Kesehatan

Tak Ada Sekat Antara Tempat Tidur & Kamar Mandi Viral di Twitter Foto Kamar Kos Tak Biasa

Sebuah foto yang menunjukkan kamar kos kosan yang tidak biasa menjadi viral di media sosial. Dua gambar yang dibagikan akun Twitter @bensiagian pada Rabu (15/7/2020) ini ramai diperbincangkan. Pasalnya, terlihat sebuah kamar kos dengan tempat tidur yang menyatu dengan kamar mandinya.

Gambar tersebut menjadi perhatian warganet sebab tampak sebuah kamar mandi berada di satu ruangan yang sama dengan kamar tidur. Tak seperti kamar mandi biasanya, potret tersebut justru menunjukkan letak kamar mandi berada di samping persis tempat tidur. Padahal biasanya kamar mandi selalu berada di ruangan yang berbeda meski berada di dalam kamar kos kosan.

Namun, dalam kamar tersebut, ruang mandi hanya dibatasidengan pintu kaca saja. Sementara untuk toilet duduk, terletak persis di depan kasur dan hanya dibatasi dengan tirai yang mudah dibuka tutup. "Kosan ini sih bukan kamar mandi dalem, tapi dalem kamar mandi," tulis akun tersebut dalam postingan pada Rabu (15/7/2020).

Alhasil potret kamar mandi tak biasa alias aneh ini langsung menjadi perhatian warganet. Tak sedikit dari mereka yang memberi komentar takjub sekaligus heran dengan kamar tersebut. Terlebih khawatir mengenai kesehatan dari seseorang yang menempati kamarnya.

Hingga Sabtu (18/7/2020), unggahan tersebut mendapat 8 ribu kali retweet dan disukai 19 ribu warganet di jagat Twitter. Lantas bagaimana tanggapan praktisi kesehatan mengenai viralnya kamar tersebut? Dokter Umum RSUD Pandan Arang, Boyolali, Jawa Tengah, dr M Fiarry Fikaris memberikan tanggapannya.

Menurut dr Fiarry, kamar tersebut memiliki kecenderungan berbahaya. Sebab, kamar mandi merupakan salah satu area yang paling kotor di dalam rumah. "Secara teoritis memang berbahaya."

"Karena area kamar mandi dipakai untuk membersihkan diri." Adapun yang membuat bahaya, risiko kotoran dalam di kamar mandi, bisa terhirup melalui saluran napas. "Kalau digabung dengan kamar tidur, risiko kotoran tadi bisa terhirup lewat saluran napas."

"Jika kotorannya mengandung kuman, bisa menginfeksi manusia via saluran napas," ungkap dr Fiarry. Oleh karena itu, ia menyarankan agar kamar mandi dan kamar tidur diberi sebuah sekat. Minimal berupa pintu, untuk mengurangi paparan kuman.

Lalu adakah penyakit yang bisa menyertai bila terus menerus menggunakan kamar tersebut? Dr Fiarry menjelaskan, penyakit yang bisa mengenai seseorang itu bisa mengarah pada infeksi pernafasan maupun pencernaa. "Karena lingkungan yang terlalu lembab dan kurang bersih," pungkasnya.

Berita Terkait

Jangan Duduk Terlalu Lama 4 Kebiasaan Sepele Ini Ternyata Ancam Kesehatan Jantung

Artira Dian

Tes HIV Cenderung Diskriminatif. Perempuan Pihak yang Sering Dirugikan

Artira Dian

Kafein Bisa Buat Usus Besar Alami Kontraksi 4 Alasan Perut Mulas Setelah Minum Kopi

Artira Dian

Kebiasaan Minum Dua Cangkir Kopi Setiap Hari Bermanfaat Cegah Kanker hingga Mempercepat Kinerja Otak

Artira Dian

Ini Posisi yang Pas Saat Pompa & Menyusui Supaya ASI Keluar Banyak

Artira Dian

Waspada Kolesterol Naik Akibat Hidangan Lebaran, ini 10 Makanan untuk Menurunkan Kolesterolmu

Artira Dian

Cegah Penyakit Kronis hingga Tingkatkan Kesehatan Jantung 8 Manfaat Telur Puyuh

Artira Dian

Kompres Kelopak Mata Jelang Tidur Bantu Atasi Mata Kering

Artira Dian

Kesalahan Informasi tentang Vape Hambat Penyelesaian Masalah Rokok

Artira Dian

Asosiasi Klinik Cabang Indramayu Sosialisasi Perijinan OSS Pendirian Klinik Metode Online

Artira Dian

Ketahui Dampak Kesehatan Serius dari Aktivitas Seks Anal

Artira Dian

Cara Menurunkan Berat Badan Secara Alami & Aman Tanpa Timbulkan Penyakit

Artira Dian

Leave a Comment