Nasional

Polda Metro Jaya: 8 Orang Ditetapkan Tersangka Terkait Pengibaran Bendera Bintang Kejora

Penyidik Polda Metro Jaya sudah menetapkan delapan orang sebagai tersangka terkait pengibaran bendera bintang kejora di depan Istana Negara, Jakarta Pusat, pada Rabu (28/8/2019). Pernyataan itu disampaikan Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Argo Yuwono. "(Berstatus, red) tersangka," kata Argo, saat dihubungi, Minggu (1/9/2019).

Dia menjelaskan, upaya penetapan tersangka delapan orang itu dilakukan setelah penyidik mempunyai bukti bukti terkait pengibaran bendera bintang kejora. "Penyidik Polda Metro Jaya melakukan penyelidikan artinya mengumpulkan alat bukti, seperti CCTV, foto foto," kata mantan Kabid Humas Polda Jawa Timur itu. Setelah mempunyai alat bukti lengkap untuk memenuhi unsur pidana, aparat keamanan mengamankan mereka di berbagai tempat berbeda.

"Setelah kami evaluasi, ada delapan orang yang kami amankan dari tempat berbeda. Ada yang di asrama, ada juga yang sedang unjuk rasa di depan Polda Metro Jaya," kata dia. Atas perbuatan itu, mereka disangkakan Pasal 106 dan Pasal 110 Kitab Undang Undang Hukum Pidana (KUHP) tentang makar. "Intinya ada kaitannya dengan keamanan negara. Ada pasal yang ada di KUHP. Ada Pasal 106 dan 110 (KUHP, red)," tambahnya.

Sebelumnya, Koalisi Masyarakat Sipil untuk Demokrasi mencatat sebanyak delapan orang diamankan terkait pengibaran bendera bintang kejora saat aksi unjuk rasa di Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, pada Rabu (28/8/2019). Upaya penangkapan yang dilakukan aparat keamanan itu diungkap oleh Nelson N Simamora, Kepala Advokasi LBH Jakarta. "Sejauh ini sudah ada delapan orang ditangkap dan ditahan. Mereka yaitu, Carles Kossay, Dano Tabuni, Ambrosius Mulait, Isay Wenda, Naliana Wasiangge, Wenebita Wasiangge, Norince Kogoya, dan Surya Anta," kata dia, saat dihubungi, Minggu (1/9/2019).

Dia menjelaskan, penangkapan pertama terjadi pada 30 Agustus 2019 di sebuah asrama di Depok. Dua orang mahasiswa asal Papua diamankan. Menurut Nelson, penangkapan ini dilakukan dengan mendobrak pintu dan menodongkan pistol. Setelah itu, kata dia, penangkapan kedua dilakukan pada saat aksi solidaritas untuk Papua di depan Polda Metro Jaya, Sabtu (31/8/2019) sore.

Lalu, penangkapan ketiga dilakukan oleh aparat gabungan (TNI dan Polri) terhadap tiga orang perempuan, di kontrakan mahasiswa asal Kabupaten Nduga di Jakarta, pada 31 Agustus 2019. "Penangkapan dilakukan tanpa surat izin penangkapan dari polisi. Aparat gabungan juga mengancam tidak boleh ambil video atau gambar, sementara mereka boleh mengambil gambar ataupun video," kata Nelson. Adapun, penangkapan keempat dilakukan kepada Surya Anta. Surya diamankan ditangkap dua orang polisi yang berpakaian preman di Plaza Indonesia, pada Sabtu, 31 Agustus 2019 sekitar pukul 20.30 WIB.

"Saat penangkapan, polisi menjelaskan pasal yang disangkakan adalah makar terkait Papua," kata Nelson. Pada saat ini semua yang ditangkap telah dipindahkan ke Mako Brimob di Kelapa Dua.

Berita Terkait

Charta Politika Buka Bukaan Hasil Quick Count Pilpres Dan Pileg 2019

Artira Dian

Anis Matta Beberkan Tiga Jebakan Negara Gagal yang wajib Dihindari Jokowi

Artira Dian

Jika Terpilih Kembali Jadi Ketum PAN Zulhas Akan Buat Sejarah Pengamat

Artira Dian

Hari Ini Presiden Jokowi Akan Umumkan Kabinet Barunya

Artira Dian

Peringatan Dini BMKG: Wilayah Berpotensi Alami Cuaca Ekstrem Hari Ini Hingga Lusa 8 10 Maret 2019

Artira Dian

Adian Napitupulu Singgung Deklarasi Presiden & Orang Partai Soroti Pengangkatan Komisaris BUMN

Artira Dian

Jaga Jarak Fisik Pemerintah Minta Masyarakat Tiru Vietnam Dalam Memutus Sebaran Virus Corona

Artira Dian

Lalu Urutkan dari yang Paling Berat! Kelas 1-3 SD Jawaban Ukurlah Berat 3 Alat Dapur di Rumahmu

Artira Dian

Gelombang Capai 4 Meter di Laut Natuna Selasa 17 Maret 2020 Info BMKG Gelombang Tinggi Hari Ini

Artira Dian

LENGKAP Kata Mutiara 17 Agustus Kemerdekaan Ke 74 Dari Seluruh Presiden RI: Bung Karno Hingga Jokowi

Artira Dian

KPK dari Awasi Pilkada Serentak 2020 Mendatang

Artira Dian

‘Selamat Datang Pahlawan’ Viral Sambutan Masyarakat Baciro Yogyakarta Kepada Para Tenaga Madis

Artira Dian

Leave a Comment