Nasional

Staf Pratikno Dinas di Luar Kantor Seminggu Sebelum Dinyatakan Positif Covid-19

Pihak Kementerian Sekretariat Negara menjelaskan mengenai kabar salah seorang staf Menteri Sekretaris Negara Pratikno, yang dinyatakan positif Covid 19. Asisten Deputi Hubungan Masyarakat Kementerian Sekretariat Negara Eddy Cahyono Sugiarto mengatakan Staf Mensesneg bernama Widya Prihayita Pudjibudojo. Staf Khusus Menteri Sekretaris Negara Bidang Transformasi Kelembagaan dan Sumber Daya Manusia tersebut terkonfirmasi positif Covid 19 pada tanggal 16 Agustus 2020.

"Kurang lebih 1 (satu) minggu sebelum terkonfirmasi positif Covid 19 , yang bersangkutan beraktivitas di luar kantor Kementerian Sekretariat Negara karena masuk dalam kelompok pelaksanaan kedinasan jarak jauh (remote working)," katanya dikutip dari siaran pers Kemensetneg, Rabu, (19/8/20020). Dengan temuan tersebut Kementerian Sekretariat Negara telah melakukan tes PCR/Swab kepada 56 pegawai yang sering berinteraksi dengan Widya Prihayita. Hasilnya, seluruh pegawai yang melakukan kontak dengan Widya tersebut dinyatakan negatif.

Selain itu untuk mencegah penyebaran Covid 19 lingkungan Kementerian Sekretanat Negara, khususnya di ruang kerja Menteri Sekretaris Negara, telah dilakukan sterilisasi dengan melakukan penyemprotan cairan disinfektan serta menggunakan sinar ultraviolet terhadap berkas berkas yang akan maju ke Menteri Sekretaris Negara. "Disamping mengoptimalkan Sistem Persuratan dan Disposisi Eletronik Open (SPDE Open)," katanya. Sebagai upaya menekan penyebaran Covid 19 dan memutus mata rantainya. Kementerian Sekretariat Negara telah membentuk Satgas Penanganan Covid 19 sejak tanggal 24 Maret 2020 melalui Keputusan Menteri Sekretaris Negara Republik Indonesia Nomor 101 Tahun 2020 tentang Pembentukan Satuan Tugas Penanganan Corona Virus Disease (Covid 19) di Lingkungan Kementerian Sekretariat Negara.

"Yang secara garis besar bertugas untuk melaksanakan program program kerja terkait penanganan Covud 19 di lingkungan Kementerian Sekretariat Negara," katanya. Kementerian Sekretariat Negara juga telah menerapkan protokoI kesehatan secara ketat diantaranya melakukan penyesuaian sistem kerja dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan, berupa pembagian jadwal kedinasan melalui pelaksanaan kedinasan dI kantor (work from office), jarak jauh (remote working), di rumah (work from home) atau secara bergiliran (Shift working). "Di samping itu juga dilakukan sterilisasi secara rutin dengan melakukan penyemprotan cairan disinfektan serta menggunakan sinar ultraviolet di setiap ruang kerja, ruang pertemuan, maupun ruang kegiatan Iainnya di seluruh Gedung Kementerian Sekretariat Negara," tuturnya.

Tidak hanya itu, pengecekan kesehatan melalui rapid test dan pengecekan suhu tubuh melalaui thermo scanner kepada pegawai juga dilakukan, serta mewajibkan kepada seluruh pegawai untuk menerapkan 3M (menggunakan masker menjaga jarak. dan menghindari kerumunan) secara ketat dengan sanksi yang tegas.

Berita Terkait

Andi Arief Unggah Bukti Hasil Laboratorium RSKO Yang Nyatakan Hasil Tes Urine Nya Negatif

Artira Dian

Gelombang Setinggi 6 M di Sejumlah Perairan Indonesia Peringatan Cuaca Ekstrem buat Selasa 26 Mei

Artira Dian

Bagaimana Mengenali Gejala-Gejala Terjangkit Virus Corona

Artira Dian

TVRI SD Kelas 4-6 Jawaban Soal Paru-paru Siapa yang Dapat Menampung Udara Paling Banyak

Artira Dian

IPW Duga Ada Pihak Tertentu yang Hendak Lindungi Ari Askhara Cs dari Kasus Hukum

Artira Dian

Lokasi hingga Aturan Pemantauan Hilal Ramadan 1441 H Sidang Isbat

Artira Dian

Evi Novida Ginting Manik Kecewa Tak Diberi Kesempatan Membela Diri Dalam Sidang DKPP

Artira Dian

tapi RDP Djoko Tjandra Ditolak Formappi Pertanyakan DPR Bahas RUU Cipta Kerja Saat Reses

Artira Dian

PKS Nilai Pemerintah Tidak Cukup Hanya Menunda Pembahasan RUU HIP

Artira Dian

Hujan Lebat Disertai Angin Kencang di Jabar BMKG Beri Peringatan Dini Cuaca Besok 1 April 2020

Artira Dian

Pelaku Penghinaan Terhadap Kapolda Papua Terpaksa Ditembak Melawan Saat Hendak Ditangkap

Artira Dian

Ketika Sandiaga Bicara Soal Pentingnya Peran Perempuan & Milenial dalam Perekonomian Bangsa

Artira Dian

Leave a Comment