Internasional

Presiden China Tawarkan Bantuan kepada Kim Jong Un buat Ikut Perangi Covid-19 di Korea Utara

Presiden China Xi Jinping menawarkan bantuan kepada Korea Utara dalam menghadapi virus corona (Covid 19). China melihat ada ancaman membahayakan virus corona di Korea Utara. Xi Jinping menanggapi pesan yang diterimanya dari pemimpin Korea Utara, Kim Jong un.

Media pemerintah China melaporkan, pesan dari Kim Jong un itu adalah ucapan selamat kepada Xi atas keberhasilan Negeri Tirai Bambu itu memerangi Covid 19. Sejauh ini pemerintah Korea Utara mengklaim belum ada satu kasus yang dikonfirmasi virus corona di Negaranya, meskipun para analis menyangsikan hal tersebut. Korea Utara adalah negara pertama yang menangguhkan pariwisata dan menutup perbatasannya sebagai tindakan mengantisipasi penyebaran virus corona, pada minggu ketiga bulan Januari lalu.

Korea Utara memiliki sistem kesehatan yang rapuh, yang oleh para ahli khawatirkan akan cepat kewalahan menghadapi wabah Covid 19. Menanggapi "pesan verbal ucapan terima kasih", Presiden Xi mengatakan ia sangat menghargai dukungan Kim Jong Un selama wabah di China "Presiden Xi menunjukkan perhatian pribadinya terhadap situasi pandemi dan kesehatan masyarakat di Korea Utara," menurut media China.

Presiden Xi menyerukan lebih banyak upaya untuk memperkuat kerjasama dalam mencegah penyebaran virus corona. Bahkan Presiden Xi mengatakan "China bersedia untuk terus memberikan bantuan dalam kapasitasnya sendiri untuk Korea Utara dalam memerangi Covid 19. " Pada Jumat (8/5/2020), pemimpin Korea Utara Kim Jong un mengirim "pesan verbal" kepada Presiden China Xi Jinping, memuji keberhasilan Beijing dalam membendung penyebaran virus corona (Covid 19).

Hal ini dilakukan setelah kemunculan perdana Kim Jong Un, usai dikabarkan sakit parah hingga meninggal dunia. Dalam pesannya itu, Kim Jong Un, "mengucapkan selamat kepada Presiden Xi, karena menang dalam perang melawan epidemi yang belum pernah terjadi sebelumnya," demikian dilaporkan Central News Agency Korea (KCNA), Jumat (8/5/2020). Tidak dijelaskan kapan dan bagaimana 'pesan verbal' itu disampaikan Kim Jong Un kepada pemimpin China.

Tidak dijelaskan pula apakah Kim Jong Un bertemu atau menelepon Presiden Xi untuk mengungkapkan pesan verbalnya itu. Ini menandakan dua kalinya Kim Jong Un telah mengirim pesan kepada Xi berkenaan dengan virus corona tahun ini. Pada akhir Januari lalu, Kim Jong Un menyampaikan dukungannya dan "dana bantuan" untuk perjuangan Beijing melawan virus yang telah menyebar cepat di dunia.

Para ahli melihat pesan terbaru Kim Jong Un ini seperti ingin menegaskan kembali hubungan mereka yang kuat kepada publik. Korea Utara mengklaim bebas dari infeksi virus corona. Korea Utara mengambil sejumlah tindakan pencegahan drastis, seperti menutup perbatasan dengan China dan karantina yang ketat pada pengiriman barang.

Romor Kim Jong Un sakit parah hingga kabar meninggal dunia terjadi setelah ketidakhadirannya pada upacara peringatan ulang tahun kelahiran ke 58 Kim Il Sung pada 15 April. Karena dia tidak pernah melewatkan perjalanannya ke Mausoleum sejak menjabat pada akhir 2011. Beberapa laporan media yang belum terkonfirmasi telah berspekulasi, Kim "dalam bahaya serius " setelah operasi jantung.

Kim Jong Un terakhir terlihat di media negara pada 11 April lalu, saat memimpin sebuah pertemuan Biro politik dari partai buruh yang berkuasa. Saat itu dia menyerukan tindakan ketat terhadap virus corona. Namun Kim Jong Un kembali tampil di depan publik pada 2 Mei lalu dalam pembukaan sebuah pabrik pupuk. (BBC/CNN/AFP/Yonhap)

Berita Terkait

WHO Hentikan Sementara Penggunaan Hidroksiklorokuin buat Covid-19 Masalah Keselamatan Nyawa

Artira Dian

Aksinya Viral Direkam Murid Lain Oknum Guru Tertangkap Basah Masukan Ponsel menuju Bawah Rok Siswinya

Artira Dian

Ulang Tahun Ke 21, Model Sofia Richie Dapat Kado Ultah Mobil Mewah James Bond Dari Sang Kekasih

Artira Dian

Pernah Komentari Kasus Sushant Singh Diduga Bunuh Diri 3 Fakta Kematian Aktor India Sameer Sharma

Artira Dian

Ngaku Lembur Ternyata Nonton dengan Wanita Lain Suami Ketahuan Selingkuh Viral Istri Idap Kanker

Artira Dian

Fauzi Baadila & ACT Ungkap Kondisi Getir Penyintas Konflik Suriah

Artira Dian

6 December 1917 – Finlandia Menyatakan Merdeka dari Rusia Hari Ini dalam Sejarah

Artira Dian

dan Tiga Berita Genting Pekan Ini Militer Armenia Siaga Tinggi Mesir Terima Jet Su-35 dari Rusia

Artira Dian

Seorang Anak di Filipina Positif Terjangkit Virus Misterius Mirip SARS

Artira Dian

Ada Kobaran Api Beredar Video Detik-detik Jatuhnya Pesawat Boeing yang Tewaskan 176 Orang di Iran

Artira Dian

Pakistan Kesulitan Evakuasi 1.000 Warganya dari Wuhan China Beda dengan Indonesia

Artira Dian

Tidak Ada Salam Hidung 3 Larangan di Negara Teluk Akibat Corona

Artira Dian

Leave a Comment