Kesehatan

Tak Ada Sekat Antara Tempat Tidur & Kamar Mandi Viral di Twitter Foto Kamar Kos Tak Biasa

Sebuah foto yang menunjukkan kamar kos kosan yang tidak biasa menjadi viral di media sosial. Dua gambar yang dibagikan akun Twitter @bensiagian pada Rabu (15/7/2020) ini ramai diperbincangkan. Pasalnya, terlihat sebuah kamar kos dengan tempat tidur yang menyatu dengan kamar mandinya.

Gambar tersebut menjadi perhatian warganet sebab tampak sebuah kamar mandi berada di satu ruangan yang sama dengan kamar tidur. Tak seperti kamar mandi biasanya, potret tersebut justru menunjukkan letak kamar mandi berada di samping persis tempat tidur. Padahal biasanya kamar mandi selalu berada di ruangan yang berbeda meski berada di dalam kamar kos kosan.

Namun, dalam kamar tersebut, ruang mandi hanya dibatasidengan pintu kaca saja. Sementara untuk toilet duduk, terletak persis di depan kasur dan hanya dibatasi dengan tirai yang mudah dibuka tutup. "Kosan ini sih bukan kamar mandi dalem, tapi dalem kamar mandi," tulis akun tersebut dalam postingan pada Rabu (15/7/2020).

Alhasil potret kamar mandi tak biasa alias aneh ini langsung menjadi perhatian warganet. Tak sedikit dari mereka yang memberi komentar takjub sekaligus heran dengan kamar tersebut. Terlebih khawatir mengenai kesehatan dari seseorang yang menempati kamarnya.

Hingga Sabtu (18/7/2020), unggahan tersebut mendapat 8 ribu kali retweet dan disukai 19 ribu warganet di jagat Twitter. Lantas bagaimana tanggapan praktisi kesehatan mengenai viralnya kamar tersebut? Dokter Umum RSUD Pandan Arang, Boyolali, Jawa Tengah, dr M Fiarry Fikaris memberikan tanggapannya.

Menurut dr Fiarry, kamar tersebut memiliki kecenderungan berbahaya. Sebab, kamar mandi merupakan salah satu area yang paling kotor di dalam rumah. "Secara teoritis memang berbahaya."

"Karena area kamar mandi dipakai untuk membersihkan diri." Adapun yang membuat bahaya, risiko kotoran dalam di kamar mandi, bisa terhirup melalui saluran napas. "Kalau digabung dengan kamar tidur, risiko kotoran tadi bisa terhirup lewat saluran napas."

"Jika kotorannya mengandung kuman, bisa menginfeksi manusia via saluran napas," ungkap dr Fiarry. Oleh karena itu, ia menyarankan agar kamar mandi dan kamar tidur diberi sebuah sekat. Minimal berupa pintu, untuk mengurangi paparan kuman.

Lalu adakah penyakit yang bisa menyertai bila terus menerus menggunakan kamar tersebut? Dr Fiarry menjelaskan, penyakit yang bisa mengenai seseorang itu bisa mengarah pada infeksi pernafasan maupun pencernaa. "Karena lingkungan yang terlalu lembab dan kurang bersih," pungkasnya.

Berita Terkait

Ini yang Terjadi Pada Otaknya Tidur 8 Bulan Tak Pernah Bangun Kisah Allanna Wong si Sleeping Beauty

Artira Dian

Ini Cara Berhenti Merokok buat Jaga Kesehatan & Pengeluaran Harga Rokok 2020 Diprediksi Naik

Artira Dian

Asal . . . Nasi Putih Tak Selalu Bikin Cepat Gendut

Artira Dian

Informasi Kandungan Gizi serta Manfaat Mengonsumsi Kentang Ungu Tips Kesehatan

Artira Dian

Coba Celupkan Jari menuju Air 6 Uji Kesehatan Sederhana buat Cari Tahu Kondisi Tubuhmu

Artira Dian

Termasuk dr Naek L Tobing 25 Dokter di Indonesia Meninggal karena Terpapar Covid-19

Artira Dian

Perokok Aktif dan Perokok Pasif Memiliki Tingkat Risiko Kena Kanker yang Sama

Artira Dian

Jauhkan Si Kecil dari Virus Penyakit dengan Tips Jitu Ini!

Artira Dian

Luka Bakar Tingkat Lanjut Berawal dari Luka Bakar Ringan yang Disepelekan

Artira Dian

Psikolog Jelaskan Penyebab Banyak Artis Jadi Pemakai & Pecandu Narkoba

Artira Dian

Cara Pakai Masker yang betul buat Cegah Virus Corona

Artira Dian

Budaya Minum Teh di Mesir Dorong Peningkatan Ekspor Indonesia

Artira Dian

Leave a Comment