Nasional

Pratikno hingga Mahfud MD Minta Masyarakat Doakan dari Rumah Ibunda Jokowi Wafat

Ibunda Presiden Joko Widodo (Jokowi), Sudjiatmi Notomiharjo meninggal dunia di Solo, Jawa Tengah pada Rabu (25/3/2020) sore. Jokowi meminta masyarakat Indonesia mendoakan almarhumah dari rumah masing masing dan tidak perlu melayat ke rumah duka. Hal tersebut disampaikan Jokowi melalui Mensesneg Pratikno, dalam keterangannya, Kamis (26/3/2020).

Pratikno mengajak masyarakat untuk mendoakan Ibunda Jokowi dari rumah masing masing. Ia juga meminta masyarakat tetap menerapkan social distancing dengan tak perlu ramai ramai melayat ke rumah duka untuk mencegah penyebaran virus corona (Covid 19). "Tanpa mengurangi rasa hormat, mohon berkenan berdoa dari rumah masing masing, dan tidak perlu beramai ramai melayat ke rumah duka atau ke pemakaman."

"Karena kita tetap harus menjalankan physical distancing (jaga jarak),"ujar Pratikno, Kamis (26/3/2020), dikutip dari . Sementara itu, Pratikno menambahkan, bagi masyarakat yang tetap berkeinginan melayat ke rumah duka untuk tetap mematuhi imbauan pemerintah. "Bagi yang hadir, tetap mohon jaga jarak aman sebagaimana telah disampaikan oleh pemerintah," kata Pratikno.

Pratikno juga menyampaikan, pesan yang diungkapkan Presiden Jokowi kepada masyarakat. Jokowi mengucapkan terima kasih kepada seluruh rakyat Indonesia yang turut berbelasungkawa dan telah mendoakan almarhumah Sudjiatmi Notomihardjo. "Semoga Almarhumah husnul khotimah dan memperoleh tempat paling mulia di sisi Allah swt. Amiin YRA," kata Pratikno.

Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD sempat mengkoordinir para menteri lainnya untuk melayat ke rumah duka di Solo. Mahfud bahkan sudahmencoba meminjam pesawat milik TNI AU maupun Polri untuk terbang ke Solo. Namun, niat Mahfud tersebut batal seiring adanya arahan dari Presiden Jokowi melalui Mensesneg Pratikno dan Sekretaris Kabinet Pramono Anung.

"Tiba tiba ada arahan dari Presiden melalui Pak Pratikno dan Pak Pramono Anung agar para menteri tak pergi ke Solo, melainkan fokus pada tugas saja di Jakarta." "Jadi saya dan kawan kawan tidak ke Solo," ujar Mahfud dalam keterangan tertulis,Kamis (26/3/2020), dikutip dari . Akhirnya Mahfud MD dan sejumlah jajaran Menteri Kabinet Indonesia Maju pun tidak jadi ke Solo.

Meskipun tidak bisa melayat secara langsung, Mahfud bersama istrinya melakukan salat ghaib untuk mendiang Ibunda Jokowi. Mahfud juga mengajak umat muslim untuk mendoakan almarhumah dari rumah masing masing dengan salat ghaib. "Saya sendiri mengimbau juga, sebaiknya bagi kaum muslimin yang ingin menshalatkan janazahnya dilakukan dengan salat gaib saja dari rumah."

"Itu ada ajarannya di dalam Islam," kata Mahfud. Mahfud pun pahamdengan sikapJokowi yang meminta orang orang untuk tidak datang melayat secara langsung ke rumah duka. Hal itu dikarenakanpermintaanJokowi untuk menghindari kerumunan massa dengan tujuan disiplin social distancing untukmemutus penyebaran Covid 19.

Diketahui,Ibunda Jokowi meninggal dunia di Solo pada Rabu (25/3/2020) sore. Sudjiatmi Notomiharjo menghembuskan nafas terakhirnya di rumah sakit DKT Slamet Riyadi Kota Solo. Kakak kandung Iriana Jokowi, Haryanto membenarkan kabar duka ibundaJokowi, Sudjiatmi meninggal dunia

Haryanto menyampaikan, ibunda Jokowi menghembuskan nafas terakhirpada pukul 16.45 WIB. "Baru saja, pukul 16.45 WIB," ungkapnya kepada . Sumartono Hadinoto juga membenarkan jika dirinya baru mendapatkan infomasi meninggalnyanenek dari Gibran Rakabuming Raka.

Adapun Sumartono merupakan tokoh Tionghoa di Kota Solo. "Tadi baru dikasih kabar keluarga, di Rumah Sakit DKT Solo," ujar dia. Sementara itu, Staf Khusus Presiden, Angkie Yudistia mendapatkan kabar meninggalnya Sudjiatmi langsung dari sekretaris pribadi Presiden Jokowi.

"Iya betul, saya juga mendapatkan info tersebut dari sekretaris pribadi Bapak (Jokowi)," ujar Angkie pada Rabu sore, dikutip dari . Wakil Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Budi Arie juga menyampaikan halyang sama. Budi menyampaikan, kabar meninggalnya ibunda Jokowi melalui pesan tertulis yang diterima wartawan pada Rabu sore.

Ia juga meminta doa kepada masyarakat agar almarhumah diberikan tempat terbaik di sisi Tuhan Yang Maha Esa. "Innalillahi wa innaillaihi rojiun. Eyang Notomiharjo, Ibunda Bapak Presiden wafat di Solo pukul 16.45 tadi," ujar Budi Arie. "Mohon doanya semoga almarhumah husnul khatimah," lanjutnya.

Berita Terkait

Respons Kakorlantas Sikapi Wacana Penerapan Ganjil Genap Di Pelabuhan Merak

Artira Dian

Waspada 17 Wilayah Berpotensi Hujan Petir Peringatan Dini BMKG Cuaca Ekstrem Selasa 26 Mei 2020

Artira Dian

Pemerintah Pertimbangkan Melarang Mudik Lebaran 2020 Bila COVID-19 Makin Meluas

Artira Dian

Presiden Serahkan Banpres Produktif Usaha Mikro buat para Pelaku Usaha di Yogyakarta

Artira Dian

Saya Bergairah Kalau Ada yang Gugat Perppu Penanganan Corona Digugat menuju MK Mahfud MD

Artira Dian

Setara Institute Catat Jawa Barat Jadi Daerah dengan Angka Pelanggaran Kebebasan Beragama Tertinggi

Artira Dian

Peringatan Dini BMKG Daftar Wilayah Berpotensi Cuaca Ekstrem Hari Ini 27 Maret 2019

Artira Dian

Istana Membantah Dikritik Partai Demokrat Jokowi Bagi-bagi Sembako di Bogor

Artira Dian

Airlangga Prioritaskan Ketua DPD Golkar Maju Pilkada 2020

Artira Dian

Epidemiolog Ungkap Fakta Ini Pesta Wisuda Jadi Penyebab 25 Mahasiswa UNS Positif Corona

Artira Dian

Hujan Lebat Disertai Angin di Jabar & Jatim BMKG Peringatan Dini Cuaca Ekstrem Jumat 5 Juni 2020

Artira Dian

Puisi Spontan Romo Benny di Hari Lahir Pancasila

Artira Dian

Leave a Comment