Internasional

Korea Selatan Berusaha Membatalkan Aplikasi Jepang menuju UNESCO

Pihak Korea Selatan berusaha membatalkan aplikasi Jepang ke UNESCO mengenai warisan budaya dunia di 23 aset yang ada di Jepang termasuk Tambang Batubara Hashima di Kota Nagasaki, yang umumnya dikenal sebagai Gunkanjima. "Kita telah dengan tulus menerima resolusi Komite Warisan Dunia dan mengimplementasikannya dengan itikad baik," ungkap Sekretaris Kabinet Jepang, Yoshihide Suga, Senin (22/6/2020). Menurutnya, resolusi dan rekomendasi dengan tulus telah diterapkan termasuk langkah langkah yang dijanjikan kepada pihak yang terkait.

"Kami ingin menahan diri mengomentari pers Korea. Berbagai langkah yang terinci dan benar sesuai permintaan UNESCO telah kami lakukan," tambah Suga. Menurut pemberitaan pers Korea, pihak Korea Selatan akhir bulan ini akan mengirim surat keberatan ke pihak UNESCO yang meminta pembatalan pendaftaran dari pihak Jepang khususnya Gunkanjima. Pihak Korea menganggap masalah pekerja Korea di saat Perang Dunia II di Gunkanjima belum dijelaskan secara rinci oleh pihak Jepang.

Pulau Hashima umumnya disebut Gunkanjima atau Pulau Kapal Perang adalah salah satu dari 505 pulau tak berpenghuni di Prefektur Nagasaki, sekitar 15 kilometer dari Kota Nagasaki. Pulau ini berpenghuni antara tahun 1887 hingga 1974 sebagai fasilitas penambangan batu bara. Pada tahun 1890 perusahaan Mitsubishi membeli pulau tersebut dan memulai proyek untuk mendapatkan batu bara dari dasar laut di sekitar pulau tersebut.

Pada tahun 1916 mereka membangun beton besar yang pertama di pulau tersebut, sebuah blok apartemen dibangun untuk para pekerja dan juga berfungsi untuk melindungi mereka dari angin topan. Jumlah penduduk pulau ini membengkak pada tahun 1959. Kepadatan penduduk waktu itu mencapai 835 orang per hektar untuk keseluruhan pulau (1.391 per hektar untuk daerah pusat pemukiman), sebuah populasi penduduk terpadat yang pernah terjadi di seluruh dunia.

Ketika minyak bumi menggantikan batubara tahun 1960, tambang batu bara mulai ditutup, tidak terkecuali di Gunkan Jima. Pada tahun 1974, Mitsubishi, banyak mempekerjakan orang Korea saat Perang Dunia II, secara resmi mengumumkan penutupan tambang tersebut, dan akhirnya mengosongkan pulau tersebut. "Warisan Revolusi Industri Meiji Jepang" yang terdiri dari 23 aset, termasuk Tambang Batubara Hashima di Kota Nagasaki, yang umumnya dikenal sebagai "Gunkanjima," terdaftar lima tahun lalu sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO.

Dengan pemikiran ini, pemerintah Jepang membuat resolusi yang mengharuskan untuk merespons sehingga Komite Warisan Dunia, yang memeriksa pendaftaran, dapat memahami seluruh sejarah, sehingga "Pusat Informasi Warisan Industri" yang menjelaskan sejarah pada waktu itu akhirnya dibuka untuk umum mulai tanggal 15 Juni 2020. Kementerian Kebudayaan, Olahraga, dan Pariwisata Korea telah menyatakan bahwa tidak ada pengumuman resmi, tetapi hal itu harus diperbaiki pada tahap awal. Jepang akan mengambil langkah langkah multilateral untuk memenuhi janjinya.

Diskusi mengenai Jepang dalam WAG Pecinta Jepang terbuka bagi siapa pun. Kirimkan email dengan nama jelas dan alamat serta nomor whatsapp ke: [email protected]

Berita Terkait

Seorang Remaja Tewas demi Selfie Bagus, sebelumnya Panjat Tiang Listrik 30 M dan Terjatuh

Artira Dian

WHO Hentikan Sementara Penggunaan Hidroksiklorokuin buat Covid-19 Masalah Keselamatan Nyawa

Artira Dian

16 Orang Ditahan Terkait Ledakan di Beirut

Artira Dian

Ngaku Lembur Ternyata Nonton dengan Wanita Lain Suami Ketahuan Selingkuh Viral Istri Idap Kanker

Artira Dian

Begini Kisahnya Kim Jong Un Tega Jatuhkan Hukuman Mati Selingkuhannya Terlibat Video Asusila

Artira Dian

Ekonomi Korea Utara Malah Tumbuh Positif Saat Banyak Negara di Dunia Mengalami Resesi

Artira Dian

29 Orang Tewas Saat Sebuah Bus Terjun ke Sungai di India

Artira Dian

Ternyata Bos Nissan Carlos Ghosn Menolak Pembuatan Mobil Khusus Kaisar Jepang

Artira Dian

Virus Monkeypox atau Cacar Monyet Muncul di Singapura untuk Pertama Kalinya, Kemenkes Mengkonfirmasi

Artira Dian

Total 8.413 Pasien Infeksi Virus Corona Korea Selatan Laporkan 93 Kasus Baru

Artira Dian

Akan Kirim 12 Juta Propaganda Pakai 3 Ribu Balon menuju Korea Selatan Korea Utara Tak hendak Kalah

Artira Dian

Penggagas Dan Penggalang Dana Indonesia Di Jepang Antar Bantuan Menuju Brimob

Artira Dian

Leave a Comment