Sport

Petronas Yamaha Siap Bantu Kembalikan Kejayaan Valentino Rossi

Bos Petronas Yamaha SRT, Razlan Razali, menyatakan pihaknya berkomitmen membantu Valentino Rossi meraih gelar juara dunia MotoGP kembali. Valentino Rossi dipastikan tak berseragam tim pabrikan Yamaha di MotoGP musim depan. Posisinya bakal diisi pebalap muda, Fabio Quartararo yang naik pangkat dari tim satelit Petronas.

Sementara itu, Rossi tengah menjalin negosiasi untuk bergabung bersama tim Petronas Yamaha untukmelanjutkan karier di MotoGP 2021. Rossi sudah memberikan jawaban secara personal dengan Petronas Yamaha SRT tentang keinginan melanjutkan membalap, tetapi dia belum memberikan tanda tangannya. Kendati Rossi belum resmi menjadi milik Yamaha SRT untuk tahun depan, Razlan Razali sudah mengungkapkan komitmennya untu pebalap asal Italia itu.

Razlan telah menjanjikan kepada Rossi akan senantiasa membantunya untuk tetap tampil kompetitif. "Saya ingin mereka yang membalap bersama kami dapat melakukan pekerjaan dengan baik," kata Razlan dikutip BolaSport dari Moto.it . "Dalam banyak hal, saya jauh lebih bahagia telah menciptakan tim ini dari kehampaan dan mampu membawa Fabio Quartararo berprestasi."

"Saya ingin meneruskan filosofi ini dengan membantu seseorang dan kami pastikan dapat membantu Valentino," imbuhnya. Torehan podium juara di seri ajang balap Formula 1 dan MotoGP, akhir pekan lalu bisa membuat Publik Malaysia berbangga hati. Pasalnya, ada nama perusahaan minyak kebanggaan negara tersebut di seragam para pebalap yang menjadi juara, yakni Petronas.

"Terbaik di dua roda dan yang terbaik di roda empat. Itu adalah dua tujuan gemilang bagi Petronas pada akhir pekan ketika tim tim yang didukung oleh perusahaan minyak Malaysia menderu kemenangan dalam balapan di Spanyol dan Hungaria," demikian narasi yang tertulis di situs berita Malaysia, The Star . Akhir pekan lalu, tim tim yang disokong Petronas memang berhasil merajai balapan di F1 dan MotoGP. Minggu (19/7/2020), Lewis Hamilton berhasil memenangi seri F1 Hungaria yang menjadi kemenangan keduanya pada musim ini. Hamilton membela tim Mercedes yang sponsor utamanya adalah Petronas.

Dalam waktu nyaris bersamaan, Fabio Quartararo mencetak sejumlah sejarah saat berhasil meraih kemenangan pertamanya di MotoGP Spanyol. Quartararo adalah pebalap yang membela tim Petronas Yamaha SRT. Merajai F1 dan MotoGP memang jadi target ambisius Petronas. Dibanding MotoGP, kesuksesan Petronas di ajang Formula 1 dimulai lebih dulu saat ikut andil di balik enam gelar juara dunia im Mercedes dari 2014 sampai 2019.

Dikutip dari Autosport , kesuksesan di F1 lah yang kemudian melatar belakangi lahirnya tim Petronas Yamaha SRT pada akhir 2018. Kesempatan jadi sponsor utama datang setelah kerja sama Yamaha dengan tim Tech 3 berakhir. Tech 3 adalah tim yang beberapa tahun sebelumnya rutin menjadi tim satelit Yamaha.

Hengkangnya Tech 3 membuat terjadi kekosongan slot tim satelit untuk Yamaha. Kesempatan inilah yang tak disia siakan SIC (Sepang International Circuit) dan Petronas untuk menyokong tim satelit baru bagi Yamaha di MotoGP. "Balap motor adalah salah satu olahraga paling populer di kalangan anak muda di Malaysia," kata Head of Brand Management Petronas, Noor Afiza Mohd Yusof kepada Autosport .

"Kami telah memasok pelumas dan minyak untuk tim Mercedes F1. Sekarang kami ingin mencapai kesuksesan itu di MotoGP," ucap Noor. Di F1, Hamilton masih memimpin klasemen sementara pebalap. Demikian juga Mercedes yang masih memuncaki klasemen kejuaraan konstruktor.

Jika mampu mempertahankan keunggulan hingga akhir musim, itu akan jadi tahun ketujuh kesuksean kerja sama Petronas dan Mercedes. Sementara itu, di MotoGP, Quartararo dan tim Petronas Yamaha SRT punya peluang untuk merebut gelar juara dunia jika mampu tampil konsisten hingga akhir musim.

Berita Terkait

Ginting vs Chen Long Live TVRI Pukul 10.00 WIB Jadwal BWF World Tour Finals 2019 Hari Ini

Artira Dian

IGPL Mobile Legends Masuki 16 Besar: 8 Tim E Sport Pro Ikut Perebutkan Total Hadiah Rp 135 Juta

Artira Dian

Tempat Konferensi Pers Tak Layak hingga Pelatih Belanja Sendiri 5 Kontroversi Jelang SEA Games 2019

Artira Dian

Andrea Dovizioso Komentari Pekan Berantakan Usai Tabrakan Sirkuit Catalunya

Artira Dian

Soal Isu Reshuffle Kabinet, Menpora: Tidak lah, Saya Kerja Saja

Artira Dian

Komentar Maverick Vinales Soal Nasib Valentino Rossi buat MotoGP 2021

Artira Dian

Suksesor Valentino Rossi Tanggapi Kalem Soal Juara Dunia MotoGP Tanpa Ambisius

Artira Dian

Tetapi Menggantikannya Awalnya Yamaha Rekrut Lorenzo Bukan Sebagai Rekan Valentino Rossi di MotoGP

Artira Dian

Anthony Sinisuka Ginting Melenggang ke Babak Perempat Final Singapura Terbuka 2019

Artira Dian

Valentino Rossi Dikabarkan Keluar dari Tim Yamaha di MotoGP, Quartararo Potensi Gantikan The Doctor

Artira Dian

Zainudin Amali Tak hendak ‘Hattrick’ Dua Menpora Sebelumnya Terjerat Korupsi

Artira Dian

Hasil Balapan GP Styria 2020 – Lewis Hamilton Juara

Artira Dian

Leave a Comment