Nasional

Pemerintah Disarankan Investasi di Dunia Pendidikan Hadapi Bonus Demografi

Indonesia diprediksi akan mengalami masa bonus demografi yakni jumlah penduduk usia produktif berusia 15 64 tahun lebih besar dibandingkan penduduk usia tidak produktif pada pada 2030 mendatang. Berdasarkan data Bappenas, jumlah penduduk usia produktif ini diprediksi mencapai 64 persen dari total jumlah penduduk yang diproyeksikan sebesar 297 juta jiwa. Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra Sandiaga Uno mengingatkan bahwa bonus demografi yang terjadi di Indonesia tersebut bisa menjadi bencana demografi bila tidak ada langkah antisipasinya.

Salah satu yang harus dipersiapkan dari sekarang menurut Sandi adalah investasi di dunia pendidikan. Sandi memaparkan bahwa penduduk Indonesia yang tahun 2019 ini berusia 7 tahun, rata rata mereka berharap bisa mengikuti pendidikan 12 tahun atau hanya hanya lulusan SMA sederajat. “Bonus demografi itu akan berubah menjadi bencana demografi kalau kita enggak bisa ubah bahwa mayoritas anak usia 7 tahun ini cuma dapat pendidikan 12 tahun kedepan,” kata Sandi di Jakarta, Sabtu (11/7/2020).

Mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta ini berharap pemerintah dan semua pihak benar benar memikirkan masa depan mereka, sehingga bonus demografi menjadi peluang dan cita cita Indonesia Emas 2045 terwujud. “Mereka harus dapat kesempatan pendidikannya minimal sampai S1 (sarjana) selesai, dan sebagian S2 (magister) dan akhirnya S3 (doktor). Jadi bonus demografi itu bisa jadi bencana kalau kita gak invest di pendidikan. Jadi kita harus berikan kesempatan mereka untuk mendapatkan pendidikan yang lebih tinggi,” harap Sandi. Pengagas Rumah Siap Kerja ini menyebutkan saat ini porsi tenaga kerja lulusan pendidikan menengah ke atas sangat minim.

Hal itu disebabkan keterampilan dan skill set mereka yang sangat terbatas. Dengan adanya investasi di dunia pendidikan anak anak saat ini akan memiliki kesempatan kerja yang berkulitas di 2045 mendatang. “Jadi ini perlu kita tingkatkan sehingga di 2045 di Indonesia Emas mereka punya kesempatan untuk mendapatkan lapangan kerja baru dan berkualitas sesuai revolusi industri 4.0,” pungkasnya.

Sebelumnya, Sandi Uno juga mendorong agar anak anak diajarkan berwirausaha atau entrepreneur sejak usia dini. Sehingga juga dibutuhkan guru atau pendidik yang juga berjiwa entrepreneur atau teacherpreneurship. "Untuk melahirkan entrepreneur diperlukan sosok entrepreneur, yaitu para guru, para pendidik yang memastikan proses belajar mengajar di anak anak usia dini itu sudah memasukan konsep teacherpreneurship,” kata Sandi.

Konsep teacherpreneurship ini adalah konsep di mana para guru mampu memberikan materi materi terbaik dan berkualitas. Namun, juga memiliki waktu luang untuk bisa menginkubasi ide dari anak anak didik. “Kita harus mendorong jiwa kepemimpinan dalam setiap materi yang diberikan bahwa anak anak kita ini akan menjadi generasi yang membawa Indonesia ke arah lebih baik lagi,” paparnya.

Berita Terkait

‘Jadi Gubernur Lebih Enak’ Buka-bukaan Tentang Jabatan Sebagai Komisaris penting Pertamina Ahok

Artira Dian

Jafar Umar Thalib Meninggal Dunia, Sempat Divonis 5 Bulan Penjara Karena Perusakan Barang

Artira Dian

Aparat Puncak Jaya Gelar Apel Luar Biasa Penyerahan Senjata Anggota KSB

Artira Dian

Cerita Oso Dicari-cari Pratikno buat Ditawari Jabatan Wantimpres

Artira Dian

Haikal Hassan Akui Reuni 212 Bermuatan Politik Soal Prabowo Absen & Sudah Gabung Kabinet Jokowi

Artira Dian

KPK Tahan Direktur PT Humpuss Transportasi Kimia Terkait Kasus Suap Distribusi Pupuk

Artira Dian

Kiprah Para Menteri hingga Pro & Kontra Sejumlah Kebijakan di 100 Hari Pemerintahan Jokowi

Artira Dian

Kemendikbud Pastikan Tidak Ada Kenaikan Uang Kuliah Viral Tagar #MendikbudDicariMahasiswa

Artira Dian

Buruh Ancam Tingkatkan Aksi Jadi Kode Merah Apabila Tuntutan Tak Didengar Bubarkan Diri

Artira Dian

Semarang & Denpasar Cerah Berawan Sepanjang Hari Prakiraan Cuaca 34 Kota Rabu 22 April 2020

Artira Dian

LENGKAP Kata Mutiara 17 Agustus Kemerdekaan Ke 74 Dari Seluruh Presiden RI: Bung Karno Hingga Jokowi

Artira Dian

Baru Terulang Lagi 12 Tahun Mendatang Live Streaming BMKG Gerhana Matahari Cincin Hari Ini

Artira Dian

Leave a Comment