Nasional

Ronggowarsito & Javanologi hingga Noken Papua Live Streaming TVRI Belajar dari Rumah Hari Ini

Jadwal belajar dari rumah melalui live TVRI, Rabu (15/4/2020) akan dimulai pukul 08.00 WIB dengan isian acara mulai Hari pahlawan, Ronggowarsito dan Javanologi hingga Noken Papua. Program "Belajar dari Rumah" lewat tayangan televisi di kanal TVRI ini merupakan kebijakan dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) sebagai alternatif belajar di tengah pandemi virus corona (Covid 19). Meski dalam kondisi darurat di tengah pandemi corona, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Nadiem Makarim ingin masyarakat khususnya para pelajar dapat tetap melakukan kegiatan belajar.

Materi pembelajaran yang disajikan cukup beragam, mulai dari jenjang Pendidikan Anak usia Dini (PUD) hingga Pendidikan Menengah bahkan juga untuk orang tua/guru. "Program Belajar dari Rumah merupakan bentuk upaya Kemendikbud membantu terselenggaranya pendidikan bagi semua kalangan masyarakat di masa darurat Covid 19," ujar Nadiem Makarim pada telekonferensi Peluncuran Program Belajar dari Rumah di Jakarta, pada Kamis (9/4/2020). "Untuk sementara, program ini direncanakan akan dimulai pada Senin, 13 April 2020 dan akan berjalan selama tiga bulan hingga Juli 2020," kata Mendikbud seperti dikutip situs Kemendikbud.

Materi program ini diambil dari berbagai sumber dan sebagian besar meteri sudah diproduksi Kemendikbud melalui Televisi Edukasi (TVE). Masing masing jenjang pendidikan akan diberikan waktu 30 menit dalam siaran TVRI tersebut mulai dari hari Senin hingga Jumat. Sementara untuk hari sabtu dan minggu, akan disiarkan program kebudayaan dengan durasi tiga jam khusus untuk acara antara lain gelar wicara (talkshow), podcast, kesenian dan magazine tentang perkembangan budaya di Indonesia.

Sedangkan pada malam hari akan ditayangkan film Indonesia pilihan dari berbagai genre seperti film anak, drama, dan dokumenter. Kemendikbud mengumumkan adanya perubahan jadwal terkait program belajar dari rumah yang sebelumnyaada jedatiap satu jam kini menjadi mulai 08.00 11.00 WIB untuk hari senin jumat. Untuk hari Rabu (15/4/2020), akan dimulai dengan acara Jalan Sesama untuk siswa PAUD dan sederajat yang dimulai pukul 08.00 08.30 WIB.

Setelah itu, dilanjut dengan acaraSahabat Pelangi yang akan membahas mengenai Hari Pahlawan. Materi ini ditujukan untuk siswa SD kelas 1 3 dan sederajat yang akan dimulai pukul 08.30 09.00 WIB. Berikutnya, disambung acaraDongeng Kita untuk kelas 4 6 siswa SD dan sederajat yang akan membahas mengenaiCerita Rakyat dan Lagu Daerahmulai pukul 09.00 09.30 WIB.

Untuk Materi Siswa SMP dan sederajat, akan dimulai pukul 09.30 10.00 WIB yang akan mengulas tentangRonggowarsito dan Javanologi. Sedangkan untuk siswa SMA/SMK dan sederajat, akan dimulai pukul 10.00 10.30 WIB dengan materi pembahasan mengenaiNoken Papua Pukul 10.30 11.00 WIB, akan diisi dengan materi untuk segmen orangtua/guru dengan acara Keluarga Indonesia yang akan membahas mengenaiTahap Perkembangan Anak

Sementara untuk malam harinya, pada pukul 21.30 22.30 WIB akan ditayangkan film nasional dengan judul Nyai. Jalan Sesama Sahabat Pelangi: Hari Pahlawan

Dongeng Kita : Cerita Rakyat dan Lagu Daerah Ronggowarsito dan Javanologi Noken Papua

Keluarga Indonesia:Tahap Perkembangan Anak Nyai

Berita Terkait

Kami Ingin Pastikan Pemilik Negara Ini Rakyatnya Sendiri Bukan Elit Politik Seruan Mahasiswa

Artira Dian

KPK Usut Kasus Nurhadi dari Unsur Pengacara & Notaris

Artira Dian

Penyidik KPK Periksa 2 Saksi Kasus Suap & Gratifikasi di Mahkamah Agung

Artira Dian

Pasti Gak Tahu! Haris Azhar Beberkan Keganjilan Tersangka Kasus Novel Hermawan Sulistyo Ungkap Ini

Artira Dian

UN 2020 Tetap Sesuai Jadwal dengan Memperhatikan Protokol Kesehatan Terkait Virus Corona

Artira Dian

Waspada 17 Wilayah Berpotensi Hujan Petir Peringatan Dini BMKG Cuaca Ekstrem Selasa 26 Mei 2020

Artira Dian

BMKG Beri Peringatan Dini Hujan Petir & Angin Kencang Terjadi di 13 Provinsi di Indonesia

Artira Dian

Pelaku Penghinaan Terhadap Kapolda Papua Terpaksa Ditembak Melawan Saat Hendak Ditangkap

Artira Dian

Ma’ruf Amin Ajak Masyarakat Tetap Semangat Jalani Ramadan Selama Pandemi Corona

Artira Dian

Kadiv Hukum Polri Dinilai Tepat Berikan Bantuan Hukum buat Terdakwa Penyiraman Air Keras

Artira Dian

‘Kami Ada Karena Kebutuhan’ Demo Ojol Di Depan Gedung DPR RI

Artira Dian

Radioaktif di Perumahan Batan Indah Mengenal Cs-137 & Dampaknya

Artira Dian

Leave a Comment