Travel

Taman Kekaisaran Jepang Saatnya Menikmati Keindahan Kokyo Gaien

Taman kekaisaran biasanya tidak dibuka untuk umum karena resmi milik pribadi Kaisar Jepang. Namun ada empat waktu dimana taman kekaisaran dibuka terbatas untuk umum dan salah satunya antara tanggal 1 November sampai dengan akhir Februari 2020 dari jam 9 pagi hingga jam 15.30. Mengapa Kokyo Gaien (taman kekaisaran) dibuka untuk umum sejak 1949?

Karena biaya perawatannya menggunakan uang pajak negara yang diperoleh dari masyarakat, sehingga dianggap masyarakat berhak merasakan dan menikmati uang yang dikeluarkan dari kantongnya. Saat ini, musim gugur dan musim dingin, terutama awal akhir November dan awal Desember ini sangat tepat mengunjungi taman kekaisaran terutama East Garden. Selain ada pameran Daijokyu juga bisa melihat berbagai taman dengan pepohonan dirawat sangat indah serta beraneka warna mulai hijau, kuning dan merah.

Satu lokasi menarik tidak jauh dari gedung Kunaicho (Badan Kekaisaran Jepang) adalah adanya pohon Sakura yang sedang mekar dan di sampingnya adalah pohon momiji (maple) yang sedang berwarna kuning, berubah warna dari hijau ke merah. Dua pohon berdampingan tersebut sangat langka ditemui di Jepang. Sakura sedang mekar dan koyo (perubahan warna musim gugur) pada pohon momiji.

Tak hanya berbagai taman yang ada di dalam wilayah kekaisaran Jepang, tetapi ada beberapa pos penjagaan polisi khusus dengan bentuk bangunan lain ala kekaisaran khusus tidak ada di tempat umum. Di dalam lokasi taman kekaisaran dengan luas sekitar 1,15 km2, kita bisa lihat 32 lokasi khusus di antaranya 10 taman menarik. Mulai dengan Wild Grass Island, satu lokasi pemandangan luas dengan rumput khusus yang sangat indah dan tentu saja dipelihara dengan sangat baik.

Tak heran biaya perawatan taman kekaisaran miliaran yen per tahun. Kemudian Honmaru O shibafu yang juga lokasi luas yang kini dipakai dan dibangun Daijokyo, tanggal 9 Desember sudah dihancurkan dan diratakan lagi dengan tanah. Kemudian taman mawar (Rose Garden) yang seluruhnya berisi pohon mawar indah terutama di musim panas.

Satu tempat yang sangat direkomendasi dilihat saat musim panas di Jepang sekitar Juli Agustus. Lalu taman bambu (Bamboo Garden), di mana ada 13 jenis bambu di tanam dibesarkan di sana. Ada yang berasal dari China dan ada pula asli dari Jepang. Taman Sakura (Cherry Blossoms Islands) yang sangat indah saat bunga Sakura berkemaran semua sekitar akhir Maret sampai dengan awal April.

Bairin Zaka di mana pohon plum lebih dari 50 pohon ditanam dalam satu kelompok di taman tersebut. Belukar Ninomaru (Ninomaru Grove) dan taman Ninomaru, satu taman yang dibuat seperti hutan yang dibuat untuk menghormati Kobori Enshu. Saat ini indah dilihat saat musim gugur karena warna daun berubah mulai hijau, kuning, merah. Iris Garden atau Taman Iris yang terdiri dari 84 jenis Iris yang juga bisa kita lihat di Meiji Jingu (belakang Stasiun JR Harajuku).

Daerah Suwanochaya, tempat minum teh tradisional Jepang yang dikelilingi oleh taman sangat indah di sekitarnya. Tentu saja ada bonsai dan berbagai pohon dirawat dengan sangat baik sepanjang tahun. Berkunjung ke taman kekaisaran ada tiga pintu masuk, kalau tak ada acara Daijokyu ini (berakhir 8 Desember 2019), yaitu masuk ke luar gratis bisa dari pintu Ote mon (kini tak bisa karena ada acara Daijokyu), pintu Hirakawa mon (kini tak bisa karena ada acara Daijokyu, dari dari pintu masuk Kitahanebashi mon (kini tak bisa karena ada acara Daijokyu). Satu lagi khusus untuk melihat Daijokyu hanya bisa masuk lewat pintu Sakashita mon.

Paling baik naik kereta api turun di Stasiun Tokyo atau di stasiun bawah tanah Nijumashimae. Jalan sedikit sekitar 10 menit, sampailah ke pintu gerbang tersebut. Bagi para penggemar Jepang dapat berkumpul berdiskusi lewat WAG Pecinta Jepang, silakan kirimkan nomor whatsapp email ke: [email protected]

Berita Terkait

8 Tempat Wisata Hits di Karanganyar yang Bisa Dikunjungi saat Libur Lebaran

Artira Dian

7 Potret Menteri Pariwisata & Ekonomi Kreatif Wishnutama saat Traveling Bersama Gista Putri

Artira Dian

Punya Pahlawan Wanita Terbanyak hingga Wanita dengan Mahar Terbesar 8 Fakta Unik Aceh

Artira Dian

Wisatawan wajib Patuhi Protokol Kesehatan Taman Safari Prigen Buka Kembali

Artira Dian

Macau Tower Arena Melompat Tertinggi di Dunia Serta Rasakan Keseruan Memakai Pakaian Cina

Artira Dian

Potret 8 Hotel Unik yang Buat Tamu Lebih Betah di Kamar daripada Jalan-jalan

Artira Dian

Ada yang Bawa Ratusan Elang buat Migrasi 10 Kejadian Unik di Bandara

Artira Dian

tapi Biasa Dilakukan di Negara Lain 6 Kebiasaan Makan yang Dianggap Tidak Sopan di Indonesia

Artira Dian

6 Kuliner Legendaris khas Lombok yang Cocok jadi Menu Makan Siang

Artira Dian

5 Pusat Perbelanjaan Favorit Wisatawan di Taipei, Taiwan

Artira Dian

Manfaat Kesehatan Berjalan Tanpa Alas Kaki, Termasuk Memperlambat Penuaan Kulit

Artira Dian

Pemakaman Paling Unik di Dunia Mengenal Merry Cemetery

Artira Dian

Leave a Comment