Internasional

Kenekatan Mantan Tukang Becak Ini Viral Kakek 62 Tahun Kayuh Sepeda menuju Mekkah Rindu Ka’bah

Sebuah kisah viral hari ini tentang seorang kakek berusia 62 tahun yang mengayuh sepeda untuk pergi ke tanah suci. Mantan pensiunan pengayuh becak. Pergi menunaikan ibadah haji dan melihat kabah adalah impian setiapmuslim. Demi mewujudkannya, orang berupaya keras untuk pergi ke tanah suci dengan berbagai cara.

Salah satunya yang dilakukan oleh kakek berusia 62 tahun bernama Sitdek Ahmad Ali atau yang dikenal dengan Tok Sitdek. Dikutip dari laman , Tok Sitdek sudah melakukan perjalanan melewati beberapa negara untuk mewujudkan keinginannya melihat kabah. Perjalanannya ketanah suci diperkirakan akan sampai pada tahun 2020 mendatang.

Pada perjalannya, Tok Sitdek bertemu dengan banyak orang yang menyambutnya dengan ramah. Meski lelah, dirinya tetap tersenyum mengayuh sepedanya yang juga dilengkapi dengan beberapa barang bawaan. Salah satu perjalanan Tok Sitdek diabadikan melalui unggahan video singkat akun twitter pada Jumat (6/12/2019) silam.

"Ada sesiapa kenal tok sitdek ni? Dia on the way mekah naik beca dia. Moga impian pakcik tu untuk ke mekah termakbul guys" Terlihat dari video berdurasi 1 menit 3 detik tersebut Tok Sitdek mengayuh sepedanya sembari tersenyum meski nafasnya ngos ngosan. Beliau mengenakan jaket hitam dengan perpaduan warna hijau menyala.

Ada bendera Malaysia yang terpasang di sepedanya, beserta tas hitam merah yang mengangkut barang bawaan. Jugabaliho kecil yang terpasang di belakang tas tersebut. Tampak gambar kabah dan tulisan berwarna kuning.

"Ekspedisi Nayuhan ke Mekah Tok Sitdek 2020." Beberapa akun twitter lain juga mengatakan mereka bertemu dengan Sitdek saat perjalanan lelaki tua itu. Kakak sy jumpa dia dkt bachok

Bulan lepas kat Besut Beberapa pengguna twitter juga tampak membuat catatan selama tiga hingga empat bulan kedepan untuk melihat perjalanan Tok Sitdek. Will do. Let's keep a screengrab. I'll send you a reminder in 4 months.

Ternyata Tok Sitdek dulu adalah seorang pengayuh becak. Dirinya pernah mengayuh becak hingga lebih dari 2 ribu km dalam jangka waktu sebulan pada tahun 2000 silam. Dia melakukan perjalanan dari Putrajaya, Malaysia melewati Thailand, Myanmar, Bangladesh, India, Pakistan hingga menuju Arab Saudi.

Seorang warganet lantas mengecek jarak dari Negeri Sembilan, Malaysia menuju Mekah yang ternyata mencapai sekitar 10,7 ribu kilometer. Diperlukan waktu hingga sekitar 89 hari untuk menempuh jarak tersebut. Kisah Tok Sitdek ini lantas menjadi viral dengan dibagikan hingga 21 ribu retweet dan mendapatkan lebih dari 18 ribu likes .

Beberapa warganet lantas membanjiri kolom komentar. Mereka tersentuh dengan niat mulia Tok Sitdek. Beberapa lantas melakukan donasi ke rekening Tok Sitdek untuk membantu kakek tersebut mewujudkan impiannya.

Tak hanya itu, mereka juga berharap Tok Sitdek dapat mewujudkan impiannya melihat kabah. Bayangkan pahala yang dia dapat setiap putaran roda sebab ke mekah buat ibadah haji. MasyaAllah aura dia tu Semoga perjalanan pakcik ni diredai Allah. And siapa yang baca tweet ni please doakan ibu ayah saya dapat pergi haji tahun depan. May Allah bless your day.

Weyy aku tak boleh do aku tak boleh tengok pakcik ni tengok muka dia ya Allah nak nangis rasa, gigihnya diaa ya Allah mudahkanlahh aamiin Aku naik motor pergi kedai pon malas May Allah ease everything for him. In shaa Alla

Semoga tak ada apa apa yang menghalang pakcik ni untuk sampai mekah. jangan giveup pakcik! Jika Allah izinkan, in shaa Allah dia sampai. Semoga beliau dilindungi sepanjang perjalanan kesana Smoga dprmudahkan urusan pakcik ni..Allahu besarnya pahala.

Berita Terkait

Mobil Polisi Dibakar hingga Penjarahan Kerusuhan di AS Masih Terjadi Buntut Tewasnya George Floyd

Artira Dian

Mempelai Wanita Pingsan Calon Suaminya Tidak Datang di Hari H Menikah Setelah 6 Tahun Pacaran

Artira Dian

Hwang Minhyun NU’EST Jalani Tes buat Virus Corona Pulang dari Italia

Artira Dian

Pasien yang Telah Sembuh Ternyata Masih Bisa Menularkan Virus Corona

Artira Dian

Suami Menembaknya Sampai Tewas Lalu Bunuh Diri Pergoki Istri Berhubungan Badan dengan Selingkuhan

Artira Dian

Dulu Miskin Kini Nikahi Suami Kaya & Tampan Potret Masa Lalu Putri Kecantikan yang Ternyata Pria

Artira Dian

Penyebaran Virus Covid-19 Bisa Melambat di Negara Bercuaca Lebih ‘Hangat’ Studi China

Artira Dian

Miliarder Chris Cline dan Putrinya Tewas dalam Kecelakaan Helikopter

Artira Dian

Jaksa Mengaku Sampai Merinding Transkrip Chat WA Reynhard Sinaga pada Seorang Pria Gay Diungkap

Artira Dian

Baru Dibuka 16 Maret 2019, Taman Moomin Jepang Memikat 3.000 Pengunjung Per Hari

Artira Dian

POPULER INTERNASIONAL Kandidat Vaksin Corona Ampuh China | Kakak Selamatkan Adik dari Gigitan Anjing

Artira Dian

Masjid Al Aqsa Dibuka Usai Lebaran Dua Bulan Ditutup Selama Pandemi Covid-19

Artira Dian

Leave a Comment