Nasional

Presenter sampai ‘Turun Tangan’ Ali Ngabalin Didebat Fadli Zon & Haikal Hassan Bahas Ahok

Tenaga Ahli Utama Kantor Staf Presiden (KSP), Ali Mochtar Ngabalin terlibat perdebatan dengan Politisi Partai Gerindra Fadli Zon. Ketiga tokoh itu memperdebatkan soal wacana penunjukan Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok sebagai bos ibu kota baru. Sang presenter bahkan sampai meminta Ali Ngabalin tenang kala berdebat dengan Fadli Zon dan Haikal Hassan.

Melalui tayangan YouTube Talk Show tvOne , Kamis (12/3/2020), mulanya Ngabalin menyinggung soal kebencian Fadli Zon terhadap Ahok. "Gini aja biar fair, kalau faktanya terkait dengan Ahok, apa yang membuat Anda begitu benci dengan dia?," tanya Ngabalin. "Kalau begitu kenapa, di mana masalahnya?"

Menanggapi pernyataan Ngabalin, Fadli Zon pun mencoba buka suara. "Gini, gini, sebentar," sahut Fadli Zon. Namun belum selesai Fadli Zon berbicara, Ngabalin terus berbicara.

Hingga, sang presenter mengimbau Ngabalin untuk tenang. "Sebentar kita dengar dulu Bang Fadli, tenang Bang Ngabalin," ucap presenter. Menurut Ngabalin, ibu kota baru akan didanai oleh swasta serta dari Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN).

"Sebelum Fadli datang, kita bicara soal anggaran," ujar Ngabalin. "Saya bilang investasi swasta, ada yang disebut kerja sama dengan anggaran pendapatan belanja negara (APBN) dengan swasta." Terkait hal itu, Ngabalin pun mempertanyakan alasan Fadli Zon mempermasalahkan wacana penunjukan Ahok sebagai bos ibu kota baru.

"Tunggu, karena itu ketika masuk soal masalah Ahok, di mana urusannya?," tanya Ngabalin. "Kenapa begitu kebencianmu terhadap suatu kaum membuatmu tidak adil?" Namun bukannya Fadli Zon, Haikal Hassan justru menanggapi ucapan Ngabalin.

Menurutnya, Ngabalin hanya berasumsi saat menyatakan orang lain membenci Ahok. "Itu asumsinya Pak Ngabalin," kata Haikal Hassan. "Bukan, itu yang saya bilang, tadi kan Bapak bilang begitu," jawab Ngabalin.

"Enggak, enggak ada kebencian," terang Haikal Hasan. Menanggapi perdebatan kedua tokoh itu, sang presenter bahkan meminta Ngabalin menghentikan pernyataannya. "Oke Bang Ngabalin, sudah dapat pertanyaannya. Kita ke Babe dulu," ucap presenter.

Pada kesempatan itu, perdebatan terjadi antara Tenaga Ahli Utama Kantor Staf Presiden (KSP) Ali Mochtar Ngabalin dengan Politisi Partai Gerindra, Fadli Zon. Namun, dalam perdebatan itu semakin memanas setelah Fadli Zon menunjukkan foto mirip Ali Ngabalin yang sedang memegang poster bertuliskan kritikan kepada Ahok. Menurut Ali Ngabalin, banyak pihak yang 'memanfaatkan' ayat Al Quran untuk memasukkan Ahok ke dalam penjara.

"Waktu itu saya bilang bahwa itu dalam pembahasan undang undang iya, tapi terlalu banyak ayat Al Quran yang kita pakai untuk menciderai orang," ujar Ali Ngabalin. "Itu adalah fakta." Namun, belum selesai Ali Ngabalin berpendapat, Fadli Zon langsung menunjukkan selembar foto.

"Ini saya dikasih ini," sahut Fadli Zon. Melihat foto tersebut, Ali Ngabalin lantas menantang Fadli Zon menunjukkannya ke kamera. "Saya tahu itu Fadli, dan kasih lihat itu kepada kamera," ucap Ali Ngabalin.

"Ini ada yang mengirim ke kita seperti ini," kata Fadli sambil menunjukkan foto ke hadapan kamera. Dengan suara tinggi, Ali Ngabalin pun menyinggung posisi Fadli Zon sebagai anggota DPR RI. "Fadli, Anda sebagai anggota DPR RI harus tahu," ujar Ali Ngabalin.

"Enggak, ini orangnya mirip gitu loh," kata Fadli. Pada foto yang ditunjukkan Fadli, tampak wajah mirip Ali Ngabalin sedang memegang poster bertuliskan 'Ahok memecah belah NKRI'. "Ini bukan Anda?," tanya Fadli.

"Bukan urusan Anda itu," jawab Ali Ngabalin.

Berita Terkait

Ini Kata Pengamat Politik Langkah Bamsoet Mundur dari Pencalonan Ketua Umum Golkar Dinilai Tepat

Artira Dian

Kemendikbud Pastikan Tidak Ada Kenaikan Uang Kuliah Viral Tagar #MendikbudDicariMahasiswa

Artira Dian

UN 2020 Tetap Sesuai Jadwal dengan Memperhatikan Protokol Kesehatan Terkait Virus Corona

Artira Dian

LENGKAP Kata Mutiara 17 Agustus Kemerdekaan Ke 74 Dari Seluruh Presiden RI: Bung Karno Hingga Jokowi

Artira Dian

Wiku Adisasmito Sebut Prosesnya Belum Sempurna Munculnya Klaster Covid-19 di Sekolah

Artira Dian

Videonya Diunggah Jenderal Petinggi Polri Viral Lucunya Polisi Lupa Lepas Masker saat Minum

Artira Dian

Paskibraka 2020 Berlatih dengan Protokol Kesehatan Ketat Ada Pandemi

Artira Dian

Calon Kepala Daerah Diminta Gerak Cepat Megawati Ingin PDIP Menang Besar di Pilkada

Artira Dian

2 Terdakwa Korupsi Jalan di Jayapura Jalani Sidang Vonis

Artira Dian

Singgung ‘Kibas Rabut’ demi Jabatan Tim Kuasa Hukum Ungkap Kisah Siwi Sidi Jadi Pramugari Garuda

Artira Dian

Pekerjaan yang Berhubungan Dengan Lingkungan Diprediksi Bakal Jadi Tren di Masa Depan

Artira Dian

Puncak Konferda di Aceh, PDIP Tunjuk Mantan Konsultan World Bank Muslahuddin Daud

Artira Dian

Leave a Comment