Nasional

PVMBG Sebut Dentuman yang Hebohkan Warga Jabodetabek Bukan Suara Erupsi Gunung Anak Krakatau

Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Kementerian ESDM belum bisa memastikan asal suara dentuman yang terdengar oleh warga di Jabodetabek pada Sabtu (11/4/2020) dini hari. Kepala Bidang Gunung Api PVMBG, Hendra Gunawan mengatakan, suara dentuman yang terdengar berkali kali itu kemungkinan bukan berasal dari letusan Gunung Anak Krakakatau di Selat Sunda. Meski Gunung Anak Krakatau mengalami erupsi sejak Jumat (10/4/2020) malam, namun menurut Hendra letusannya relatif kecil.

"Saya kira bukan (karena Gunung Anak Krakatau). Itu terlalu jauh," kata Hendra dalam wawancaranya di Radio Elshinta, Sabtu (11/4/2020). Hendra menyebut tipikal erupsi Gunung Anak Krakatau saat ini dengan kondisi gas yang relatif sedikit dan lebih bersifat aliran. Erupsi Gunung Anak Krakatau lebih didominasi oleh semburan lava.

Karena itu menurut Hendra agak tidak mungkin kalau suara dentuman yang terdengar oleh sebagian warga Jabodetabek itu berasal dari erupsi Gunung Anak Krakatau. Sementara petugas di Pos Pengamatan Gunung Anak Krakatau di dekat Pantai Carita justru tak mendengar ada suara dentuman. "Secara instrumental tekanannya tidak terlalu besar, sehingga wajar jika tidak terjadi dentuman di pos pengamatan di Pantai Carita. Jadi aneh juga kalau terdengar sampai Depok dan Bogor karena yang dekat saja enggak kedengaran," katanya.

Sebelumnya warga di sekitar Jabodetabek dihebohkan oleh suara dentuman yang terdengar dari kejauhan pada Sabtu (11/4/2020) dini hari. Suara dentuman itu terdengar berkali kali sejak sekitar pukul 02.00 WIB hingga pukul 03.30 WIB. Bahkan ada yang mengaku mendengar suara dentuman itu sejak pukuk 01.00 WIB Suara dentuman itu bahkan membuat pintu dan jendela rumah bergetar.

"Saya dengar dentuman berkali kali, saya kira ada proyek pasang paku bumi di sekitar daerah sini," kata Eko, warga Bojong Gede, Kabupaten Bogor. Ika Desiawati, warga Ciomas Bogor juga mendengar suara serupa. "Suaranya terdengar sampai Bogor," kata dia Tak hanya di Bogor dan Depok, Ikhwan Arief yang tinggal di kawasan Pancoran, Jakarta Selatan juga mendengar suara dentuman tersebut.

"Saya kira tetangga mukul mukul dindiang," ujarnya. Suara dentuman berkali kali itu juga menghebohkan jagat media sosial Twitter. Para pengguna Twitter yang mencuit soal suara dentuman dini hari yang terdengar hingga Depok, Bogor, dan Jakarta Selatan itu.

"Suara apa itu tadi? Sekarang perlahan mulai hilang," tulis artis Deddy Mahendra Desta di akun twitternya. Hingga Sabtu pagi hastag "#Krakatau" dan "#dentuman" memuncaki trending topics di media sosial tersebut.

Berita Terkait

Ini Syaratnya Berikut Cara Daftar Kartu Pra Kerja Gelombang 4 secara Online & Offline

Artira Dian

Ditjen Perhubungan Udara Awasi Ketat Angkutan Jemaah Haji 2019

Artira Dian

Ini Cara & Dokumen yang Diperlukan Calon Jemaah Haji 2020 Bisa Tarik Kembali Setoran Pelunasan

Artira Dian

KPK Setor Uang Denda Mantan Pegawai Anak Usaha Lippo Group menuju Negara

Artira Dian

Pemerintah Disarankan Investasi di Dunia Pendidikan Hadapi Bonus Demografi

Artira Dian

Dipicu Rasa Dendam menuju Suami Kronologi Lengkap Kasus Pembunuhan Balita oleh Ibu Tirinya

Artira Dian

122 Korban Meninggal Dalam Dua Bulan Akibat Bencana BNPB

Artira Dian

Jokowi Malah Naikkan Lagi Iuran BPJS Kesehatan di Tengah Pandemi Belum Lama MA Batalkan Naik

Artira Dian

PSI Usul Gelar Debat Antar Partai Politik Untuk Dongkrak Kepedulian Masyarakat Terhadap Pileg 2019

Artira Dian

Arist Merdeka Sirait Minta Jokowi Tunda Waktu Masuk Sekolah hingga Indonesia Bebas Corona

Artira Dian

Warga yang Butuh Bantuan Diimbau Hubungi Lurah Terdekat Anies Bicara Banjir di Jakarta Hari Ini

Artira Dian

4 Orang Diduga Kuat Positif COVID-19 UPDATE Penanganan Virus Corona

Artira Dian

Leave a Comment