Kesehatan

Tingkatkan Sirkulasi Darah hingga Fungsi Otak Manfaat Bawang Merah yang Mungkin Belum Kamu Ketahui

Bawang merah sangat akrab bagi orang Indonesia. Tumbuhan dengan nama ilmihan Allium cepa var aggregatum ini sering digunakan untuk berbagai kebutuhan. Mulai dari bahan campuran untuk memasak hingga hanya digoreng untuk disajikan sebagai pelengkap makanan.

Bawang merah ternyata telah dibudidayakan selama ribuan tahun. Dikutip dari boldsky.com, bawang merah juga disebutkan dalam berbagai literatur dan sejarah Yunani. Tak hanya di Asia, tumbuhan ini juga digunakan dalam masakan Prancis.

Ternyata tumbuhan berwarna merah ini menyimban berbagai manfaat. Mulai dari dapat membantu memercepat pencernaan, mengontrol diabetes hingga meningkatkan sirkulasi darah. Bawang merah kaya akan zat besi, tembaga, dan potasium.

Mengonsumsi bawang merah dapat membatu merangsang produksi sel darah merah. Hal tersebut dapat membantumu untuk lebih meningkatkan sirkulasi darah di tubuh. Dengan mengonsumsi bawang meragh juga dapat menigkatkan energi dan meningkatkan pertumbuhan sel.

Tumbuhan yang daunnya sering digunakan untuk menyedapkan makanan itu mengandung senyawa allicin. Senyawa tersebut dapat membantu mengelola kadar kolesterol di dalam tubuh. Allicin menghasilkan enzim yang disbut reductase (yang diproduksi di hati) yang dapat membantu mengendalikan produksi kolesterol.

Senyawa allicin juga dapat membantu meningkatkan kesehatan jantung karena kadar kolesterol yang rendah di darah. Selain senyawa allicin, bawang merah juga kaya akan potasium. Kombinasi keduanya berperan sebagai vasodilator yang berguna untuk meningkatkan pelepasan nitrat oksida dalam tubuh.

Hal tersebut secara langsung dapat memengaruhi tingkat tekanan darah tinggi. Potasium juga dapat membatu merelaksasi dinding pembuluh darah dan meningkatkan alirah darah. Allium dan allyl disulfide terkandung dalam bawang merah.

Dua senyawa fitokimia tersebut memiliki sifat anti diabetes. Senyawa tersebut membantu dalam mengatur kadar gula darah dalam tubuh. Asam gamma aminobutyric yang terkandung dalam bawang merah merupakan neurotransmitter kunci yang memiliki dampak langsu pada relaksasi otak.

Kandungan tersebut juga termasuk bisa dalam menenangkan saraf dan mengurangi stres. Bawang merah kaya akan kalsium. Kalsium bukan hanya bermanfaat untuk menjaga tulang.

Kalsium juga dapat meningkatkan kepadatan tulang. Mengonsumsi bawang merah secara teratur bisa sangat baik untuk kesehatan tulang

Berita Terkait

Pastikan Kesehatan Kamar Mandi dari dari Proses Awal Pembangunannya

Artira Dian

Ada yang Portabel Tak Perlu menuju Rumah Sakit Ahli Jelaskan Tiga Mode Terapi Pengobatan Gagal Ginjal

Artira Dian

Lemak Menumpuk di Perut dan Pinggang? Ini 15 Cara Efektif Untuk Membakarnya!

Artira Dian

Kebiasaan yang Bikin Kulit Wajah Cepat Tua

Artira Dian

Dokter Ungkap Ancaman Penyakitnya Viral Siswa Dihukum Makan Kotoran Manusia

Artira Dian

Hadir September Mendatang, Heartpreneur Festival Padukan Tiga Elemen

Artira Dian

Ini Penjelasan Ahli Kejiwaan Benarkah Amphetamine Bisa Jadi Obat Bagi Pengidap Bipolar

Artira Dian

Pernah Berbobot 192 Kg, Kini Aria Permana Hanya Mampu Habiskan 8 Sendok Makanan, Kalau Lebih Muntah

Artira Dian

Ini Posisi yang Pas Saat Pompa & Menyusui Supaya ASI Keluar Banyak

Artira Dian

Psikolog Jelaskan Sisi Psikopat Pada Kepribadian Reynhard Sinaga

Artira Dian

Bisa Jadi Sudah Tertular Jika Keruh Seperti Air Teh Cek Urine Waspadai Hepatitis A

Artira Dian

tapi Inilah yang Membedakan Tampak Mirip Perbedaan Gejala Virus Corona dengan Flu Biasa

Artira Dian

Leave a Comment