Kesehatan

Pernah Berbobot 192 Kg, Kini Aria Permana Hanya Mampu Habiskan 8 Sendok Makanan, Kalau Lebih Muntah

Setelah melakukan operasi Bariatrik atau operasi penyempitan lambung 2017, Aria Permana (13), tubuh bocah obesitas ini pun berubah. Berat badannya pun turun karena ditunjang perubahan pola makan. Sempat viral karena memiliki bobot badan 192 kilogram, Usai operasi yang dijalaninya pada 17 April 2017 lalu, kini tersissa 85,9 kilogram.

Disinggung terkait batasan konsumsi makanan, Ade menuturkan, saat ini anaknya telah mampu mengatur porsinya sendiri. Apalagi saat ini, maksimal ia hanya mampu mengkonsumsi delapan sendok makan saja, bila melebihi dari jumlah tersebut, maka akan muntah. "Jadi sekarang dia suka langsung berhenti biarpun sisa makanannya masih banyak.

Kini, Aria Permana diminta menghindari minuman kemasan yang rasanya manis manis dan mie instan. "Kalau mie disetop total sih engga, cuma kalau Aria pingin mie, kami hanya berikan porsi sepertiga atau seperempat dari satu bungkus utuh," ucapnya. Jika sebelum operasi, Aria Permana hanya bisa tengkurap, kini ia bisa berolahraga bersama teman teman sekitar rumah.

Kini, Aria Permana sudah bisa bermain sepakbola, berenang, dan bulutangkis. Ade sang ayah mengatakan, aktivitas keseharian Aria di rumah selain kembali bersekolah dan mengerjakan tugas tugas dari gurunya. Ade menambahkan, anaknya yang sangat mengidolakan salah seorang penggawa tim Persib Bandung dan Tim Nasional Indonesia, yaitu Febri Hariyadi.

Bahkan, selain ingin sekali untuk dapat berjumpa langsung dengan pemain tersebut. Aria pun memiliki cita cita, jika kelak dirinya ingin menjadi seorang pemain sepak bola seperti idolanya tersebut. "Dari kecil, Aria memang tidak pernah absen untuk menonton pertandingan Persib Bandung demi melihat Febri (Hariyadi) biarpun cuma lewat TV. Dia bahkan pingin sekali bisa bertemu langsung dan menantikan kedatangan Febri. Tapi mungkin belum waktunya, soalnya sampai sekarang belum pernah ada pemain Persib yang datang ke Karawang, jadi kami sulit kalau untuk ke Bandung," ujar dia.

Aria Permana akan kembali serangkaian operasi lanjutan, berupa operasi bedah plastik guna mengembalikan bentuk tubuh proporsional selayaknya anak seusianya. Operasi bedah plastik yang akan dijalani Aria rencananya akan dilakukan di Rumah Sakit Hasan Sadikin (RSHS) Bandung ini untuk membuang kulit yang bergelambir akibat penyusutan lemak tubuh lebih dari seratus kilogram. Pascaoperasi Bariatrik bocah kelahiran Karawang, 15 Febuari 2006 dan sangat gemar bermain sepak bola itu pun hanya memiliki bobot 85,9 kilogram.

Perubahan drastis itu pun sangat terlihat, saat putra kedua dari pasangan Ade Somantri (43) dan Rokayah (37) bersama keluarganya untuk melakukan pemeriksaan kesehatan di RSHS Bandung, Jalan Pasteur Nomor 38, Kota Bandung, Senin (17/6/2019). Tiba pada pukul 08.40 WIB setelah menempuh perjalanan dari, Desa Cipurwasari, Kecamatan Tegal Waru, Kabupaten Karawang pukul 05.00 WIB menggunakan mobil sewaan, Aria bersama orangtua serta pihak keluarga lainnya bertolak menuju lantai empat Gedung Anggrek, kemudian menuju lantai tiga Bagian Bedah Plastik RSHS. Aria yang mengenakan jaket hitam dan celana panjang biru tampak sangat berbeda.

Bahkan banyak di antara para pengantar pasien yang berada di lokasi sama, tidak menyadari bahwa anak laki laki yang dilihatnya merupakan bocah yang sempat viral beberapa waktu lalu. Ade Somantri berharap, selain kelak anaknya dapat bertemu dengan Febri Hariyadi, tapi juga terpenting adalah kesembuhan bagi Aria, untuk dapat mengejar cita citanya itu. "Pokoknya mau jadi apapun nanti, yang paling penting adalah yang terbaik bagi Aria, termasuk kesehatannya," katanya.

Oleh karena itu, Ade berharap, adanya uluran tangan dari pemerintah daerah dan para donatur lainnya yang dapat membantu proses biaya bagi Aria. "Sebagai keluarga, tentunya berharap upaya ini dapat menghasilkan hasil yang memuaskan bagi kesembuhan Aria. Untuk harapan lainnya kita jujur saja untuk masalah keuangan, karena kita tinggal di kampung, akan adanya pihak pihak yang bisa membantu Aria, baik untuk biaya perjalanan dari kampung ke sini dan lain lain," katanya. Orangtua Aria Permana, Ade Soemantri sangat ingin anaknya bisa kembali normal.

Bagaimana caranya? Hai orang baik, untuk mengetahui bagaimana cara berdonasi untuk Aria Permana, Anda tinggal klik link,

Berita Terkait

dari Gorengan Hingga Produk Susu 5 Makanan Harian Ini Ternyata Sebabkan Sembelit

Artira Dian

Stres di Tempat Kerja Ternyata Bisa Memicu Penyakit Mematikan & Depresi

Artira Dian

Asap Rokok Bisa Bikin Anak Kena Infeksi Paru-paru

Artira Dian

dari Bawang Putih hingga Jeruk Nipis 6 Bahan Alami buat Redakan Radang Tenggorokan

Artira Dian

Keamanan Istana Buckingham Diperketat, Ratu Elizabeth Ketakutan Makhluk Penyebar Kuman Ini Masuk

Artira Dian

Ini Saran Dokter buat Mencegahnya Penderita Demam Berdarah Meningkat di Tengah Pandemi Covid-19

Artira Dian

Ini Jejak Perjuangannya Melawan Kanker Sebelum Mengembuskan Nafas Terakhir Ria Irawan Meninggal

Artira Dian

Insan Medika Sediakan Layanan Perawat Lansia dan Home Care Kekinian

Artira Dian

Mengonsumsi Gula hingga Malas Ganti Pembalut 6 Kebiasaan yang Dapat Menyebabkan Keputihan

Artira Dian

Kebiasaan yang Bikin Kulit Wajah Cepat Tua

Artira Dian

Strategi Turunkan Prevalensi Perokok, Produk Tembakau Alternatif Perlu Regulasi Khusus

Artira Dian

Kenali Gejala & Juga Penyebab Sebelum Mengatasinya Lakukan 7 Hal Ini Jika Anak Demam

Artira Dian

Leave a Comment