Internasional

Tercepat di Dunia Super Computer Fugaku Riken Jepang

Pusat riset terbesar pemerintah Jepang, Riken, yang mengembangkan super computer bersama Fujitsu Ltd., berhasil menempati urutan pertama peringkat dunia Top 500 dalam hal kecepatan tercanggih. Fugaku di Kota Kobe memiliki 432 rak khusus yang berisi unit pemrosesan pusat (CPU) yang dikembangkan oleh Fujitsu bersama Riken, sebagai penerus superkomputer K (Kei) buatan Fuijitsu, yang berhenti pada musim panas 2019, dan menargetkan sekitar 100 kali kapasitas komputasi. Ruang komputer di Riken Center for Computational Science dibuka untuk pers 16 Juni lalu. Memiliki 384 CPU, yang empat kali lebih besar dari komputer Kei, disimpan dalam satu rak khusus.

Fugaku sebenarnya direncanakan mulai beroperasi pada tahun 2021, tetapi pada bulan April 2020 super computer ini mulai meneliti dampak dari langkah langkah penyebaran infeksi coronavirus baru dan dampak sosial ekonomi dari penyakit menular. "Kami benar benar memperoleh hasil dengan memprediksi kluster di kereta api, menyemprotkan infeksi di restoran, dan mencegah infeksi yang didapat di rumah sakit," ungkap Satoshi Matsuoka (57), Kepala Riken Center for Computational Science (R CCS) Riken, yang bertanggungjawab atas super computer tersebut. Fugaku dikembangkan dalam 10 tahun terakhir ini. Perhatian juga difokuskan pada efisiensi energi yang tinggi.

Pada tahun 2019, prototipe Fugaku memenangkan tempat pertama dalam peringkat internasional kinerja penghematan energi. Kecepatan 415,53 petaflops atau 2,8 kali lebih cepat dari kecepatan 148,6 petaflops milik superkomputer Summit asal AS di peringkat dua. Lebih cepat 1.000 kali dari komputer biasa.

Summit sendiri telah memuncaki Top500 dalam dua tahun terakhir. Fugaku, yang berarti Gunung Fuji dalam bahasa Jepang. Fugaku menggunakan 158.976 A64FX CPU yang digabungkan bersama sama menggunakan interkoneksi Tahu propietary Fujitsu.

Logo Fugaku hanya lambang Gunung Fuji dan tulisan kanji Fugaku dari atas ke bawah di tengah Gunung Fuji tersebut. Fugaku memiliki Cores 7.299.072 dengan Rmax (TFlop/s) sebesar 415.513, Rpeak (TFlop/s) sebesar 513.854,7 dan Power sebesar 28.335 kW. Diskusi mengenai Jepang dalam WAG Pecinta Jepang terbuka bagi siapa pun. Kirimkan email dengan nama jelas dan alamat serta nomor whatsapp ke: [email protected]

Berita Terkait

Gadis 24 Tahun Ini Meninggal karena Kurang Gizi 5 Tahun Hanya Makan Nasi & Sambal demi sang Adik

Artira Dian

Dokter yang Ditembak di Afghanistan PM Jepang Beri Penghargaan kepada Keluarga Tetsu Nakamura

Artira Dian

Ini Fakta Sebenarnya Viral Foto Jari Pakai Alat Kontrasepsi demi Hindari Virus Corona

Artira Dian

Dulu Miskin Kini Nikahi Suami Kaya & Tampan Potret Masa Lalu Putri Kecantikan yang Ternyata Pria

Artira Dian

Miss Rusia Oksana Veovodina Akhirnya Pamer Wajah Sang Putra Raja Malaysia Ragukan Bayinya Anak

Artira Dian

Keluarga Protes Saat Polisi Sebut Sang Ibu Lalai Balita Jatuh dari Lantai 5 Viral Ibu Main HP

Artira Dian

Kenekatan Mantan Tukang Becak Ini Viral Kakek 62 Tahun Kayuh Sepeda menuju Mekkah Rindu Ka’bah

Artira Dian

Total 8.413 Pasien Infeksi Virus Corona Korea Selatan Laporkan 93 Kasus Baru

Artira Dian

6 Miliar Seniman Itu Akhirnya Memakan Pisang Rp 1

Artira Dian

Penggagas Dan Penggalang Dana Indonesia Di Jepang Antar Bantuan Menuju Brimob

Artira Dian

Presiden AS & Kuba Bertemu Setelah Putus Hubungan Diplomatik Hari Ini Dalam Sejarah 11 April 2015

Artira Dian

Nenek 82 Tahun Hajar Penyusup hingga Babak Belur Pakai Meja hingga Sampo Anak sebagai Senjata

Artira Dian

Leave a Comment