Nasional

Tantang Erick Thohir buat Lakukan Ini Rocky Gerung Sebut BUMN Sudah Bangkrut

Sebagai pengamat politik, Rocky Gerung tentu saja selalu memantau perkembangan politik di Indonesia. Salah satunya, Rocky Gerung menanggapi beberapa kasus yang terjadi di Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Sepekan ini, publik memang dihebohkan dengan kasus Dirut Garuda Indonesia, Ari Askhara.

Selain itu juga ada stok beras bulog yang melimpah. Menurut Rocky Gerung, beberapa gebrakan yang dilakukan Menteri BUMN, Erick Thohir ini adalah langkah untuk membongkar bobrok dari BUMN. Hal itu ia sampaikan melalui tayangan YouTube Rocky Gerung Official.

"Ini memang BUMN udah lama diendapkan di bawah karpet merah. Sekarang menterinya punya semacam inisiatif untuk mengangkat karpet itu maka mulai kelihatan tuh di bawahnya ada kecoak. Ada sarang ular mungkin bahkan disembunyikan di bawah.

Tapi itu bagus dalam upaya untuk membuat perusahaan negara itu terbuka dari untuk analisa publik," jelas Rocky Gerung dilansir dari Youtube Rocky Gerung Official Kamis (12/12/2019). Kemudian, Rocky Gerung juga mengatakan jika BUMN memang harus dibersihkan lebih dahulu. "Kita tahu bahwa kebutuhan APBN kita diandalkan justru pada kemampuan BUMN untuk generate income.

Jadi mustinya memang musti bersih dulu. Kalau nggak kayak mesin mobil itu panasnya itu justru menghambat gerak mobil, jadi overhaul BUMN ini. Tapi musti juga diikuti dengan kejelasan problemnya," kata Rocky Gerung lagi.

Misalnya soal beras bulog yang berlebihan, menurutRockyGerung, harus dilihat dulu konteksnya. "Seingat saya bulog itu kelebihan beras impor yang musti disimpan di situ justru dalam periode kampanye kemarin. Jadi aneh memang kalau petani punya stok, bulog punya stok, tapi justru impor, berarti impor itu dimaksudkan untuk mencegah kemungkinan ada krisis di saat presiden Jokowi ingin pemilihan kedua maka diimporlah habis habisan," tuturRockyGerung.

BahkanRockyGerungmengatakan bahwa kita tahu bahwa setiap butir beras yang diimpor itu pasti ada transaksi politiknya, mau 1 persen 1 kg, dan sebagainya. Untuk itu, maka menurutnya, permasalahan ini harus dibuka sebenarnya, bukan sekedar menghebohkan beras yang membusuk dan harus dibuang. "Memang itu satu soal, tapi di belakang itu analisa politik ekonomi apa yang menyebabkan beras itu tidak bisa didistribusikan oleh bulog misalnya.

Sehingga bulog potensi berhutang Rp 50 T, jadi saya ingin dorong supaya menteriBUMNini juga membuka apa sebetulnya selain ini efisiensi birokrasiBUMNkita udah tahu semua, tapi infrastruktur politik yang mengendalikan itu yang musti dibongkar dan itu bisa melibatkan menteri menteri di kabinet sebelumnya yang adalah juga tokoh tokoh partai politik," tuturRockyGerung. "Jadi musti fair, publik ingin lihat bersih sekaligus tunjukkan kenapa di bawah karpet merahBUMNada tukar tambah politik. Nah menteri musti mampu untuk kasih sinyal bahwa dia mau bongkar sejauh itu, artinya korupsiBUMNyang basisnya politik juga musti dibongkar sekaligus," tambahRockyGerung. Ia pun membenarkan kalau kasus ini seperti fenomena gunung es yang hanya kelihatan ujungnya saja.

KemudianRockyGerungpun menantangErickThohiruntuk membersihkan semua persoalan diBUMN. "Ya itu hanya iceberg nya aja di ujungnya aja kelihatan, di bawahnya itu ada permainan tukar tambah politik, jadi jangan juga nipu publik dengan sekedar membersihkan karpetnya, nanti cuma karpet yang dibersihkan tapi yang disembunyikan di bawah karpet yaitu tukar tambah politik tidak mau diangkat. Harus sampai di situ menteri, baru itu dianggap tindakan radikal menteriBUMN," jelasRockyGerung. Lalu ia pun menjelaskan bahwa direksiBUMNpasti ditunjuk untuk tugas politik tertentu.

"Sama juga komisaris ada pesan bahwa jangan terlalu keras ya, kalau RUPS jangan terlalu strigh bongkar laporan keuangan karena ini tahun pemilu, izinkanBUMNuntuk mengkampanyekan program pemerintah, kan itu diem diem dilakukan, nah itu musti dibongkar sekarang, kenapa beberapaBUMNbangkrut bukan sekedar miss management, tapi disuruh cari uang politik," kataRockyGerung. Ia pun mengatakan kalau masalah ini tak bisa semata mata atas kesalah direksi saja, melainkan ada politik di dalamnya. "Gak bisa, direksi itu proksi aja, diajukan di situ, jadi memang secara audit keuangan misalnya direksi bertanggung jawab. Tapi kita musti tahu politik Indonesia di belakang audit keuangan musti ada audit, bahkan audit partai karena sangat masuk akal uang itu mengalir ke parpol," tandasnya.

Ia pun mengaku tak bisa berharap banyak kepada BUMN karena sebetulnya sudah bangkrut. "Iya yaBUMNsemua kan sebetulnya di atas kertas sudah bangkrut, separuh mungkin sudah bangkrut, saya baca di koran bahkan beberapaBUMNyang potensial bangkrut itu menteri keuangan baru tahu, waah adaBUMNyang bernama itu, dia sendiri nggak punya data yang cukup dan fenomenaBUMNini juga akan mempengaruhi publik dunia," jelasRockyGerung. Untuk itu menurutRockyGerung, harus ada audit radikal yang dilakukan kepadaBUMN.

NahBUMNbisa terjerat justru oleh variabel variabel politik yang menghalangi audit yang betul betul radikal, jadi bukan sekedar audit eksternal, karena audit internal pasti akan ditolak oleh publik,BUMNmengaudit diri sendiri nggak bisa, musti ada audit eksternal, tapi juga audit eksternal yang sifatnya radikal bukan sekedar eksternal, buat bongkar akar politik dari kerusakanBUMN," tegasnya. Lima hari lalu PerumBulogmenyampaikan, 20.000 ton beras yang mengalami penurunan mutuakan tetap dijual melalui lelang terbuka. Penurunan mutu ini disebabkan karena beras terlalu lama disimpan di gudang.

"Jadi ini yang tadinya harganya Rp 8.000, kami jual jadi Rp 5.000," kata Direktur UtamaBulogBudi Waseso di Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (4/12/2019). Diberitakan sebelumnya, harga jual masih bisa turun lagi jika memang beras sudah dinyatakan tidak layak konsumsi. Lantas bagaimana sebenarnya beras dapat dikategorikan menjadi beras busuk atau kurang mutu?

Menjawab hal itu, Kompas.com menghubungi Dosen Teknologi Pertanian Uneversitas Gadjah Mada (UGM), Dian Anggraini STP MP, Sabtu (7/12/2019). Menurut Dian, ada banyak tanda atau ciri beras yang dapat dikategorikan menjadi beras busuk. "Ciri cirinya adalah kadar air tinggi, bau apek, sudah ditumbuhi jamur, warna sudah tidak putih," kata dia.

Beras membusuk kategori yang lain, sudah ditumbuhi kutu atau serangga," imbuhnya. Mengenai berapa lama proses beras bisa membusuk, kata Anggraini, semua tergantung kondisi penyimpanan beras tersebut. "Kelembapan, suhu lingkungan ruang penyimpanan, cara mengemas, cara meletakkan barangnya. Jadi banyak faktor yang harus dikendalikan supaya beras tidak mudah busuk," jelasnya.

Terkait pembuangan beras impor yang dilakukan PerumBulogtersebut, dituturkan Anggraini bahwa kalau beras belum lama datangnya sudah busuk berarti memang awal masuk beras tersebut mungkin sudah tidak layak. "Meskipun awalnya baik, makin lama penyimpanan pasti beras akan menjadi busuk, tergantung kondisi penyimpanan," tuturnya. Dikatakan dia, bahwa beras busuk secara langsung akan berpengaruh terhadap nilai gizi yang menurun, serta hal itu secara etis melanggar aturan.

"Nilai gizi menurun, secara etis melanggar aturan, tidak layak dikonsumsi, rasa tidak enak, bisa menyebabkan sakit atau keracunan kalau ditumbuhi mikroba yang patogen atau memproduksi toksin," ujarnya.

Berita Terkait

Ini Cara & Dokumen yang Diperlukan Calon Jemaah Haji 2020 Bisa Tarik Kembali Setoran Pelunasan

Artira Dian

Ditjen Perhubungan Udara Awasi Ketat Angkutan Jemaah Haji 2019

Artira Dian

Jokowi Ingin Persoalan Jiwasraya & Asabri Diselesaikan Bertemu Pimpinan Parpol

Artira Dian

Alasan Pimpinan KPK Turut Gugat UU Baru menuju MK

Artira Dian

Penulis Buku asal Amerika Prediksi Munculnya Virus Corona di Buku yang Ditulis 12 Tahun Lalu

Artira Dian

Dari Kasus Maria Pauline Bagaimana Nasib Tim Pemburu Koruptor

Artira Dian

Bandung Barat Siap Mengembangkan Tanaman Obat Skala Nasiona

Artira Dian

PVMBG Sebut Dentuman yang Hebohkan Warga Jabodetabek Bukan Suara Erupsi Gunung Anak Krakatau

Artira Dian

KPK Usut Kasus Nurhadi dari Unsur Pengacara & Notaris

Artira Dian

Videonya Diunggah Jenderal Petinggi Polri Viral Lucunya Polisi Lupa Lepas Masker saat Minum

Artira Dian

Begini Caranya Segera Lapor SPT Online Melalui Laman djponline.pajak.go.id Besok Terakhir

Artira Dian

Khofifah Contohkan Keberhasilan PSBB Malang Raya Kasus Corona di Surabaya Terus Melonjak

Artira Dian

Leave a Comment