Techno

Lama Dinanti Akhirnya Ponsel Gaming ROG Phone 3 Resmi Dirilis ASUS dengan Harga 13 Jutaan

Ponsel ini menjadi salah satu smartphone Android pertama yang ditenagai chipset termutakhir Qualcomm, Snapdragon 865 Plus. System on chip (SoC) ini menawarkan kecepatan hingga 3.09 GHz dan performa GPU Adreno 650 yang naik 10 persen dibanding Snapdragon 865. Di sisi koneksivitas, chipset ini mendukung WiFi 6E yang bekerja di band 6 GHz yang menawarkan bandwidth lebih besar dan latensi lebih rendah.

Namun, Asus juga menyediakan varian ROG Phone 3 Strix Edition yang ditenagai chipset Snapdragon 865. Selain chipset, spesifikasi keduanya tidak berbeda. Untuk Asus ROG Phone 3 versi Snapdragon 865 Plus, Asus mengombinasikannya dengan RAM 12 GB dan penyimpanan internal 128 GB/512 GB serta RAM 16 GB dan internal 512 GB.

Sementara untuk versi Strix Edition, tersedia dalam varian RAM 8 GB yang dipadu dengan penyimpanan internal UFS 3.1 128 GB dan 256 GB. Sebagai catatan, kemungkinan konfigurasi memori akan berbeda beda bergantung pada pasar yang dituju. Asus juga menyertakan AeroActive Cooler 3 dalam paket penjualan.

Untuk membuat pengalaman gaming lebih "dingin", di bagian belakang ponsel terdapat ventilasi yang ukurannya enam kali lebih besar dibanding ROG Phone 2. Untuk bagian layar, Asus ROG Phone 3 series dibekali layar panel AMOLED berbentang 6,6 inci yang mendukung refresh rate 144 Hz. Pengguna bisa mengubah setting layar ke 120 Hz, 90 Hz, atau "auto".

Layar ini memiliki touch sampling rate sebesar 270 Hz dengan latensi sentuhan 25 ms yang diklaim paling rendah di smartphone. Selain itu, layarnya juga mendukung HDR10 Plus yang memiliki satu miliar warna dan mencakup 113 persen DCI P3 gamut. Tombol ultrasonik di sisi samping ponsel bisa diatur.

Pengguna bisa memisahkannya menjadi dua tombol apabila memerlukan tombol pengendali tambahan atau menjadikannya slide gesture untuk mengatur sudut kamera game. Di sektor kamera, Asus menyematkan tiga kamera belakang. Masing masing beresolusi 64 MP sensor sony IMX686 untuk kamera utama, ultrawide 13 MP, dan makro 5 MP.

Kamera utama mendukung perekaman hingga 8K pada 30 fps atau 4K pada 120 fps. Sementara bagian depan terdapat kamera depan 24 MP, sebagaiamana KompasTekno rangkum dari GSM Arena, Kamis (23/7/2020). Ponsel ini tidak dibekali lubang jack audio 3,5mm.

Asus ROG 3 dibekali baterai berkapasitas 6.000 mAh yang mendukung kecepatan pengisi daya 30 watt menggunakan USB Power Delivery. Ponsel ini menjalankan sistem operasi Android 10 yang dilapisi antarmuka ROG UI atau ZenUI. Tiga aksesori Sama seperti dua seri sebelumnya, Asus ROG Phone 3 juga disertai tiga aksesori tambahan.

Ketiga aksesor tersebut adalah AeroActive Cooler 3, ROG Kunai Gamepad, dan TwinView Dock 3. Asus menyertakan aksesori pendingin AeroActive Cooler 3 dalam paket pembelian. Sementara dua aksesori lainnya bisa didapatkan secara terpisah.

Aksesori yang mendapat sedikit pembaruan adalah ROG Kunai Gamepad. Bentuk gamepad edisi terbaru ini lebih ringkas dari versi sebelumnya dan ada perubahan posisi tombol. ROG Kunai Gamepad terbaru memiliki posisi analog yang mirip dengan controller milik Nintendo Switch.

Harga Dilaporkan India Today, Asus ROG Phone 3 (versi Snapdragon 865 Plus) varian RAM 16 GB/512 GB, dijual dengan harga 1.099 euro (Rp 18,6 juta). Lalu varian RAM 12 GB/512 GB dijual dengan harga 999 euro (Rp 16,9 juta). Untuk ROG Phone 3 Strix Edition (Snapdragon 865), Asus membanderol mulai dari 799 euro (Rp 13,5 juta) untuk varian RAM 8 GB/256 GB.

Berita Terkait

Aktifkan 2FA & Hapus Akun Pembayaran Hindari Hacker Cara Ganti Password Pengguna Tokopedia

Artira Dian

Pengguna Domain my.id Naik Tajam di Oktober 2019

Artira Dian

XL Axiata Siap Layani Libur Natal & Akhir Tahun

Artira Dian

Layanan Gaming Cloud Google Stadia Akhirnya Dirilis 19 November Mendatang

Artira Dian

Telkom Boyong UKM Unggulan Pada Pameran Internasional

Artira Dian

Kisah Netizen yang Bangkrut secara Finansial demi Tampil Wow di Instagram

Artira Dian

5 Manfaat Puasa Media Sosial, Meningkatkan Mood dan Membantu Kita Menjaga Privasi

Artira Dian

Dilengkapi Dua Kamera Belakang Apple Meluncurkan iPad Pro 2020

Artira Dian

Rachmat Kaimuddin Gantikan Posisi CEO Bukalapak Achmad Zaky Mengundurkan Diri

Artira Dian

Vivo Y30 Lengkap! Vivo V19 hingga Vivo S1 Pro Update Daftar Harga HP Vivo Terbaru Juni 2020

Artira Dian

Galaxy A10s hingga Galaxy A80 Ada di Sini Daftar Harga HP Samsung Terbaru di Bulan Desember 2019

Artira Dian

Bukan dari Iklan, Terungkap Cara YouTuber Raup Pendapatan Besar, Indonesia Termasuk Paling Kecil

Artira Dian

Leave a Comment