyakit Kronis hingga Tingkatkan Kesehatan Jantung 8 Manfaat Telur Puyuh

Artira Dian

Malas Diet dan Olahraga Tapi Pengin Turunkan Berat Badan, Adakah Solusinya?

Artira Dian

Tingkatkan Sirkulasi Darah hingga Fungsi Otak Manfaat Bawang Merah yang Mungkin Belum Kamu Ketahui

Artira Dian

Ini Cara Berhenti Merokok buat Jaga Kesehatan & Pengeluaran Harga Rokok 2020 Diprediksi Naik

Artira Dian

Prioritaskan Ini Pertolongan Pertama Serangan Jantung Seperti Dialami Politikus Adian Napitupulu

Artira Dian

Termasuk dr Naek L Tobing 25 Dokter di Indonesia Meninggal karena Terpapar Covid-19

Artira Dian

Cek Cara Mendiagnosisnya di Sini Apa itu Kanker Rektum

Artira Dian

Demam Berdarah hingga Leptospirosis Waspada 8 Penyakit Ini Sering Menyerang saat Musim Hujan

Artira Dian

Coba Minuman Ini Sebelum Tidur dari Nanti Malam Yuk Cara Usir Lemak Membandel di Perut

Artira Dian

3 Penyebab Bocah 3 Tahun di Cianjur Lahir Berkelamin Ganda, Ini Penanganan Kerancuan Organ Vital

Artira Dian

Leave a Comment