Sport

Luis Leeds Tunggu Komitmen Pemerintah Tim F1 Williams Kembali Kasih Kesempatan

– Pebalap diaspora Indonesia, Luis Leeds mempertanyakan komitmen pemerintah Indonesia dalam hal ini Menpora Zainudin Amali yang sebelumnya telah menyatakan akan mendukung dirinya untuk bisa tampil di F1 dengan membawa nama Indonesia. Sebelumnya, Menpora telah menerima Luis Leeds di Kemenpora pada Selasa (19/11/2019). Dalam pertemuan tersebut Menpora mengatakan akan mendukung Luis Leeds. “Keinginan Luis untuk membawa bendera Indonesia pada ajang balap mobil sangat luar biasa. Kita akan memberikan dukungan kepada Luis. Apa yang dilakukan Luis ini akan mendorong diaspora yang berprestasi di negara lain untuk kembali ke Indonesia dan mengharumkan nama Indonesia,” kata Menpora.

Pada kesempatan yang sama, Menpora juga mengapresiasi Dino Patti Djalal yang sudah menemukan bakat Luis dan berpotensi mengharumkan nama Indonesia. “Dino luar biasa, karena dia juga salah satu yang bertanggung jawab terhadap diaspora kita yang ada di berbagai negara. Dia menemukan bakat Luis. Saya bilang ke Dino, saya akan dukung dan akan memfasilitasi apa yang kita bisa fasilitasi. Tekad Luis dalam bertanding begitu kuat,” ujarnya. Namun hingga kini, dikatakan Luis, Kemenpora belum ada tindaklanjutnya sama sekali soal komitmen dukungan kepadanya.

Ia pun mengaku kecewa karena tenggat waktu yang diberikan hingga 1 Desember 2019 oleh tim William belum bisa ia penuhi.Williams merupakan salah satu tim bergengsi di F1. Dalam surat resmi yang disampaikan oleh Williams, mereka menyatakan bahwa Luis merupakan pembalap muda yang penuh dengan bakat alami dan berpotensi untuk menjadi juara di kemudian hari. Surat ini juga menyatakan bahwa kontrak antara Luis dengan Williams harus diterima sebelum tanggal 1 Desember 2019. Kalau ini tidak dipenuhi, maka untuk jangka waktu pendek peluang Luis untuk bertanding di F1 mewakili Indonesia akan praktis hilang.

“Saya sudah ketemu Menpora yang sebelumnya dan Menpora yang baru. Menpora yang baru menyatakan akan difasilitasi semuanya tapi sejauh ini belum ada tindaklajutnya, untuk bisa saya maju dan mewakili Indonesia di F1, saya hanya pebalap saya tidak mengerti bisnis, saya tidak mengerti politik,” “Saya Cuma warga Indonesia biasa yang kebetulan bisa dapat kesempatan untuk ke F1, dan pengin mewakili Indoensia, tapi saya kecewa Menpora sudah menyatakan terbuka kepada media akan memfasilitasi apa pun yang saya butuhkan tapi sampai sekarang belum ada tindaklanjutnya,” ujar Luis Leeds, Kamis (5/12/2019). Dukungan yang dimaksud dalam hal ini ialah masalah pendanaan. Luis pun mengatakan tim Williams masih memberikan kesempatan hinga satu setengah pekan ke depan.

Jika dukungan itu tak kunjung datang, dirinya akan melewatkan kesempatan utuk bisa tampil di F1 dengan membawa nama Indonesia. “Satu minggu lalu saya dapatakan penawaran dari williams F1 untuk bertanding dan berlatih bersama mereka tapi sejauh ini dari bagian pendanaanya belum turun juga, meksipun sudah bertemu dengan Menpora baik yang lama maupun yang baru. Ini sangatstress fullbukan buat saya saja tapi juga buat keluarga dan komunitas di sekitar saya, karena ini kesempatan yang sangat langka,” jelasnya. “Kalau dalam satu setengah minggu ke depan tidak mendapatkan konfirmasi pendanaan berarti sudah gagal dua kali dalamdeadlinenya,” pungkasnya.

Seperti diketahui, Luis Leeds hingga saat ini masih berkewarganegaraan ganda; Australia dan Indonesia. Darah Indonesia turun dari Ibundanya yang lahir di Ngawi. Namun ia berjanji ke depan ia ingin menjadi warga negara Indonesia. Luis Leeds tampil baik saat beralaga di F4 membawa negara Australia, pada ajang balap F4 musim terakhir dirinya berhasil naik podium 18 kali dari 19 seri yang diadakan. Dari situ lah, dirinya mendapat kesempatan untuk bisa lompat ke tingkat selanjutnya, F2 dan F1.

Berita Terkait

Menpora Minta Rosan P Roeslani Koordinasi Secepatnya Dengan Cabor & NOC Indonesia

Artira Dian

Ginting vs Chen Long Live TVRI Pukul 10.00 WIB Jadwal BWF World Tour Finals 2019 Hari Ini

Artira Dian

Valentino Rossi Satu di Antaranya 5 Pembalap MotoGP yang Bisa Juara dengan 2 Pabrikan Berbeda

Artira Dian

Purnomo Alamsyah Asal Jawa Barat Jadi yang Terbaik di Ajang Paralayang Trip of Indonesia Seri II

Artira Dian

Prestasi Marcus Gideon/Kevin Sanjaya dkk Sepanjang 2019 di BWF World Tour

Artira Dian

Stadion Akuatik Senayan Diakui Dunia Internasional kata Harlin Rahardjo

Artira Dian

Jadwal Siaran Langsung Indonesia Open 2019, Live Streaming di Trans 7 Pekan Ini

Artira Dian

Iuri Lapicus Kandaskan Marat Gafurov di Kelas Light Weight

Artira Dian

Ada AC namun Tak Ada Wifi Ruang Media SEA Games 2019 Filipina Telah Dipindah Setelah Viral

Artira Dian

Hasil MotoGP Srikuit Losail Qatar, Andrea Dovizioso Juara, Valentino Rossi di Posisi 5

Artira Dian

Berita MotoGP Prancis, Vinales Posisi Pertama, Marc Marquez Kedua di FP 2

Artira Dian

Serba Serbi Indonesia Open 2019: Fajar Alfian Ajari Tunggal Putri Thailand Bilang ‘Bakso Enak’

Artira Dian

Leave a Comment