Travel

Mudik ke Wonosobo? Coba Kuliner Mi Ongklok yang Lezatnya Bikin Ketagihan

Buat kamu yang mudik Lebaran atau berlibur bersama keluarga ke kawasan Wonosobo atau Dieng, maka kuliner ini wajib untuk dicicipi. Wonosobo memiliki kuliner khas yang cita rasa lezatnya bikin ketagihan yakni mi ongklok yang jangan sampai kamu lewatkan dinikmati. Perpaduan suasana dingin kawasan Wonosobo dan Dieng memang sangat pas untuk menyantap semangkuk mi ongklok yang panas.

Mi ongklok adalah kuliner khas Wonosobo yang menyajikan perpaduan mi kuning lembut dengan kuahnya yang tak kalah nikmatnya. Mi ongklok memang terkenal dengan kuah kental mi nya yang sangat fenomenal. Meskipin kuliner ini seperti kuliner mi pada umumnya, namun kuah dari mi ini sendiri yang menjadi keunikan dari mi ongklok.

Kuah mi ongklok ini tidak encer, tapi memiliki tekstur seperti karamel yang terbuat dari tepung tapioka yang kenyal dan ditambahkan dengan beragam bumbu. Soal rasa, mi ongklok menawarkan sensasi perpaduan rasa manis, asin dan gurih yang bercampur menjadi satu memanjakan lidahmu. Bahan utama mi ongklok ini adalah mi kuning lembut yang dimasak dalam panci berisi air mendidih, lalu ditambah dengan kuah kentalnya yang khas.

Setelah itu, mi ongklok menjadi lebih nikmat lagi bila disantap ditambahkan dengan sayur kol, daging sapi serta tempe kemul yang juga menjadi kuliner Wonosobo. Kata ongklok sendiri digunakan untuk menyebut peniris yang terbuat dari anyaman bambu yang digunakan untuk merebus mie, kol serta kucai. Proses perebusan yang dilakukan dengan cara dicelup celup dalam air panas ini disebut diongklok, sehingga masyarakat sekitar kemudian menyebutnya mie ongklok.

Cita rasanya yang lezat dan juga harganya terjangkau membuat mie ongklok selalu diburu baik oleh masyarakat sekitar maupun wisatawan. Hal ini juga melihat bahwa kawasan Dieng di Wonosobo jadi salah satu destinasi primadona bagi para traveler, sehingga tidak sulit menemukan penjual mie ongklok di Wonosobo. Warung mie hampir bisa ditemui di sepanjang jalan.

Berita Terkait

Mulai Tengkorak hingga Sarkofagus 4 Hal Aneh yang Pernah Diselundupkan di Pesawat

Artira Dian

Tak Cuma Pempek, 6 Kuliner Khas Palembang Ini Harus Kamu Cicipi Saat Mudik Lebaran

Artira Dian

9 Juta Terbang menuju Shanghai dari Denpasar dari Rp 1 Daftar Tiket Murah menuju China

Artira Dian

Rekomendasi 5 Tempat Belanja Barang Murah di China

Artira Dian

Istirahat Sejenak di Lembah Todoroki 9 Spot Instagramamble di Tokyo Jepang

Artira Dian

7 Oleh Oleh Khas Bandung Yang Cocok Dibawa Pulang

Artira Dian

5 Cara Menawar Barang di Malioboro Yogyakarta

Artira Dian

Potret Babymoon Baim Wong dan Paula Verhoeven di Spanyol

Artira Dian

Ada Kuliner hingga Kopi Robusta Melihat Suasana Pedesaan di Kampung Adat Segunung Jombang

Artira Dian

Ada yang Bawa Ratusan Elang buat Migrasi 10 Kejadian Unik di Bandara

Artira Dian

Pria ini Akali Petugas Maskapai buat Selundupkan Kucing Gendut Kesayangannya

Artira Dian

Bandara yang Dijuluki Paling Tidak Berguna di Dunia Inilah St Helena Airport

Artira Dian

Leave a Comment