Nasional

Resmi! Inilah Daftar Menteri Baru Beserta Jabatannya Dalam Kabinet Indonesia Maju Jokowi Ma’ruf

Presiden Joko Widodo secara resmi mengumumkan nama nama Menteri kabinet Jokowi Maruf Amin Rabu (23/10/2019), di Istana Negara Jelang pengumuman Menteri kabinet Jokowi Maruf Amin Rabu (23/10/2019), Presiden Joko Widodo memanggil beberapa tokoh ke Istana Negara sejak Senin (21/10/2019) pagi hingga Selasa (22/10/2019). Mereka yang dipanggil ke Istana disebut sebut bakal jadi menteri Jokowi pada masa kabinet jilid 2 Jokowi Ma'ruf.

Beberapa tokoh lainnya yang turut hadir, juga diperkirakan bakal mengisi posisi penting lain di luar kementerian. Sementara, ada juga 7 tokoh yang turut hadir ke Istana, merupakan tim khusus yang dibentuk untuk membantu Presiden menjalankan tugasnya sebelum menteri menteri baru dilantik. Detik detikpengumuman Menteri kabinet Jokowi Maruf Amin Rabu (23/10/2019),Prabowo Subianto sudah hadir sejak pagi hari.

Beberapa tokoh politik sudah hadir di istana negara jelang pengumuman Menteri kabinet Jokowi Maruf Amin, sejak pagi. Termasuk Prabowo Subianto yang juga sudah hadir sejak pagi hari. Berikut nama menteri dan jabatannya :

Prof Dr Mohammad Mahfud MD, SH, SU merupakan politisi, akademisi, dan hakim berkebangsaan Indonesia. Mahfud MD pernah menjabat sebagai Ketua Mahkamah Konstitusi periode 2008 2013 dan Hakim Konstitusi periode 2008 2013. Sebelumnya Mahfud MD adalah anggota DPR dan Menteri Pertahanan pada Kabinet Persatuan Nasional.

Mahfud MD meraih gelar Doktor pada tahun 1993 dari Universitas Gadjah Mada. Sebelum diangkat sebagai Menteri, Mahfud MD adalah pengajar dan Guru Besar Hukum Tata Negara di Universitas Islam Indonesia (UII), Yogyakarta. Luhut Binsar Panjaitan,lahir di Simargala, Huta Namora, Silaen, Toba Samosir, Sumatra Utara, 28 September 1947.

Putra Batak ini merupakan anak ke 1 dari 5 bersaudara pasangan Bonar Pandjaitan dan Siti Frida Naiborhu. Luhut adalah Kakak dari Kartini Pandjaitan. Ia menikah dengan Devi Simatupang dan memiliki 4 anak, yaitu: Paulina, David, Paulus dan Kerri Pandjaitan.

Karier militernya banyak dihabiskan diKopassusTNI AD. Di kalangan militer dikenal sebagai Komandan pertamaDetasemen 81. Berbagai medan tempur dan jabatan penting telah disandangnya.

Komandan Grup 3Kopassus, KomandanPusat Kesenjataan Infanteri(Pussenif), hingga Komandan Pendidikan dan Latihan (Kodiklat) TNI Angkatan Darat. Airlangga Hartarto adalah Menteri Perindustrian Indonesia sekaligus Ketua Umum Partai Golkar yanglahir di Surabaya, 1 Oktober 1962. Lahir dari pasangan Hartarto Sastrosoenarto dan R. Hartini Soekardi.

Meski lahir di Surabaya, namun Airlangga Hartarto meneruskan sekolah di SMA Kolase Kanisius Jakarta. Saat duduk di bangku SMA, Airlangga Hartarto sempat menjadiKetua OSIS. Lulus SMA, Arilangga Hartarto melanjutkan kuliah di Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogykarta mengambil jurusan Teknik Mesin dan selesaipada 1987.

Airlangga Hartarto kemudian melanjutkan pendidikan ke luar negeri mengambilprogram magister di Wharton School University of Pennsylvania, Philadelphia, Amerika Serikat. Terakhir, Airlangga Hartarto kembali menimba ilmu di Melbourne Bussiness Scholl University of Melbourne. Selain menjabat sebagai Ketua OSIS, Airlangga Hartarto juga pernah menjabat sebagai Ketua Umum Senat Mahasiswa Fakultas Teknik UGM.

Prof Dr Pratikno, MSoc, Sc, lahir di Bojonegoro, Jawa Timur, pada 13 Februari 1962. Kini Pratikno menjabat sebagai Menteri Sekretaris Negara. Pratikno merupakan seorang akademisi.

Sebelumnya, Pratikno merupakan Rektor Universitas Gadjah Mada. Ia juga tercatat pernah menjabat sebagai Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Politik UGM. Ia memiliki seorang istri yang bernama Dra. Ec. Siti Faridah.

Dari pernikahan tersebut, Pratikno dikaruniai tiga orang anak. Budi Karya Sumadi menyebutkan Jokowi memintanya melanjutkan jabatan sebagai Menteri Perhubungan di Kabinet Kerja Jilid II, sama seperti sebelumnya. "Presiden memberikan amanah kepada saya. Saya terima kasih atas amanah untuk membuat Indonesia lebih baik dan hebat dan banyak sekali tugas dilakukan."

"Jadi saya ditugaskan untuk melanjutkan tugas saya sebagai Menteri Perhubungan," ungkap Budi usai menemui Jokowi di Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa, sebagaimana dikutip dari Kompas.com . Dalam pertemuan tersebut, Jokowi berpesan pada Budi agar mampu menciptakan konektivitas antar pulau sehingga jalur logistik berfungsi efektif. Juga mampu mengoneksikan jalur pariwisata secara baik.

Tak hanya Prabowo Subianto, politisi Gerindra Edhy Prabowo juga masuk dalam jajaran Kabinet Kerja Jilid II. Namun, Prabowo belum menyebutkan pos menteri yang dimaksud. Pendiri Net TV, Wishnutama, mengaku telah diminta Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk menjadi menteri.

"Bapak (Presiden) menyampaikan, saya diminta bantu beliau," ujar Wishnutama di Istana Kepresidenan, Senin. Dilansir Kompas.com , Wishnutama mengaku siap jika diminta untuk menempati satu pos di Kabinet Kerja Jilid II. Meskipun menjadi menteri bukan cita cita Wishnutama, ia mengaku siap menerima tugas yang diberikan.

"Ya walaupun saya tidak pernah bercita cita menjadi menteri, tapi untuk sebuah kebaikan bangsa kita, saya bersedia," tegas Wishnutama. Pendiri Go Jek Indonesia, Nadiem Makarim, mengaku merasa terhormat karena diminta bergabung ke Kabinet Kerja Jilid II. Iapun mengaku telah menerima penawaran Jokowi masuk dalam jajaran kabinet.

"Saya merasa ini kehormatan saya diminta bergabung ke kabinet dan saya menerima," ucap dia, Senin. Dikutip dari Kompas.com , Nadiem mengatakan hal hal lebih jelas mengenai posisinya merupakan hak prerogatif presiden. Terkait masuknya Nadiem dalam jajaran kabinet, pria kelahiran Singapura ini mengaku dirinya sudah mundur dari Go Jek.

"Pasti di Go jek sudah mundur. Tidak ada posisi dan kewenangan apapun di Gojek," ujarnya. Erick Thohir, terlihat mengenakan kemeja putih saat mendatangi Istana Kepresidenan, Senin. Saat bertemu awak media, Erick mengakui dalam pertemuannya dengan Jokowi, ia diminta untuk masuk Kabinet Kerja Jilid II.

"Masalah posisi seyogyanya Presiden yang umumkan," kata Erick, sebagaimana dikutip dari Kompas.com . Lebih lanjut, Erick memastikan ia akan mundur dari perusahaan Mahaka Grup yang saat ini dipimpinnya. "Karena tak boleh conflict of interest, tentu harus mundur meskipun berat secara pribadi," tegasnya.

Setelah Senin datang ke Istana Kepresidenan, Tito Karnavian mengundurkan diri dari jabatannya sebagai Kapolri pada Selasa. "Kapolri (Tito) menyatakan beliau mengundurkan diri sebagai anggota Polri dan sebagai Kapolri," ungkap Puan Maharani setelah memimpin rapat paripurna di Kompleks Parlemen, Senayan. Puan mengatakan, berhentinya Tito sebagai Kapolri karena akan mengemban tugas negara dan pemerintahan lainnya.

Namun, putri Megawati ini tidak menjelaskan secara rinci mengenai hal tersebut. "Karena tidak boleh jabatan rangkap dan supaya maksimal menjalankan tugasnya (di pemerintahan), kemudian beliau menyampaikan surat terkait penugasan lain kepada kapolri," jelas dia. Mengutip Kompas.com , Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto, datang ke Istana Kepresidenan bersama Edhy Prabowo pada Senin sore.

Setelah bertemu Jokowi, Prabowo mengatakan dirinya diminta membantu pemerintahan di bidang pertahanan. "Saya diminta bantu beliau di bidang pertahanan," kata Prabowo. "Beliau beri beberapa pengarahan, saya akan kerja keras untuk mencapai sasaran dan harapan yang ditentukan," imbuhnya.

Pada Selasa, Sri Mulyani menjadi orang pertama yang datang ke Istana Kepresidenan. Kepada awak media, Sri Mulyani mengatakan ia tetap menjadi Menteri Keuangan pada Kabinet Kerja Jilid II. "Presiden meminta saya menyampaikan ke media, beliau menugaskan saya tetap menjadi menteri keuangan," katanya setelah bertemu Presiden Jokowi di Istana Merdeka, Jakarta, Selasa.

Pejabat lama di Kabinet Kerja Jilid I, Tjahjo Kumolo juga datang menemui Jokowi di Istana Kepresidenan, Selasa. Sebelumnya, Tjahjo sempat ditunjuk Jokowi menjadi Plt Menteri Hukum dan HAM menggantikan Yasonna Laoly yang terpilih menjadi anggota DPR RI di penghujung masa jabatannya. Diketahui, Tjahjo Kumolo menjabat sebagai Menteri Dalam Negeri pada Kabinet Kerja Jilid I.

Setelah bertemu Jokowi pada Selasa, Syahrul Yasin Limpo, mengatakan ia diminta menjadi menteri oleh Jokowi. Syahrul juga mengungkapkan, Jokowi langsung berkomunikasi dengannya tanpa berkoordinasi terlebih dulu dengan Ketua Umum NasDem, Surya Paloh. "Saya kira seperti itu (tidak lewat Surya Paloh) karena mulai dari kemarin tidak ada (komunikasi dengan Surya Paloh)."

"Kami Partai Nasdem tidak membayangi Bapak Presiden. Terserah," terang Ketua DPP NasDem ini, Selasa. "Saya kira pilihan Bapak Presiden, termasuk saya hari ini, merupakan kemampuan yang saya perlihatkan selama ini," imbuhnya. Meski Jokowi tidak berkoordinasi dengan Surya Paloh, Syahrul mengungkapkan Paloh tidak mempermasalahkan hal tersebut dan telah memberinya izin.

Agus Gumiwang Kartasasmita diprediksi kembali menjadi menteri di Kabinet Kerja Jilid II setelah ia datang ke Istana Kepresidenan, Selasa. Sebelumnya, Agus menjabat sebagai Menteri Sosial di Kabinet Kerja Jilid I pada 24 Agustus 2019. Ia menggantikan Idrus Marham yang menjadi tersangka KPK.

Juliari Batubara menjadi politisi PDIP pertama yang dipanggil Jokowi ke Istana Kepresidenan. Mengutip Kompas.com , ia mengaku diminta Jokowi membantu di bidang sosial. "Presiden menyampaikan beberapa poin penting pada pertemuan. Khususnya beberapa program pengentasan kemiskinan juga bagaimana kita bisa menekan angka kemiskinan," tutur Ari, Selasa.

"Juga respons respons lebih cepat dan lebih komprehensif dan antisipatif terhadap kemungkinan bencana alam," tambahnya. Plt Ketua Umum PPP, Suharso Monoarfa, diminta Jokowi membantu di bidang perencanaan pembangunan. "Masih ingat pidato presiden setelah dilantik pada hari Minggu yang lalu kalimat pertama itu mengenai middle income trap."

"Jadi bagaimana Indonesia bisa lepas dari tingkat pendapatan menengah yang rendah ini," katanya setelah bertemu Jokowi, Selasa, seperti mengutip<span></span> . Suharso mengaku diminta menyiapkan road map mengenai hal itu dan mempresentasikannya dalam sidang kabinet perdana. Sama seperti di Kabinet Kerja Jilid I sebelumnya, Basuki Hadimuljono kembali diminta membantu pembangunan infrastruktur.

"Saya dipanggil Presiden. Beliau yang menyampaikan untuk bisa melanjutkan pembangunan infrastruktur," ungkap Basuki di hadapan awak media, Selasa. Meski begitu, belum diketahui apakah Basuki akan tetap menjadi Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat sama seperti sebelumnya. Pejabat lama Kabinet Kerja Jilid I lainnya yang juga datang ke Istana Kepresidenan pada Selasa adalah Bambang Brodjonegoro.

Bambang Brodjonegoro sebelumnya menjabat sebagai Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional. Perempuan kelahiran Mojokerto ini mengaku diminta untuk menjadi menteri di Kabinet Kerja Jilid II. Ida Fauziah mengatakan ia berdiskusi mengenai penciptaan lapangan kerja saat bertemu Jokowi.

"Saya diminta Pak Jokowi bantu beliau," ujarnya, Selasa, seperti dikutip dari Kompas.com . "Ngobrol tentang penciptaan lapangan kerja, tentang implementasi kartu kerja, seputar itu," lanjut dia. Fachrul Razi merupakan seorang Jenderal Purnawirawan TNI.

Dilansir Kompas.com , saat datang ke Istana Kepresidenan, Fachrul mengatakan ia ditelepon Jokowi pada Senin malam untuk menemui orang nomor satu di Indonesia itu. "Saya ditelepon pukul 22.00 WIB semalam diminta datang bertemu Presiden," ujarnya sebelum masuk ke Istana, Selasa. Sama seperti di Kabinet Kerja Jilid I sebelumnya, Siti Nurbaya tetap menjabat sebagai Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

Hal itu disampaikan Siti setelah menemui Jokowi di Istana Kepresidenan, Selasa. "Saya minta izin Bapak, apa boleh saya sebutkan. Oke khusus Bu Siti boleh disebutkan, ada kewajiban penugasan melanjutkan tugas tugas yang belum diselesaikan," jelas Siti, dilansir Kompas.com . Ketua Umum Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) periode 2014 2019, Bahlil Lahadalia, datang ke Istana Kepresidenan pada Selasa.

Pria kelahiran Banda ini digadang gadang akan menjadi satu diantara menteri Jokowi. Sebelumnya, Jokowi sudah menunjukkan sinyal akan membawa masuk Bahlil ke dalam Kabinet Kerja Jilid II dalam acara Silaturahim Nasional dan Buka Puasa Bersama HIPMI, 26 April 2019. Dikutip dari Kompas.com , Jokowi mengatakan agar Hipmi tak perlu kaget jika Bahlil nantinya terpilih menjadi menteri.

Abdul Halim Iskandar merupakan kakak dari Ketua Umum PKB, Muhaimin Iskandar. Mengutip Kompas.com , Halim sebelumnya pernah menjadi Ketua DPRD Provinsi Jawa Timur periode 2014 2019. Saat masih menjabat, Halim pernah diperiksa KPK sebagai saksi dalam kasus dugaan gratifikasi Bupati nonaktif Nganjuk, Taufiqurrahman pada Juli 2018.

Setelah Juliari Batubara, politisi PDIP yang dipanggil ke Istana Kepresidenan pada Selasa adalah Yasonna Laoly. Menjelang akhir jabatannya sebagai Menteri Hukum dan HAM, Yasonna mengundurkan diri karena terpilih sebagai anggota DPR RI. Di Kabinet Kerja Jilid II kali ini, Yasonna kembali menjabat sebagai Menkumham.

"Bapak presiden meminta saya untuk membantu kembali," ujar Yasonna, Selasa, dilansir<span></span> <span></span>yang mengutip tayangan<span></span> Kompas TV . Saat bertemu Jokowi, Yasonna mengatakan ia berdiskusi mengenai Omnibus Law, UU yang dibuat untuk menyasar isu besar yang ada di suatu negara. Mantan Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN), Sofyan Djalil, terlihat mendatangi Istana Kepresidenan pada Selasa.

Sofyan datang di Istana sesaat sebelum mantan Kepala Staf Kepresidenan, Moeldoko, tiba. Saat ditanya awak media, Sofyan terus berjalan sambil sesekali melambaikan tangannya. Moeldoko tiba di Istana Kepresidenan, Selasa, dalam waktu berdekatan dengan Sofyan Djalil, Tjahjo Kumolo, dan Bambang Brodjonegoro.

Kedatangan Moeldoko ini menyusul sejumlah tokoh yang sebelumnya bertemu Jokowi sejak Senin. Sekjen Partai NasDem, Johnny G Plate, tidak menyebutkan secara gamblang posisi apa yang ditawarkan Jokowi padanya di Kabinet Kerja Jilid II. Namun, diduga kuat Johnny akan mengisi posisi Kementerian Komunikasi dan Informatika.

Pasalnya, ia menyebutkan sempat berdiskusi mengenai regulasi yang berhubungan dengan perlindungan data pribadi. "Pengembangan yang berhubungan dengan startup bisnis, unicorn, decacorn dan regulasi yang berhubungan dengan perlindungan data pribadi," terang Johnny, Selasa, seperti dikutip dari<span></span> . Mengenakan kemeja putih, Terawan Agus Putranto, tiba di Istana Kepresidenan pada Selasa sore.

Terawan saat ini diketahui menjabat sebagai Kepala Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat Gatot Soebroto. Mantan Koordinator Staf Khusus Presiden, Teten Masduki, tak memberikan keterangan kepada awak media saat datang ke Istana Kepresidenan pada Selasa sore. Ia tampak mengenakan kemeja putih dan celana hitam.

Selasa petang, politisi PKB, Agus Suparmanto terlihat mendatangi Istana Kepresidenan untuk menemui Jokowi. "Ya nanti ditugaskan oleh Pak Presiden ada unsur bidang ekonomi," ujar Agus kepada awak media, dikutip dari tayangan Berita Utama<span></span> Kompas TV . "Besok aja pengumumannya ya," lanjutnya.

Agus menambahkan ia dan Jokowi berdiskusi mengenai komoditas dalam negeri dan luar negeri. Politisi Partai Golkar, Zainudin Amali, mengatakan dirinya diajak berdiskusi soal kepemudaan dan olahraga oleh Jokowi. "Diskusi kerja kerja kabinet ke depan, pegnembangan sumber daya manusia, serta peningkatan prestasi kita di bidang keolahragaan," kata Amali di Istana Kepresidenan, Selasa, seperti dilansir Kompas.com .

"Jadi kita ini bangsa yang besar, tapi jumlah yang besar ini belum bisa kita manfaatkan semaksimal mungkin untuk pengembangan SDM kita, terutama kreatifitas anak muda kita," imbuhnya. Selain 32 nama tersebut, ada dua tokoh lainnya yang juga diundang ke Istana Kepresidenan, Jakarta untuk menemui Jokowi. Mereka adalah Fadjroel Rachman dan Nico Harjanto,

Namun, keduanya tidak masuk dalam jajan Kabinet Kerja Jilid II. Fadjroel Rachman mengaku dirinya sudah ditunjuk langsung oleh Jokowi menjadi juru bicara presiden. Sementara Nico Harjanto tidak mengungkapkan secara rinci mengenai pertemuannya dengan Jokowi.

Komisaris Utama PT Adhi Karya, Fadjroel Rachman, mengaku sudah ditunjuk menjadi juru bicara Presiden Jokowi. "Sudah (ditandatangani Keppresnya), (sebagai) juru bicara Presiden," kata Fadjroel saat dikonfirmasi, Selasa, seperti dikutip dari<span></span> . Sebelumnya, Fadjroel juga sudah datang menemui Jokowi pada Senin.

Pria kelahiran Banjarmasin ini mengatakan akan membicarakan lebih jauh mengenai tugasnya, apakah harus mundur sebagai Komisaris Utama PT Adhi Karya atau tetap menjabat. "Akan dibicarakan lebih jauh soal tugas yang diberikan, apakah harus mundur atau tetap berada di sana. Belum ada pembicaraan lebih jauh," kata dia, Senin. Staf Khusus Mensesneg, Nico Harjanto, datang ke Istana Kepresidenan bersama Fadjroel Rachman dan Menteri Sekretaris Negara, Pratikno, pada Senin.

Dilansir<span></span> , Nico mengaku kedatangannya ke Istana hanyalah mendampingi Jokowi makan siang. "Kemarin (saya) hanya mendampingi makan siang kok," kata Nico mengklarifikasi kedatangannya ke Istana, Selasa. Pelaksana Tugas Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Suharso Monoarfa juga ikut datang ke Istana, Selasa (22/10/2019) hari ini.

Dalam pertemuannya dengan Jokowi, ia mengaku berbicara tentang ekonomi secara umum, ketenagakerjaan, industri, riset teknologi, inovasi, dan lainnya. Selain itu, ia juga diminta menyusun roadmap perencanaan ekonomi. Suharso juga turut membahas pembentukan badan otoritas pemindahan ibu kota dengan Presiden.

"Besok akan dijelaskan (pos menteri apa)," kata Suharso. Prof. Dr. Muhadjir Effendy MAP lahir di Madiun Jawa Timur, pada 29 Juli 1956. Merupakan Menteri Pendidikan dan KebudayaanKabinet Kerja Jokowi Jusuf Kalla sejak 27 Juli 2016, menggantikan Anies Baswedan.

Muhadjir Effendy merupakan sosok akademisi yang sebelumnyamenjabat sebagai Rektor Universitas Muhammadiyah Malang selama tiga periode, yaitu 2000 2016. Muhadjir Effendy juga merupakan tokoh Muhammadiyah. Retno Lestari Priansari Marsudi lahir di Semarang, pada 27 November 1962,lebih akrab dikenalsebagai Retno Marsudi.

Merupakan Menteri Luar Negeri Indonesia periode 2014 2019 yang menjabat mulai27 Oktober 2014dan tergabung dalam Kabinet Kerja Jokowi JK. Retno Marsudi merupakan perempuan pertama yang menjabat sebagai Menteri Luar Negeri. Arifin Tasrif adalah seorang profesional yang kini menjabat sebagai Duta Besar Republik Indonesia untuk Jepang.

Setelah sempat menduduki jabatan di sejumlah Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Arifin Tasrif diangkat sebagai Duta Besar Republik Indonesia oleh Presiden Joko Widodo pada 13 Maret 2017. Arifin Tasrif yang memiliki darah Minangkabau, lahir di Jakarta, 19 Juni 1953. Ia merupakan alumni Institut Teknologi Bandung dengan Jurusan Teknik Kimia tahun 1972.

Istri mantan Menteri Koperasi dan UKM Puspayoga, yakni I Gusti Ayu Bintang Darmawati, mendatangi Istana Kepresidenan jelang pengumuman dan pelantikan kabinet kerja jilid II oleh Presiden Jokowi, Rabu (23/11/2019) pagi. Dengan mengenakan batik, Gusti datang bersama beberapa para tokoh lain yang sejak Senin kemarin sempat dipanggil Jokowi sebagai calon menteri. Dalam rekam jejaknya, Burhanuddin pernah menjabat sebagai Kepala Kejaksaan Tinggi Sulawesi Selatan.

Pada 2011, ia menggantikan posisi Kamal Sofyan sebagai Jampidum. Burhanuddin memasuki masa purna tugas pada 2014. Jokowi memilih Burhanuddin menjadi Jaksa Agung.

Komjen Pol Ari Dono Sukmanto merupakan lulusan Akpol 1985. Ia dilantik sebagai Wakapolri pada Agustus 2018. Sebelum menjabat sebagai Wakapolri, Ari Dono merupakan Kepala Badan Reserse Kriminal (Bareskrim) Polri. Selama menjabat sebagai Kabareskrim, Ari Dono diketahui pernah menangani sejumlah kasus besar.

Salah satu yang ditangani adalah kasus penistaan agama dengan Gubernur non aktif DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama sebagai tersangka. Pramono Anung Wibowo atau dikenal sebagai Pramono Anung merupakan politisi PDI Perjuangan (PDI P) sejak 1998. Saat ini, Pramono Anung menjabat sebagai Sekretaris Kabinet menggantikan Andi Widjajanto dalamreshufflekabinet.

Pramono Anung lahir di Kediri pada 11 Juni 1963 dari pasangan R Kasbe Prajitna dan Sumarni. Pramono Anung merupakan anak ketiga dari tujuh bersaudara. Masa kecil Pramono Anung dihabiskan di Kediri mulai dari sekolah dasar hingga SMA.

Berita Terkait

Radioaktif di Perumahan Batan Indah Mengenal Cs-137 & Dampaknya

Artira Dian

Maksud di Balik Kode ”Siap Mainkan” Dalam Kasus Suap Harun Masiku-Wahyu Setiawan

Artira Dian

dan Kejagung Minta Tambahan Anggaran 2021 Polri Kemenkumham

Artira Dian

Pakai Pendekatan Keadilan Restoratif Ibu 3 Anak Diadili Karena Curi Sawit Rp 76.500 Politikus PPP

Artira Dian

Penjelasan KSAU Perihal Kronologi Pesawat Tempur Jatuh ‘Pesawat Ada Kelainan Lalu Lost Power’

Artira Dian

Videonya Diunggah Jenderal Petinggi Polri Viral Lucunya Polisi Lupa Lepas Masker saat Minum

Artira Dian

Presenter sampai ‘Turun Tangan’ Ali Ngabalin Didebat Fadli Zon & Haikal Hassan Bahas Ahok

Artira Dian

Pengamat Ini Nilai Pratikno Terlihat Galau Saat Ungkap Tidak Ada Reshuflle Kabinet

Artira Dian

Ma’ruf Amin Ajak Masyarakat Tetap Semangat Jalani Ramadan Selama Pandemi Corona

Artira Dian

PDIP Menang Jika Pemilu Dilaksanakan Hari Ini Hasil Survei Charta Politika

Artira Dian

Info Bmkg Daftar Wilayah Yang Berpotensi Hujan Lebat Disertai Angin Kencang Dan Petir Jumat 19 Juli

Artira Dian

UN 2020 Tetap Sesuai Jadwal dengan Memperhatikan Protokol Kesehatan Terkait Virus Corona

Artira Dian

Leave a Comment